Sensor Proximity Induktif – Pengertian Dan Cara Kerjanya

Sensor proximity merupakan sensor yang bisa dipakai untuk mendeteksi objek di dikala objek tersebut mendekati batas deteksi sensor.

Adapun jenis sensor jarak ini digunakan untuk mendeteksi benda-benda logam. Dan kali ini kita akan memberikan pembahasan tentang sensor proximity induktif.

Baca juga : Pengertian Sensor Proximity Kapasitif

Daftar Isi :

Pengertian Sensor Proximity Induktif

Pengertian sensor proximity ialah sebuah sensor jarak elektro yang berfungsi untuk mendeteksi benda yang mengandung logam tanpa perlu menyentuhnya.

Sensor Proximity Induktif

Sensor proximity induktif melakukan pekerjaan dengan cara membangkitan medan magnet yang berfrekuensi tinggi yang dipancarkan pada area sekitar sensor.

Melalui proses ini jikalau ada logam yang terdeteksi oleh sensor maka medan magnet akan berganti. Nah pergantian pada medan magnet inilah yang menciptakan sensor akan menunjukkan sinyal.

Baca juga : Pengertian Sensor Suhu

Selanjutnya perubahan tersebut sinyal menimbulkan pergeseran pada output sensor dan menjadi input pada tata cara kendali atau otomatisasi, pergeseran nilai induksi magnetik pada sensor induktif bisa disebabkan oleh :

  • Benda logam mengalami pergeseran jarak, yang mampu berupa bertambah jauh maupun bertambah akrab logam tersebut ke area deteksi sensor
  • Ada benda logam lain yang masuk dalam area sensing alat proximity.

Dibawah ini ialah kelebihan serta kekurangan yang ada pada sensor proximity induktif.

Kelebihan Sensor Proximity Induktif

  • Akurasi yang cukup baik
  • Tingkat switching rate tinggi
  • Instalasi yang gampang
  • Dapat melakukan pekerjaan pada keadaan lingkungan yang keras

Kekurangan Sensor Proximity Induktif

  • Hanya mampu digunakan dalam mendeteksi logam
  • Jangkauan deteksi sensor yang dimiliki lazimnya  terbatas

Cara Kerja Sensor Proximity Induktif      

Cara kerja sensor proximity induktif mempergunakan pergeseran induksi elektromagnet pada deteksi sensor nya, sensor tersebut juga didesain pada beberapa prinsip induksi yakni eddy current loss, saturated core, hall effect dan variable reluctance yang hendak menentukan seberapa sensitifnya sensor tersebut.

Prinsip kerja sensor proximity induktif ini memancarkan gelombang elektromagnetik dikala tegangan disupply ke coil pada sensor. Ketika terdapat objek berbentukmetal yang terdeteksi maka eddy currents akan terbentuk dan menyebabkan pergantian nilai induktansi pada coilnya.

Cara kerja sensor proximity induktif

Perubahan nilai induktansi yang dimonitor oleh kontroler akan terdeteksi oleh circuit dan akan menyebabkan timbulnya trigger pada circuit serta menawarkan output di sensor tersebut.

Tentunya jarak deteksi sensor akan berlawanan beda sesuai dengan spesifikasi sensor induktif.

Aplikasi Sensor Proximity Induktif  

Sensor jarak ini mempunyai beberapa aplikasi penggunaan dan yang mendasar yakni pendeteksian objek. Sensor jarak ini juga terkadang dimanfaatkan pada kawasan parkir, sensor istirahat serta tata cara konveyor bahkan Proximity sensor ini terkadang digunakan sebagai sensor utama pada logam detektor.

aplikasi sensor proximity induktif

Aplikasi sensor proximity induktif juga banyak dipakai untuk teknik otomatisasi yang bisa memilih status operasi dalam otomatisasi pabrik/ industri sebab bisa bekerja pada lingkungan yang keras.

Karena harganya yang terjangkau juga sering digunakan sebagai sensor proximity arduino circuit. Nah demikian postingan tentang sensor proximity induktif. Semoga mampu berguna.

0 Response to "Sensor Proximity Induktif – Pengertian Dan Cara Kerjanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel