Mengenal Sensor Proximity Kapasitif Aplikasi Dan Prinsip Kerjanya

Sensor proximity kapasitif bisa dipakai untuk mendeteksi objek dengan dielektrik yang berkapasitas rendah misalnya yakni dalam mendeteksi objek bahan plastik, kaca serta bahan yang berupa cairan.

Sensor jenis kapasitif tersedia dalam aneka macam bentuk baik bentuk silinder atau persegi panjang dengan jarak deteksi sampai 40 milimeter. Ada banyak kelebihan sensor ini yaitu salah satunya bisa mendeteksi objek melalui materi isolasi mirip kayu atau plastik. Selain itu sensor ini juga bisa mendeteksi objek metal mirip halnya sensor proximity induktif.

Baca juga : Sensor Proximity di Wikipedia

Sensor Proximity Kapasitif

Sensor proximity ialah salah satu jenis sensor yang dikala ini banyak diaplikasikan baik pada dunia industri, proyek arduino bahkan telah digunakan pada hampir setiap smartphone.

Daftar Isi :

Pengertian Sensor Proximity Kapasitif

Sensor proximity atau yang lebih dikenal dengan sensor jarak ini acap kali digunakan pada dunia industri atau manufaktur namun dikala ini sensor proximity juga telah banyak dipakai pada nyaris semua ponsel pintar.

Sensor proximity berisikan berbagai macam diantaranya yakni sensor jarak induktif serta ada juga sensor jarak kapasitif. Sensor kapasitif yakni salah satu jenis sensor yang mampu dipakai dalam mendeteksi eksistensi sebuah objek tanpa terjadinya kontak fisik.

Pengertian Sensor Proximity Kapasitif

Baca juga : Jenis jenis Sensor Proximity

Penggunaan sensor proximity ini  juga harus disesuaikan dengan kebutuhannya. Tujuannya agar jarak mampu dideteksi dengan lebih akurat. Sensor ini melakukan pekerjaan berkat adanya medan listrik yang mendeteksi keberadaan suatu objek.

Objek yang mampu dideteksi oleh sensor ini diantaranya adalah metal dan non metal. Contohnya kayu, plastik, beling dan sebagainya, alasannya keunggulan sensor proximity inilah maka sensor proximity kapasitif harganya lebih mahal dibanding sensor proximity yang lain.

Misalnya saja untuk sensor induktif ialah sensor proximity yang hanya mampu mendeteksi objek berupa metal.

Adapun unsur-komponen yang ada pada sensor ini diantaranya adalah :

  • Probe kapasitif atau plat penampang yang digunakan untuk pemancar medan listrik.
  • Osilator berfungsi selaku  alat penghasil sinyal yang mau dipancarkan oleh probe di permukaan sensor.  Disaat sensor kapasitif ini tidak mendeteksi objek maka frekuensi sinyal osilator melemah atau normal. Dan pada dikala objek tersebut mendekat maka frekuensi sinyal osilator menjadi berpengaruh sampai jarak jangkauan sensor ini. Setelah itu frekuensi sinyal osilator menjadi melemah kembali dikala objek menjauh.
  • Detektor level sinyal atau sirkuit trigger berkhasiat untuk mendeteksi perubahan sinyal osilator ketika probe kapasitif mendeteksi objek kemudian dikeluarkan di output.
  • Potensiometer (adjusment) akan menyesuaikan sensitivitas sensor.

Simbol Sensor Proximity Kapasitif

Simbol pada sensor proximity tidak berlawanan jauh dengan saklar mekanik kebanyakan kecuali pada simbol tertutup dengan bentuk seperti berlian yang menandakan perangkat sensor aktif dengan supply arus listrik.

Tentunya ada banyak kombinasi simbol sensor ini yang masing masing simbol disesuaikan dengan jenis objek yang dideketeksinya dan apakah jenisnya normally close atau normally open.

Prinsip Kerja Sensor Proximity Kapasitif

Prinsip kerja sensor kapasitif intinya akan mengukur adanya perubahan medan listrik yang terjadi sebab objek yang mendekati area deteksi sensor.

Sensor ini juga mampu melaksanakan pendeteksian pada benda logam maupun non logam. Apabila sensor ini didekati oleh sebuah benda, maka kedua belah pelat konduktif yang terdapat didalam sensor tersebut menjadi berganti nilainya dalam range tertentu.

prinsip kerja sensor proximity

Sensor Kapasitif hanya ber osilasi saat target objek terdeteksi pada area sensor

Prinsip kerja sensor  ini ialah :

  • Sensor proximity memancarkan medan elektrostatik yang dihasilkan oleh osilator
  • Ketika objek baik konduktif maupun non konduktif mendekati area deteksi sensor akan menciptakan pergeseran pada penguatan amplitudo pada osilator
  • Perubahan penguatan amplitudo ini akan mentrigger output sensor

Kelebihan dan Kekurangan Sensor Kapasitif

Kelebihan :

  1. Deteksi objek contactless (tanpa kontak fisik)
  2. Mampu mendeteksi objek metal dan non metal
  3. Bisa dipraktekkan pada lingkungan industri
  4. Sensitivitas sensor yang mampu disetting
  5. Tidak ada part mekanik sehingga umur sensor lebih panjang karena tidak ada aus komponen

Kekurangan :

  1. Area deteksi yang rendah
  2. Harga yang lebih mahal ketimbang sensor induktif

Aplikasi Sensor Proximity Kapasitif

Aplikasi sensor ini berfungsi dalam melaksanakan pendeteksian objek yang berbentukmetal maupun non metal. Sensor ini juga sering kali dipakai untuk melaksanakan pendeteksian ban berjalan atau conveyor pada dunia industri.

Sensor jenis ini lebih diminati dan lebih populer untuk semua jenis proses yang memerlukan otomatisasi sebab tidak memerlukan sentuhan objek dan tidak ada part yang bergerak sehingga memiliki umur penggunaan yang lebih usang.

Saat ini kita juga bisa dengan gampang mendapatkan penggunaan sensor proximity salah satunya ialah penggunaan sensor proximity arduino yang seringkali digunakan pada proyek sederhana.

Beberapa contoh lain aplikasi sensor proximity kapasitif ialah :

  1. Proses otomasi pabrik contohnya sebagai counter, level cairan tertentu dll
  2. Pada ponsel pintar berfungsi selaku sensor yang mematikan layar secara otomatis saat didekatkan ke indera pendengaran
  3. Sensor sentuh
  4. Sensor parkir pada kendaraan mobil

Demikian ulasan mengenai sensor proximity kapasitif, supaya berguna untuk kau yang memerlukan pengetahuan wacana pengertian sensor proximity kapasitif dan prinsip kerjanya.

0 Response to "Mengenal Sensor Proximity Kapasitif Aplikasi Dan Prinsip Kerjanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel