Evaluasi Kerusakan Tuner Tv

Analisa kerusakan pada tuner TV bantu-membantu tidak terlalu susah untuk dilaksanakan kalau kita mengenali setidaknya cara kerja tuner itu sendiri dan data pin kaki yang ada serta tentu saja jenis yang dipakai.

Pada model TV saat ini banyak yang menggunakan tuner dengan kontrol FS (frequency synthesizer) yang sering disebut juga tuner PLL

Ada juga tuner yang umum dipakai pada model usang adalah Voltage Synthesizer tuner (VS tuner), secara sederhana untuk membedakannya pada tuner VS terdapat kaki VT sedangkan pada versi tuner PLL fungsi kaku VT ini digantikan oleh SDA SCL.

Sebagai berita saja khusus di tempat tertentu yang memang tidak terdapat sinyal TV dari pemancar, tuner ini tidak digunakan alasannya adalah pada umumnya niscaya menggunakan parabola, terusan audio video digital atau sejenisnya.

Namun secara umum pastinya masih digunakan di TV yang dijual dikala ini, meskipun sebetulnya sebagai alternatif bisa juga menggunakan tv tuner untuk laptop dan cara memasangnya pun sangat mudah.

Kerusakan pada tuner sudah pasti bisa ditebak efeknya ke televisi jadi tidak mampu menerima siaran dengan baik bisa berupa gambar semut semua, gambar kurang baik dan lain lain. Sebelum melanjutkan apakah ada yang belum tahu diagramnya pada blok TV ? secara umum seperti dibawah ini diagram nya :

diagram tuner pada blok tv

Berikut dibawah ini beberapa ciri kerusakan tuner TV yang dirangkum dari beberapa rujukan web service tv :

Daftar Isi :

TV tidak ada gambar dan suara

Untuk tanda-tanda kerusakan mirip ini wajib dicek dulu ya apakah antenna dan booster (jikalau ada) serta perangkatnya sudah terpasang dengan baik ? jikalau memang ditentukan tidak ada dilema maka harus dicek lebih lanjut ke pengukuran kaki kaki tuner tv. Sebagai contoh disini melampirkan rangkaian tuner tanpa pin SDA SCL

skema rangkaian tuner

Dan berikut sketsa tuner dengan SDA SCL, amati juga referesnsi tegangan yang ada mungkin mampu menolong analisa servis tv :

skema tuner dengan SDA SCL

Berikut dibawah ini beberapa klarifikasi terkait kaki kaki tuner bila terdapat kelainan pada tegangan :

Pin AGC

AGC adalah automatic gain control yang fungsinya yaitu selaku penguatan otomatis. Kenapa dibutuhkan AGC ? karena sinyal yang diterima ada yang berpengaruh ada juga yang lemah maka dari itu dibuatkan pengaturan otomatis yang bisa mengikuti level sinyal yang diterima.

Cara kerja AGC yaitu semakin kuat tegangan yang berasal dari blok IF yang masuk, makin kecil juga tegangan pada pin ini. Kerusakan pada bab AGC tuner sebenarnya jarang terjadi.

Yang sering terjadi adalah settingan yang kurang pas saja, tetapi bila memang benar benar rusak gejalanya yakni gambar banyak semutnya.

Tegangan Kontrol (VL)

Jika TV tidak mampu mendapatkan saluran UHF mirip maka nyaris mampu ditentukan tegangan VL yang merupakan pin UHF dari IC acara memiliki masalah. – VT ( Voltage Tuning )

Voltage Tuning (VT)

Fungsi dari pin VT pada tuner yakni untuk merubah frekuensi tuner berdasarkan tegangan yang masuk ke pin VT. Tegangan VT bisa berkisar antara 0 – 33V yang dikelola oleh pemilih channel dalam hal ini IC Program.

Sebagai gambaran kerjanya, saat dilakukan proses search susukan TV, normalnya tegangan pada pin ini akan naik sedikit demi sedikit dari 0 sampai 33V. Kerusakan tuner tv cukup sering pada bab ini, cara evaluasi kerusakannya jikalau tegangan 0V atau tidak ada sama sekali maka gambar dan bunyi tidak akan timbul.

Jika tegangan VT terus berganti ubah padahal tidak dikerjakan proses search maka akan menyebabkan gambar tidak stabil kadang bagus kadang tidak. Lalu jika tegangan VT tidak meraih 33V lazimnya sebagian susukan tidak bisa diterima TV misalnya dari semestinya 10 channel yang mampu terima cuma 5 channel.

Pin voltage tuning ini kalau pada tuner VS atau model usang akan berganti ubah tegangannya, sedangkan pada tuner versi PLL yang terdapat SDA SCL tegangan 33V nya fixed / tetap.

Pin MB (Tegangan Supply)

Yaitu pin untuk tegangan supply pada tuner, pin ini kadang disebut juga BM atau BP, blok tuner sungguh bergantung pada tegangan supply yang diterima oleh tuner. Jika tegangan pada pin supply ini tidak ada maka mampu dipastikan gambar dan suara tidak ada.

Perhatikan tegangan supply tuner ini bermacam-macam tergantung pada type nya ada yang 5V, 9V dan ada juga 12V. Kerusakan pada pin ini yang mengakibatkan tegangan kurang mampu menyebabkan gambar menjadi tidak jelas / buram. Jika tegangan tidak stabil maka gambar yang muncul menjadi tidak stabil acap kali cantik kadang jelek.

Pin SDA SCL

Pin ini lazimnya didapatkan pada jenis tuner PLL yang fungsinya yakni selaku kendali berdasarkan bus data pada kedua pin nya. Pada tuner versi konvensional fungsi dari pin ini digantikan dengan VT, perbedaannya adalah pada tuner PLL yang menggunakan SDA SCL untuk memindah frekuensi tidak lagi memakai pin VT tetapi sesuai data yang dikirim ke tuner dari IC program sehingga dalam hal ini VT akan di set secara otomatis sesuai data yang diterima dari ic acara.

Pin IF

Pin yang merupakan output atau keluaran dari blok tuner yang berikutnya akan diproses oleh rangkaian IF. Pada beberapa model ada juga yang memakai 2 pin out.

gambar tuner tv

Nah sebagai komplemen berikut dibawah ini ada beberapa kerusakan yang sering terjadi pada tuner TV :

1. Tidak bisa menangkap siaran padahal antenna sudah dalam keadaan baik. Pertama mampu dicek dlu pin untuk konektor dari tuner ke antena karena solderan yang retak. Cukup dengan solder ulang saja sudah bisa kembali normal

2. Pada IF out tuner tidak terdapat tegangan / sinyal. Kerusakan kemungkinan di blok mixer dan tuner mesti diganti.

3. Channel yang telah tersimpan gelombangnya bergeser, bagian dioda varaktor nilainya sudah berubah atau bisa juga alasannya adalah bagian IF memiliki masalah 4. Gambar dan suara kadang cantik kadang tidak, kemungkinan modul AGC tidak bekerja. AGC melakukan pekerjaan dengan cara memperlihatkan tegangan bias ke pin tuner. Prinsipnya semakin besar lengan berkuasa sinyal yang diterima maka kian kecil tegangan pada pin AGC.

Tips mengubah tuner TV

Karena banyaknya jenis tuner maka mesti diamati dahulu tipe yang terpasang dan akan diganti, lazimnya untuk tuner tipe VS jikalau diganti dengan persamaan tipe lain selama urutan pin sama tidak akan memiliki masalah.

Untuk penggantian tuner tipe FS mesti hati hati dan diusahakan sama persis alasannya jika diganti dengan tipe lain ada kemungkinan tidak melakukan pekerjaan wajar karena didalamnya terdapat program tuner yang berlainan.

0 Response to "Evaluasi Kerusakan Tuner Tv"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel