Penjelasan Cara Kerja Ac, Kompresor Ac Dan Ac Split

Siapa sih yang tidak tahu dengan AC (Air Conditioner)? Salah satu alat yang memiliki kegunaan untuk menyejukan sebuah ruangan di abad panas ini telah menjadi bukti betapa canggihnya teknologi terbaru abad sekarang.

Pada postingan dibawah ini akan menjelaskan secara ringkas perihal cara kerja AC, kompresor AC dan cara kerja AC split yang bergotong-royong tidak berbeda jauh dengan cara kerja kulkas.

Daftar Isi :

Cara Kerja Sistem AC

Menjawab pertanyaan bagaimana cara kerja AC, dalam artikel ini akan diterangkan cara kerja ac secara singkat. Pada unit air conditioner alias pendingin ruangan terdapat beberapa proses biar mendapat udara masbodoh yang dikehendaki.

Pada cara kerja metode AC pastinya tidak bisa lepas dari zat materi pendingin yang disebut dengan refrigerant atau sering disebut dengan freon, fungsi refrigerant berperan penting menyalurkan panas dan mendinginkan ruangan dengan cara melalui bagian pendingin seperti kondesor, pipa kapiler dan evaporator pada unit indoor.

Baca juga : Perlukah isi freon AC secara berkala ?

Pada unit AC, zat refigerant (freon) mengalami pergantian wujud dari gas ke cair dan sebaliknya, serta perubahan temperatur dan tekanan sehingga freon tidak akan habis selama tidak ada kebocoran

Cara Kerja Sistem AC
  • Pertama, tahap kompresi. Tahapan ini ialah pementingan refrigerant oleh kompresor yang nantinya akan mengubahnya menjadi cair dengan tetapi dengan temperatur yang tinggi.
  • Kedua, terdapat tahapan yang disebut kondensasi. Di mana refrigerant mengalami pergeseran dari gas menjadi cair didinginkan di kondensor. Pada proses inilah panas dari ruangan dikeluarkan sehingga suhu refrigerant menjadi cuek.
  • Ketiga, terdapat tahap ekspansi. Di dalam tahapan perluasan refrigerant akan diturunkan oleh katup perluasan. Proses ini terjadi pada pipa kapiler.
  • Keempat, tahap evaporasi. Dalam tahapan yang satu ini refrigerant akan diubah menjadi gas di mana yang semula berbentukcairan oleh evaporator. Pada proses inilah terjadi proses pendinginan ruangan dengan memanfaatkan fan pada unit AC indoor.

Cara Kerja AC Split

AC dikala ini ialah kebutuhan orang banyak apalagi untuk di Indonesia yang memiliki iklim tropis dimana pada bulan tertentu cuaca mampu terasa panas. Dan opsi memakai AC split ialah pilihan yang tepat untuk kebutuhan pendingin ruangan untuk skala rumahan.

Dengan mengetahui cara kerja AC split paling tidak bisa mendeteksi kerusakan yang terjadi pada dikala AC terasa tidak masbodoh. Pada dasarnya cara kerja AC split memiliki kesanggupan untuk menyerap udara panas yang ada di dalam ruang dan diubah menjadi masbodoh oleh Evaporator pada Indoor AC.

Cara Kerja AC Split

Secara garis besar bagian ac split sebetulnya terbagi menjadi dua bagian. Pertama, bab indoor dan yang kedua terdapat bab outdoor.

Untuk bagian indoor mempunyai beberapa unsur, seperti halnya :

  1. Evaporator, bagian AC indoor yang berupa seperti sirip yang berfungsi untuk menangkap udara panas di ruangan sekaligus berbagi udara masbodoh yang dihasilkan AC
  2. Motor stepper, berfungsi untuk menggerakkan blade (kisi) biar udara hambar lebih merata
  3. Filter udara, bagian ini mesti berkala dibersikan karena bila berdebu maka udara dingin tidak akan maksimal
  4. Thermistor, ialah sensor suhu untuk mendeteksi pergeseran suhu ruangan. Jika suhu ruangan yang dikehendaki telah tercapai maka sensor thermistor inilah yang mengantarkan sinyal ke mainboard modul AC untuk mematikan kompresor, untuk lebih detailnya bisa cek di artikel perihal Thermistor AC
  5. Mainboard/ modul AC yang merupakan otak atau rangkaian program yang menertibkan kerja unsur kelistrikan pada unit AC baik indoor maupun outdoor.
Cara Kerja AC Split Indoor dan outdoor

Sedangkan pada bab outdoor ac split terdapat beberapa bab mirip halnya :

  1. Kompresor yang merupakan bagian utama pada outdoor AC
  2. Kondenser untuk menyalurkan panas dari dalam ruangan
  3. Kipas Angin untuk menolong mencampakkan udara panas dari kondenser
  4. Filter refrigerant/ filter dryer
  5. Pipa kapiler
  6. Kapasitor AC, untuk membantu start motor dinamo didalam kompresor

Cara Kerja Kompresor AC

Selain membicarakan seputar tahapan yang dilalui dalam metode kerja AC, ada bab lain di dalam AC yang disebut kompresor. Sebenarnya fungsi kompresor AC sudah mampu dilihat dengan jelas dari sususan katanya, ialah untuk mengganti atau meng kompresi bagian gas yang semula bertekanan rendah menjadi gas yang bertekanan tinggi.

Sesuai dengan namanya, kompresor AC bertugas untuk mengembangkan tekanan yang dalam hal ini adalah tekanan refrigerant/ freon, pelajari kembali fungsi refrigerant pada artikel diatas.

Cara Kerja Kompresor AC

Cara kerja kompresor AC bisa memompa freon karena didalam kompresor terdapat motor listrik yang memiliki konsumsi daya cukup besar, seperti halnya motor dinamo listrik besar lainnya diharapkan kapasitor untuk menyalakan kompresor ini. Jika terjadi kerusakan pada kapasitor nya maka akan timbul gejala AC tidak hambar.

prinsip kerja kompresor ac

Fungsi kompresor AC sama halnya mirip jantung manusia adalah memompa gas atau cairan ke seluruh bab AC, udara pun diubah menjadi bertekanan tinggi. Tak hanya itu saja, di dalan kompresor juga terdapat cairan refrigerant atau umumdisebut Freon yang mampu menyerap cairan panas pada ruangan untuk dibuang pada bab unit outdoor AC.

Prinsip kerja air conditioner seperti ini sama dengan cara kerja kulkas dalam menghasilkan masbodoh.

Dengan mengenali cara kerja AC maka bukan mustahil kalau suatu dikala terjadi kerusakan ringan pada unit AC paling tidak mengenali kemungkinan bagian mananya yang mengalami kerusakan.

0 Response to "Penjelasan Cara Kerja Ac, Kompresor Ac Dan Ac Split"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel