Pengertian Dan Fungsi Kapasitor Ac

Kapasitor AC yaitu sebuah unsur yang sederhana pada unit AC tetapi sungguh penting sehingga membutuhkan perhatian dan maintenance rutin semoga unit air conditioner mampu tetap berfungsi dengan baik. Jika kapasitor ac rusak maka bisa dipastikan AC tidak bisa berfungsi.

kapasitor AC

Bahkan kalau dibiarkan terus menerus menyala dipaksakan hanya akan menambah kerusakan ke bagian lain.

Baca juga : Cara kerja AC

Daftar Isi :

Pengertian Kapasitor AC

Pengertian kapasitor AC adalah suatu bagian elektro berupa kapasitor elektrolit yang terpasang pada outdoor dan indoor AC yang berfungsi untuk menyimpan arus listrik.

Kapasitor ini sama saja seperti kapasitor mirip biasa namun memiliki kapasitas yang lebih besar baik dari sisi tegangan nya maupun kapasitas penyimpanan arusnya. Semua unit AC hampir bisa ditentukan senantiasa memiliki kapasitor ini.

Komponen elektro yang satu ini pada unit AC sering dilupakan alasannya adalah biasanya pengguna cuma mengamati freon, atau unit kondenser serta modul elektronik AC, padahal fungsi kapasitor AC tidak kalah pentingnya.

Kapasitor AC sering juga disebut Aircon kapasitor

Fungsi Kapasitor AC

Fungsi kapasitor AC yang paling utama digunakan sebagai kapasitor start ialah untuk menyalakan/ start motor pada kompresor pada tata cara pendinginan selain itu juga dipakai untuk menstabilkan putaran motor dinamo listrik baik itu kompresor AC maupun fan/ kipas yang ada pada outdoor atau disebut juga dengan kapasitor running.

fungsi kapasitor AC
Fungsi kapasitor AC

Putaran permulaan motor kompresor membutuhkan arus pemanis dari kapasitor alasannya pada dasarnya untuk bisa memutar motor diharapkan daya yang besar. Makara dengan kata lain kapasitor AC fungsinya ialah selaku daya aksesori untuk motor listrik.

Baca juga : Fungsi Kapasitor Start dan Running Motor Listrik

Jenis kapasitor yang digunakan utamanya pada outdoor AC ialah kapasitor start dan kapasitor running yang acap kali secara fisik 2 kapasitor ini tergabung di 1 bodi kapasitor sehingga memiliki 3 kaki, ukuran kapasitor start pasti lebih besar dengan kisaran ukuran antara 20 uF – 50 uF. Lebih jelasnya mampu dilihat lagi pada rangkaian terdapat simbol kapasitor.

Berikut cara baca kapasitor AC dengan 3 kaki :

kapasitor AC 3 kaki

Sedangkan kapasitor dengan kapasitas yang lebih kecil digunakan untuk running. Sebagai acuan kapasitor AC 1 PK biasanya memiliki kapasitas senilai 25 uF – 30 uF.

Berikut ini yakni tabel ukuran kapasitor AC yang umumnya digunakan :

Ukuran ACUkuran Kapasitor AC
AC 0,5 PK15 uF – 20 uF
AC 1,0 PK25 uF – 30 uF
AC 1,5 PK35 uF
AC 2,0 PK40 uF – 45 uF
AC 2,5 PK50 uF

Sedangkan untuk kapasitor fan indoor AC biasanya bernilai lebih kecil karena motor fan indoor juga kecil, seringkali kapasitor ini tergabung di modul kontrol AC.

kapasitor fan indoor ac

Ciri Kapasitor AC Rusak

Sebelum membahas ciri ciri kapasitor AC rusak, perlu dimengerti juga penyebab kapasitor AC rusak yaitu sebab unit air conditioner digunakan nonstop dalam waktu yang lama, dimana hal ini masuk akal untuk di kota kota yang panas mirip di Jakarta.

Suhu luar ruangan yang panas ditambah penggunaan yang berlebihan menyebabkan kapasitor rusak alasannya adalah kelelahan.

ciri kapasitor AC rusak

Lalu apa ciri ciri kapasitor AC rusak ? berikut ini telah dirangkum beberapa ciri ciri kerusakan AC yang disebabkan oleh kapasitor :

  1. Muncul asap atau wangi terbakar dari outdoor AC
  2. Bunyi mendengung dari unit outdoor AC
  3. Unit AC usang mengeluarkan udara hambar
  4. Unit AC sama sekali tidak mengeluarkan udara dingin, padahal outdoor menyala yang ditandai kipas berputar
  5. Pada beberapa brand AC mengakibatkan mati total
  6. Tagihan listrik yang membengkak, hal ini dikarenakan motor kompresor terus menerus diberi tegangan oleh modul
  7. Pengukuran kapasitor dengan multimeter terdeteksi mati/ kapasitas menurun
  8. Terkadang kapasitor AC rusak ditandai juga dengan bentuknya yang menggembung

Cara Pasang Kapasitor AC

Lalu bagaimana cara pasang kapasitor AC ? mungkin saja anda berniat untuk mengubah sendiri kapasitor yang rusak ? Berikut ini aku jelaskan langkah langkah untuk memperbaiki AC tidak cuek yang kemungkinan disebabkan oleh kerusakan kapasitor start.

cara pasang kapasitor AC

Namun sebab kapasitor yaitu unsur elektro yang berada di bab panel outdoor, bagi yang serupa sekali awam tidak dianjurkan untuk menggantinya sendiri. Berikut adalah cara pasang kapasitor AC/ ganti kapasitor AC yang rusak :

  1. Matikan unit AC, dan tentukan cabut dari stop kontak, pastikan juga gunakan alas kaki untuk menyingkir dari sengatan listrik yang berbahaya
  2. Buka panel kelistrikan pada outdoor, biasanya cukup mudah untuk menemukan dan membukanya alasannya adalah dibarengi dengan perayaan kelistrikan.
  3. Untuk memperoleh kapasitor AC pada outdoor sangat mudah alasannya bentuknya yang sungguh mencolok, sebisa mungkin sebelum membeli kapasitor pengganti, cabut dahulu kapasitor yang rusak supaya mampu dibeli kapasitas yang tepat
  4. Jangan lupa untuk dokumentasi instalasi kabel kelistrikan, jikalau perlu foto perkabelan sebelum kapasitor dicabut. Kesalahan pemasangan kapasitor pengganti mampu menimbulkan kerusakan serius pada unit AC
  5. Setelah mengganti kapasitor AC pastikan untuk cek ulang perkabelan dan kalau sudah yakin instalasi kabel sesuai, coba nyalakan indoor AC
  6. Perhatikan outdoor bila mendengung tanda kompresor berputar maka kapasitor telah berhasil diganti

Harap diingat cara memasang kapasitor AC diatas cuma dilakukan oleh yang mengerti kelistrikan saja dan perlu diketahui penyebab AC tidak hambar tidak hanya disebabkan kapasitor saja.

Harga Kapasitor AC

Jika telah diyakinkan kapasitor AC rusak maka kapasitor bisa dibeli di toko elektro biasa, atau bisa juga ditemukan di daerah reparasi AC/ mesin cuci.

Berapa harga kapasitor AC ? pastinya tergantung besarnya kapasitas kapasitor tersebut tetapi sebagai estimasi berikut tabel harga unsur kapasitor untuk AC dikala artikel ini ditulis :

Ukuran ACUkuran Kapasitor ACHarga Kapasitor AC
AC 0,5 PK15 uF – 20 uF25.000 – 30.000
AC 1,0 PK25 uF – 30 uF30.000 – 45.000
AC 1,5 PK35 uF35.000 – 50.000
AC 2,0 PK40 uF – 45 uF40.000 – 55.000
AC 2,5 PK50 uF60.000 – 70.000

0 Response to "Pengertian Dan Fungsi Kapasitor Ac"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel