Apa Itu Aba-Aba Remote Tv Pada Televisi ?

Kode remote TV tentu saja telah diketahui oleh pada umumnya teknisi maupun tukang servis TV yang sudah berpengalaman, service menu mode pada tiap merk pasti berlainan, contohnya untuk Sharp, Samsung, LG, Sanyo pasti berlainan untuk cara kanal ke sajian service nya baik itu TV tabung atau TV LCD.

Ada kunci aba-aba variasi yang mesti ditekan sebelum mampu membuka servis hidangan ini, lalu bagaimana cara membuka remot TV yang terkunci ini ? sebelum melangkah lebih jauh ke cara masuk menu service TV ini mungkin ada yang belum tahu apa sih hidangan service mode ini ?

Kode Remote TV pada Televisi ?

Kode remote ini atau sering disebut juga Service Key yaitu instruksi servis tv atau isyarat kombinasi yang wajib dimiliki oleh teknisi TV supaya bisa masuk kedalam service mode TV yang sedang di repair, lazimnya bisa berupa menekan tombol remote atau tombol di perangkat TV itu sendiri.

Apakah arahan pada remote ini harus dimiliki setiap melaksanakan perbaikan televisi ? Umumnya jika TV mempunyai remote maka biasa nya terdapat sajian servis.

Jika anda sebagaiteknisi misalkan mengganti CRT rusak, IC Eeprom atau Deflection Yoke maka dibeberapa masalah kita mesti masuk ke service mode untuk melakukan adjustmen sehingga TV yang dijalankan penggantian komponen tersebut bisa menampilkan gambar yang sempurna.

Saya sendiri juga pernah memperoleh pada Samsung settingan gambar menjadi geser horizontal sedikit ke kanan maka tidak butuhmembuka casing TV kemudian troubleshooting penyebabnya apa cukup buka service sajian code TV tersebut lalu setting H-EW (horizontal east west) untuk menggeser posisi gambar sesuai yang diharapkan.

Pada brand TV lain kode servis ini namanya mungkin berbeda pada LG atau Sanyo.

Kode remote Tv LCD

Gambar teladan Tampilan Service mode pada LCD TV

Lalu apakah troubleshooting tidak dibutuhkan ? umumnya jika aku mendapatkan bergesernya gambar masih dalam batas toleransi yang wajar, aku hanya akan setting di service mode saja. Tetapi jikalau telah tidak wajar maka harus dilaksanakan perbaikan alasannya jika dipaksakan disetting dari hidangan service mode tidak akan maksimal

Itulah sebabnya kenapa arahan remote TV ini tidak dimasukkan di manual book televisi dan tidak disebarluaskan ke pelanggan pribadi alasannya memang peruntukkannya yaitu untuk maintenance saja. Bisa dibayangkan jikalau konsumen yang suka ngoprek mengacak acak value / settingan nilai dari yang semestinya maka akan mengakibatkan kerusakan fatal pada Televisi

service-menu-code-sony

Berikut beberapa kerusakan yang mungkin terjadi jika terdapat kesalahan setting :

  • Televisi mati total
  • Gambar blank tidak muncul apa apa, mampu juga salah satu warna menjadi lebih banyak didominasi
  • Gambar tidak proporsional, terlalu panjang atau pendek
  • Gambar bergeser
  • TV tidak mampu mendapatkan siaran
  • Suara hilang atau cacat..
  • dan lain lain..

Setiap service hidangan code brand TV contohnya Sharp, Samsung, LG, Sanyo niscaya berbeda. Kebanyakan diakses dengan cara menekan tombol tertentu pada remote dengan segera, bisa dikombinasikan dengan tombol panel kontrol di TV kadang juga jumper.

Yang harus dijalankan kalau memang dibutuhkan masuk ke arahan servis tv yakni catat atau foto setiap nilai di sajian yang timbul agar jika terjadi kesalahan setting tinggal diubah ke aslinya. Cara yang lebih teknikal bisa dengan cara membackup Eeprom nya dulu dengan menggunakan Eeprom programmer/ copier.

Lalu apa yang harus dilaksanakan jika terjadi kesalahan setting sedangkan tidak mempunyai backup nya. Satu2nya cara mampu dengan mengembalikan ke factory setting default yang biasanya di tiap sajian service TV selalu ada.

Berikut kode servis TV pada remote untuk beberapa brand TV yang mampu dicoba :

Kumpulan Kode Remote TV Sharp

Kumpulan Kode Remote TV Samsung

Kode Remot TV Panasonic dan Cara Settingnya

0 Response to "Apa Itu Aba-Aba Remote Tv Pada Televisi ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel