Kerusakan Defleksi Yoke Pada Tv

Kerusakan defleksi yoke pada tv gejala yang muncul seperti dengan ciri ciri TV rusak vertikal di artikel sebelumnya ialah tidak sesuainya gambar yang ditampilkan di layar CRT bisa berbentuksatu titik saja, gambar bergelombang, gambar terpotong atau gambar yang tidak sarat .

Sebelum melanjutkan ke pembahasan lanjut telah pada tahu kan apa itu defleksi yoke tv ? rekan teknisi mampu mendatangi link tadi untuk pemahaman defleksi yoke, fungsi defleksi yoke dan sedikit referensi untuk pengukuran bagian tv yang berfungsi untuk mempesona elektron secara horizontal dan vertikal ini.

Nah berikut dibawah ini ialah ciri kerusakan deflection yoke pada tv :

  1. Tampilan gambar terlihat di tengah tetapi di bagian kanan dan kiri gambar melengkung.
  2. Transistor horizontal jebol terus yang bermakna terdapat kerusakan pada kumparan horizontal defleksi yoke (short)
  3. Tampilan raster mengecil atas bawah dan membentuk gelombang di tengah, lazimnya sebab salah satu kumparan defleksi yoke putus
  4. Timbul suara denging dari flyback
  5. Munculnya asap dibagian belakang tabung TV
  6. Tegangan B+ drop, untuk memastikannya coba cabut dahulu konektor defleksi yoke lalu ukur tegangan B+
  7. Timbul gambar di tengah bergaris kebawah yakni ciri kerusakan kumparan vertikal namun sangat jarang terjadi

Penyebab kerusakan kumparan ini pada tv pada dasarnya pada umumnya yakni karena lembab kurang lebih seperti ini, contohnya saja TV semalaman dinyalakan yang pastinya mengakibatkan panas di bab dalam TV.

Pada dikala TV dimatikan udara bercampur dengan yang ada di luar sehingga timbulah embun pada bagian sekitar defleksi yoke utamanya dibagian penyangga karetnya.

Berikut ini adalah bagian bagian dari defleksi yoke dan magnet konvergen yang mesti dilepas untuk membuka yoke :

bagian bagian defleksi yoke

Jika dibiarkan terus menerus dengan kondisi mirip ini akan memudahkan jamur berkembang dan terus menghancurkan coil yang ada di bagian dalam defleksi yoke yakni horisontal, jamur ini mampu menghilangkan lapisan email kawat menghilang dan ketika TV dihidupkan terjadilah short antar lilitan dan timbullah asap dari belakang bagian TV.

Karena jamur ini jugalah kerusakan yoke paling sering terjadi dibagian dalam yoke sehingga yang rusak adalah bab horizontalnya.

Lalu bagaimana untuk memeriksa keadaan defleksi yoke apakah benar benar telah rusak atau belum ? berikut dibawah ini cara pengecekannya.

Daftar Isi :

Ukur nilai resistansi kumparan defleksi horizontal dan vertikal

Sudah tahu kan warna untuk membedakannya ? kabel dari kumparan defleksi warna merah-biru menerangkan coil defleksi horizontal sedangkan warna hijau-kuning yaitu coil vertikal. Ukur keduanya dengan multimeter, untuk horizontal seharusnya berkisar antara 1,2 – 5 Ohm sedangkan untuk vertikal berkisar antara 14 – 17 Ohm meskipun mungkin nilai ini tidak sama untuk semu jenis defleksi yoke.

Pisahkan coil sambungan Defleksi lalu ukur resistansinya

Seperti disampaikan di postingan defleksi yoke sebelumnya, deflection yoke ini baik horizontal dan vertikal berisikan adonan 2 kumparan sehingga kalau di total terdapat 4 kumparan.

Pisahkan bab yang disolder dibagian atas deflection yoke kemudian ukur, sebaiknya nilai kumparan masing masing (horizontal-horizontal / vertikal-vertikal) memperlihatkan nilai yang sama. Jika ada nilai yang tidak sama dengan coil lainnya maka salah satu coil / kumparan tersebut short alasannya adalah jamur. Berikut ini diagram coil yang ada pada defleksi yoke :

diagram coil defleksi yoke

Cek defleksi yoke kumparan horizontal

Untuk bisa mengevaluasi kumparan horizontal defleksi rekan teknisi harus hati hati ketika membuka defleksi yoke yang pastinya mesti membuka dahulu magnet purity / magnet konvergen yang posisinya ada di belakang defleksi yoke sehingga mau tidak mau mesti dibuka dulu.

Tandai posisi magnet konvergen ini alasannya adalah mirip pernah disampaikan sebelumnya bahwa magnet ini dengan tabung CRT dan defleksi yoke sudah dituning dari saat buatan nya sehingga jikalau posisinya berubah harus dituning lagi dan ini hal yang cukup sulit. Perhatikan juga gambar diatas untuk cara melepas yoke tv semoga nantinya tidak susah tuning konvergen.

Jika telah sukses memisahkan dari CRT coba perhatikan coil horizontal yang ada dibagian dalam, bila dilihat dari luar bisa saja keadaan yoke terlihat bagus contohnya mirip dibawah ini dimana coil telah terkena jamur dan kemungkinan lapisan email coil nya sudah terkelupas dan menimbulkan short, berikut dibawah ini acuan gambar defleksi yoke rusak terbakar yang diperoleh dari salah satu blog service TV :

defleksi yoke rusak terbakar

Ganti dengan Defleksi Yoke kanibal

Jika memang rekan teknisi kebetulan sedang ada TV lain dengan defleksi yoke yang sama boleh juga dicoba untuk kanibal, Dengan yoke gres nantinya mungkin gambar akan terlalu lebar atau terlalu kecil namun tidak dilema alasannya bisa disetting dari mode service tv yang aba-aba nya bisa coba dicek di isyarat remote TV.

Satu lagi tips nya, jikalau akan menjajal dengan defleksi yoke yang lain usahakan dengan resistansi yang sama alasannya adalah kalau dipaksakan dengan yoke yang memiliki resistansi lebih kecil bisa mengakibatkan transistor horizontal putus terus, kop anode CRT mengeluarkan bunyi dan ada tegangan bocor, serta persoalan lainnya.

Tetapi kalau cuma sekedar untuk menjajal saja lazimnya tidak duduk perkara asalkan tidak dipakai untuk waktu berkepanjangan saja terus menggunakan yoke yang tidak sesuai resistansinya.

Bagi yang belum tahu yoke tv samsung flat slim bentuknya agak sedikit berlawanan yakni lebih datar mirip gambar dibawah :

yoke tv samsung layar datar

Harga defleksi yoke tv inipun bermacam-macam yang pastinya bergantung berapa inch ukuran defleksi yoke yang mengalami kerusakan, namun selaku gosip saja tidak butuhmenanyakan harga deflection yoke ke service centernya ya alasannya biasanya satu set dengan tabung CRT dan magnet konvergen nya sehingga harganya mampu jutaan.

Tips pemanis, jika setelah mengubah defleksi yoke yang rusak namun gambar yang timbul di layar masih belum pas coba dahulu settingan di sajian service mode key untuk diadjust, ada juga cara lainnya ialah dengan mengganti kapasitor resonant yang lazimnya mempunyai tegangan 1600V namun cara ini lebih rawan alasannya adalah kita harus mencoba coba nilai yang pas dan sesuai gambar berapa nilainya.

Demikian artikel kali ini wacana kerusakan defleksi yoke pada tv supaya bisa berguna bagi rekan rekan teknisi.

0 Response to "Kerusakan Defleksi Yoke Pada Tv"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel