Apa Itu Defleksi Yoke ?

Pengertian Defleksi Yoke yakni salah satu unsur televisi yang fungsinya adalah untuk pembelok sinyal elektron yang dipancarkan untuk ditampilkan ke layar CRT TV, sinyal elektron yang ditembakkan ini dibelokkan secara horizontal (kanan-kiri) dan vertikal (atas-bawah). Elektron yang ditembakan ke layar ini bertabrakan dengan fosfor sehingga terbentuklah cahaya di layar TV.

Bagaimana ? telah ada sedikit gambarannya kan mengenai pemahaman deflection yoke ?

Karena secara fungsinya ialah membelokkan elektron secara horizontal dan vertikal maka deflection yoke ini juga terdapat 2 gulungan yaitu gulungan horizontal dan gulungan vertikal.

Biasanya pada pada umumnya yoke, gulungan horizontal terdapat di bab dalam sedangkan gulungan vertikal terdapat di bab luar, lebih jelas nya mampu dilihat gambar dibawah ini :

gulungan-defleksi-yoke

Jika didalam rangkaian TV ditunjukkan digambar dibawah ini

defleksi-yoke-rangkain-tv

Lalu bagi yang belum tahu diagram defleksi yoke seperti apa urutan gulungannya mampu dilihat pada gambar dibawah ini yang saya ambil dari beberapa tumpuan, aku juga kurang tahu apakah ini berlaku untuk semua deflection yoke atau tidak, namun yang terperinci mungkin bisa memberikan sedikit gambaran :

diagram-coil-defleksi-yoke

Tambahan lagi, pada umumnya tetapi tidak semuanya juga, gulungan defleksi horizontal senantiasa ditandai dengan kabel berwarna Merah-Biru sedangkan pada defleksi vertikal umumnya ditandai dengan kabel warna Hijau-Kuning, pastinya bagi yang sering memperhatikan konektor dari kumparan defleksi ke PCB mesin TV telah tahu hal ini.

Sinyal untuk defleksi horizontal diperoleh dari tegangan/ pulse horizontal yang dikuatkan ratusan kali lipat pada trafo flyback (FBT). Untuk vertikal tentu saja diambil dari penguat vertikal / IC vertikal, untuk lebih jelas mampu dilihat pada gambar dibawah ini.

rangkaian-deflection-yoke

Deflection yoke pada dasarnya pada saat perakitan di pabrik telah distel berbarengan dengan magnet konvergen yang serupa sama juga ditaruh di bagian leher tabung. Sehingga jikalau terjadi kerusakan dan mesti dijalankan penggantian maka mesti distel ulang posisinya biar performa gambar pas dengan layar tv.

Jika memang terdapat kerusakan pada gulungan dan mesti diganti aku sarankan tidak usah tanya ke service center TV nya ya alasannya aku telah pernah ke service center TV yang diservice untuk menanyakan harga defleksi yoke tv namun ternyata mesti satu set dengan tabungnya juga sehingga bisa jutaan harganya untuk TV 29 inch, karena di pabrikan ketika produksinya juga memang disetel untuk masing masing tabung crt dengan magnet purity / konvergen.

Beberapa kerusakan deflection yoke yang sering terjadi serta gejala yang timbul pada TV :

  1. Gambar menyempit kanan kiri
  2. Bentuk gambar menjadi oval
  3. Gambar garis horizontal
  4. Gambar berbentuk gelombang datar
  5. Transistor horizontal overheat
  6. Transistor horizontal jebol terus

Dari kerusakan diatas ada beberapa tanda-tanda kerusakan tv yang seperti dengan Tv rusak vertikal.

Lalu bagaimana cara mengukur defleksi yoke / deflection yoke ini agar bisa ditentukan apakah rusak atau tidak ?

Jika diukur hambatan dengan Multimeter tentunya nilai resistansi yoke berlawanan beda tergantung ukuran TV juga apakah 14, 21 atau 29 inch namun dari pengalaman dan pencarian ke web rujukan service tv saya biasanya kendala kumparan horizontal nilainya lebih kecil adalah kisaran 1,2 – 5 Ohm

Sedangkan kumparan defleksi vertikal memiliki nilai resistansi 14 hingga 17 Ohm, untuk mengukurnya rekan rekan teknisi bisa pakai analog dengan pengukuran x10, lebih gampang lagi dengan avometer digital biar lebih presisi.

Demikian artikel kali ini ihwal penjelasan cara kerja deflection yoke ? selanjutnya saya akan share tentang kerusakan defleksi yoke pada tv. Semoga bisa bermanfaat untuk rekan rekan teknisi service.

0 Response to "Apa Itu Defleksi Yoke ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel