Bagian Dan Fungsi Pin Kaki Flyback

Buat yang berprofesi selaku teknisi TV wajib nih mengetahui bab dan fungsi pin kaki flyback karena bisa sangat menolong pekerjaan servis tv pastinya.

Perlu diketahui flyback pada TV dan monitor untuk PC dalam hal ini yang bertype CRT mempunyai kesamaan, kecuali pada monitor flyback juga dilengkapi dengan kapasitor internal yang fungsinya yaitu untuk meningkatkan kualitas gambar yang dihasilkan khususnya pada ketika diperlukan resolusi tinggi.

Tapi sebelum membicarakan lebih jauh sudah tahu belum pengertian flyback transformer yang umum disingkat trafo FBT atau trafo LOPT (line output transformer)

Apa itu Flyback ?

Flyback adalah satu bagian transformator pada TV atau monitor yang fungsinya adalah untuk menciptakan tegangan tinggi yang dibutuhkan oleh tabung CRT yang nantinya digunakan untuk menembakkan elektron di dalam tabung Tv atau monitor.

Flyback ini dipasang pada blok horizontal output yang fungsinya adalah untuk menghasilkan tegangan cukup tinggi berkisar 20kV hingga 30kV tergantung ukuran TV. Di dalam flyback sudah terdapat suatu dioda internal yang fungsinya ialah untuk menyearahkan tegangan tinggi dari trafo alasannya masih berbentuk pulsa pulsa.

gambar flyback

Selain dioda di bab dalam flyback juga terdapat lilitan dengan jumlah lilitan tertentu dan sebuah batang ferit sebagaimana sebuah transformator.

bagian dalam flyback tv

Fungsi Pin Kaki Flyback

Kebanyakan trafo FBT mempunyai sekitar 10 pin atau kaki dibawahnya dan tiap kaki punya fungsi masing masing namun biasanya kaki kaki ini dibagi menjadi bab primer atau input dan sekunder atau outputnya.

Nah sebelum membahas kaki flyback kita diskusikan dahulu kabel yang ada di flyback adalah

  1. HV / High Voltage : Terminal ini adalah bagian Anode atau Kop yang pasti terhubung ke CRT serta menciptakan tegangan yang sungguh tinggi mampu berkisar 10kV – 30kV. Jangan sekali sekali membuka atau mengukur bab ini meskipun TV dalam keadaan mati, terlebih lagi ketika keadaan TV nyala.
  2. Kabel Screen : Kabel screen terhubung eksklusif ke kaki CRT yang ada di bab belakang dan fungsi nya adalah untuk mengatur seberapa kuat cahaya jelas yang ditampilkan. Kabel ini baik di FBT atau di CRT sering disebut G2.
  3. Kabel Focus : Kabel ini juga langsung terhubung ke kaki CRT (G3/G4) yang fungsinya yakni untuk mengendalikan fokus pada TV.

Lanjut ke bab kaki flyback berikut ini fungsi tiap pin nya :

  1. HOT atau lazimdisebut Colector yang di rangkaian terhubung dengan transistor penguat horizontal bab pengumpul . Pada ketika Flyback melakukan pekerjaan kaki ini akan menghasilkan tegangan tinggi.
  2. Dioda Dumper, sesuai namanya pin ini terhubung ke dioda dumper dan biasanya terdapat pada TV yang memiliki rangkain EW (East West) tetapi tidak semua flyback mempunyai pin ini alasannya adalah pada umumnya telah satu paket dengan transistor horizontal.
  3. B+, kaki ini terhubung ke power supply utama yang merupakan tegangan kerja untuk flyback. Jika tidak ada tegangan yang mengalir ke pin ini maka FBT tidak akan melakukan pekerjaan .
  4. Ground, sebagai grounding atau negatif.
  5. AFC, Automatic frequeny control yang fungsinya yaitu menstabilkan frekuensi osilator horizontal
  6. ABL yakni Automatic Brightness Limiter yang fungsinya yakni untuk mengontrol dan membatasi sinar elektron yang menuju ke rangkaian RGB secara otomatis. Tegangan ABL ini sungguh tinggi alasannya secara tidak eksklusif terhubung dengan kop flyback lewat unsur dioda.

Oia urutan diatas pada flyback tidak selalu sama ya jadi jangan dijadikan pola untuk urutan kaki nya selain itu yang dibahas diatas yakni yang wajib ada pada sirkuit sehingga mungkin saja ada pin suplemen tergantung brand dan versi TV, selaku acuan berikut ini salah satu urutan nama pin flyback pada TV Sharp Slim

Bagian dan Fungsi Pin Kaki Flyback

Terakhir, mirip disampaikan di permulaan flyback yakni bagian yang mampu menciptakan tegangan sungguh tinggi sehingga sungguh tidak direkomendasikan untuk membuka bagian tudung anoda / kop flyback baik ketika TV nyala atau bahkan dikala TV sedang mati alasannya adalah CRT mampu menyimpan tegangan sisa walaupun sudah dimatikan dalam waktu lama.

Buat tukang servis wajib ya untuk memperhatikan keselamatan ketika servis TV. Jika memang akan melepas flyback maka bisa dishortkan dulu dengan suatu kabel yang sudah diberi capit buaya dan pribadi dihubungkan dengan kabel grounding di sekeliling tabung TV, kurang lebih mirip dibawah ini caranya :

cara menghilangkan tegangan flyback

Demikian artikel kali ini supaya bisa berfaedah untuk rekan teknisi hadirin blog ini.

0 Response to "Bagian Dan Fungsi Pin Kaki Flyback"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel