Tv Rusak Vertikal

Kerusakan TV rusak vertikal lazimnya mudah dikenali dari ciri ciri gambar nya yang hanya memperlihatkan satu garis saja atau gambar yang muncul tidak sarat di layar CRT, sebetulnya selain gejala timbul garis juga banyak tanda-tanda lainnya contohnya saja gambar bergelombang, gamnar cekung dan yang lain.

cara service tv rusak vertikal

Hanya menentukan saja ya, rekan teknisi sudah tahu kan kalau timbul kerusakan garis horizontal maka yang perlu dilakukan pengecekan kerusakan adalah blok vertikal karena gambar menjadi terfokus ke arah horizontal saja.

Berlaku juga untuk sebaliknya jika di layar TV CRT hanya muncul garis vertikal maka blok horizontal yang harus dicek meskipun perlu dikenali sangat jarang kerusakan timbul garis vertikal.

Nah di postingan kali ini saya share berbagai macam kerusakan blok vertikal yang umumnya muncul di TV CRT beserta ciri ciri gejalanya sehingga supaya mampu menolong mempercepat memperbaiki tv rusak

Daftar Isi :

TV Rusak Garis Horizontal

Kerusakan tv rusak bab vertikal seperti gambar dibawah ini bisa jadi yaitu yang paling kerap timbul pada TV CRT, beberapa penyebab yang mungkin yakni kerusakan pada deflection yoke bisa sebab short ataupun putus.

Tidak adanya tegangan supply ke rangkaian IC Vertikal (+24Vcc) yang disebabkan ada resistor putus, kerusakan pada konektor defelection yoke, kerusakan pada rangkaian vertikal out, atau mampu juga karena raster terlalu terperinci.

Mencari penyebab kerusakan tv garis horizontal seperti ini gampang mudah susah, pada umumnya sih bisa langsung ketahuan dari IC vertikal nya. Tapi tidak jarang juga disebabkan faktor yang tidak disangka-sangka

tv rusak vertikal garis horizontal

TV Rusak Garis Bergelombang

Nah pada kerusakan mirip pada gambar dibawah ini yang kebetulan yaitu Tv merk Samsung plano dimana gambar raster terfokus menjadi garis bergelombang tebal, kemungkinan penyebabnya berdasarkan pencarian ke blog acuan service tv saya bisa disebabkan putusnya deflection yoke dibagian vertikal tegangan minusnya (-V).

Biasanya Deflection yoke dibuat dari 2 kumparan yaitu horizontal dan vertikal, untuk mengusut apakah short atau putus coba lepas sambungan di ujungnya mampu juga dari konektor di PCB lalu ukur resistansinya.

Jika salah satu kumparan putus maka mampu jadi itulah penyebabnya, perlu dimengerti juga biasanya jikalau diukur resistansi kedua kumparan ialah sama nilainya kalau berlawanan ada kemungkinan rusak / short.

tv rusak garis bergelombang

TV Rusak Vertikal Garis Diatas

Kerusakan lainnya yakni mirip ditunjukkan pada gambat dimana cuma terdapat garis horizontal saja beberapa line pada bagian atas layar yang sekilas jika dilihat seperti kerusakan blanking yang biasanya terjadi pada bab horizontal.

Kerusakan ini jikalau pada IC vertikal yang mempunyai pin out Pump Up maka di area / bagian sekitar itulah menjadi penyebabnya.

Sedikit penjelasan perihal pump up pada IC vertikal, sirkuit pump up kebanyakan telah disatukan didalam IC vertikal yang tergabung ke vertikal out yang fungsinya kurang lebih yaitu untuk menciptakan tegangan tinggi untuk proses vertikal-retrace adalah proses penyapuan secara vertikal dari bagian atas layar CRT ke bab bawah CRT.

tv rusak vertikal garis diatas
rangkaian vertikal pump up

Sirkuit pump up vertikal ini biasanya dibantu 2 unsur eksternal berbentukElco dan Diode, bila kedua bagian eksternal atau IC vertikal itu sendiri rusak maka bisa menjadikan kerusakan  TV rusak garis vertikal diatas.

Coba ganti dahulu elco pump up seperti yang ditunjukkan pada gambar rangkaian vertikal TV diatas, bagi yang kebetulan memang memerlukan bisa download denah TV juga ya di koleksi sketsa TV blog ini sehingga lebih membuat lebih mudah menentukan letak ic vertikal tv.

TV Rusak Gambar Cekung

Berikutnya yakni kerusakan TV bagian vertikal yang menimbulkan gambar menjadi cekung mirip penampilan dibawah ini. Kerusakan seperti ini banyak juga yang menyebut nya kerusakan EW (east-west), cacat bantal, ataupun kerusakan pin-cushion.

Dan penyebab timbulnya gambar seperti ini adalah karena sirkuit EW (East West) yang tidak bekerja normal, biasanya kerusakan ini muncul di TV flat slim dengan ukuran TV >20 inchi.

tv rusak gambar cekung

Ada 2 kemungkinan yang ada untuk kerusakan jenis ini :

  1. Jika TV memakai sirkuit East West maka cek transistor driver EW bisa short atau bocor, kapasitor filter modeul EW, IC driver EW rusak, lilitan pada rangkain EW, lazimnya bagian ini letaknya bersahabat horizontal out.
  2. Jika TV tidak menggunakan sirkuit East West maka cek apakah tegangan B+ normal, cek apakah deflection yoke wajar / pernah diganti dengan bukan orisinilnya, cek apakah mode zoom pada TV sedang diaktifkan.

Berikut teladan sirkuit EW di TV :

rangkaian transistor east west

TV Rusak Vertikal Tidak Penuh

Berikutnya lagi yakni salah satu kerusakan yang paling umum juga dimana gambar tampil dengan wajar namun performa atas bawah tidak sarat alias terpotong.

tv rusak vertikal gambar tidak penuh

Penyebabnya ya pasti tidak jauh dari sirkuit vertikal walaupun ada baiknya juga coba cek dahulu settingan V-size mungkin saja ada yang merubahnya, nah berikut ini beberapa kerusakan yang paling mungkin menurut pengalaman saya :

  1. Cek tegangan Vcc IC Vertikal mungkin drop
  2. Pin out IC Vertikal rusak (ganti IC vertikal)
  3. Elco disekitar IC Vertikal kering (Elco kopel biasanya)

Sedikit embel-embel juga bila terdapat TV rusak vertikal tidak penuh atas maupun bawah tetapi gambar terlihat melipat maka coba cek jalur feedback untuk IC vertikal TV lazimnya ada nilai yang berubah berbentukresistor / Elco tetapi pernah juga sih menemui kerusakan ini karena IC vertikalnya harus diganti.

rangkaian vertikal tv

Selain kerusakan gambar vertikal yang disebutkan diatas pastinya masih banyak lagi jenis kerusakan vertikal yang lainnya jadi bukan hanya muncul gejala garis horizontal pada tv saja ya, setidaknya apa yang disampaikan diatas bisa menjadi isyarat untuk troubleshooting rekan rekan teknisi.

Yang paling penting lagi ingat bahwa kerusakan boleh sama namun penyebab kerusakan belum tentu sama dengan yang aku sebutkan diatas alasannya kerap kali penyebabnya dari komponen yang tidak terduga atau keseringan hanya alasannya solderan yang retak saja.

0 Response to "Tv Rusak Vertikal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel