Kapasitor Pompa Air – Harga, Fungsi Dan Cara Mengganti

Berikut pada artikel ini saya share harga kapasitor pompa air beserta fungsi dan cara mengubah kapasitor jikalau terjadi kerusakan. Pada perangkat elektro yang sehari hari digunakan terutama yang mempunyai dinamo atau motor listrik sungguh biasa terdapat kapasitor agar bisa berfungsi dengan normal.

Misalnya saja pada kapasitor pada kulkas, kapasitor pada mesin cuci, bahkan pada kipas angin dan AC/ Air conditioner. Ukuran kapasitor yang terpasang pastinya diadaptasi dengan ukuran dinamo motor listrik yang digunakan, kian besar dinamo maka akan makin besar juga ukuran kapasitor yang digunakan.

Daftar Isi :

Fungsi Kapasitor Pompa Air

fungsi kapasitor pompa air

Umumnya untuk kapasitor pada pompa air yang kecil cuma terdapat 1 buah saja, sedangkan untuk pompa air dengan ukuran yang besar mungkin ada juga yang terdapat 2 buah kapasitor yang mempunyai arti 1 buah selaku kapasitor start (Capacitor Start) dan satu lagi selaku kapasitor running (Capacitor Run), berikut dibawah ini penjelasan rincian nya :

a. Fungsi Kapasitor Pompa Air selaku Kapasitor Start

Jika sobat hanya melihat satu kapasitor saja pada pompa air maka fungsi kapasitor pada pompa air ini yaitu sebagai kapasitor start (capacitor start) untuk menolong putaran awal ketika pompa pertama kali dinyalakan

Perlunya kapasitor ini alasannya adalah torsi putaran awal dinamo dengan supply listrik arus AC yang cukup besar sehingga tenaga dari jala listrik PLN saja tidak cukup. Oleh alasannya adalah itu kapasitor pada pompa air dipasang pada bagian coil start gulungan dinamo pompa air.

Kurang lebih berikut ini secara biasa ialah gambar rangkaian listrik pada pompa air, perlu dimengerti mungkin pada beberapa versi terdapat perbedaan :

rangkaian listrik pompa air
Rangkaian Pompa Air dengan Kapasitor Start

Jika tidak ada kapasitor start atau keadaan kapasitor telah dalam keadaan rusak pada pompa air maka dinamo cuma akan berdengung saja sebab tidak cukup tenaga untuk memutar motor listrik. Untuk itulah fungsi kapasitor pada pompa air digunakan.

b. Fungsi Kapasitor Pompa Air sebagai Kapasitor Run

Selain selaku kapasitor start, pada beberapa pompa air juga terdapat kapasitor running (capacitor running), fungsi kapasitor running pada pompa air adalah supaya putaran dinamo menjadi lebih halus sekaligus lebih bertenaga.

Kapasitor Run lazimnya mempunyai nilai kapasitas yang lebih rendah dari kapasitor start dan umumnya bukan dari jenis kapasitor elektrolit. Jika terdapat kerusakan pada run kapasitor maka mesti diganti dengan nilai yang cocok sebab jika kapasitansi terlalu tinggi akan menyebabkan perubahan fasa tidak sempurna. Berikut ini acuan diagram pompa air dengan kapasitor start dan running :

rangkaian pompa air kapasitor run

Jika kapasitor Run terlalu tinggi, maka akan mengakibatkan perubahan fasa kurang dari seharusnya, arus yang mengalir ke dinamo akan terlalu besar dan menyebabkan dinamo overheat.

Sebaliknya jikalau kapasitor Run terlalu rendah akan menyebabkan pergantian fasa menjadi lebih besar, arus ke dinamo menjadi kurang yang menimbulkan tampilan dinamo pompa air menurun dan bunyi pompa menjadi agresif.

Harga Kapasitor Pompa Air

Harga kapasitor pompa air cukup terjangkau dan tidak dilema walaupun terdapat perbedaan brand contohnya kapasitor pompa air sanyo dan shimizu tidak duduk perkara dipakai selama nilai kapasitansi dan tegangannya masih sama.

Pastikan juga sebelum berbelanja part kapasitor kerusakan sudah diyakinkan pada bab kapasitor agar tidak mubazir. Berikut ini aku capture beberapa harga kapasitor pompa air dengan kapasitas yang biasa digunakan di beberapa toko online :

Harga kapasitor pompa air 8 uF dengan kisaran harga Rp.9000 – 55.000 ( ori shimizu )

harga kapasitor pompa air 8 uF

Harga kapasitor pompa air 20 uF dengan kisaran harga Rp.18000 – 27.000

harga kapasitor pompa air 16 uF

Harga kapasitor pompa air 20 uF dengan kisaran harga Rp.21.000 – 39.000

harga kapasitor pompa air 20 uF

Harga kapasitor pompa air 30 uF dengan kisaran harga Rp.21.000 – 43.000

harga kapasitor pompa air 30 uF

Ukuran Kapasitor Pompa Air

Ukuran kapasitor pada pompa air tentunya berlainan beda untuk setiap type dan sungguh dipengaruhi oleh seberapa berpengaruh daya pompa tersebut. Semakin berpengaruh daya hisap dan daya dorong pompa maka makin besar juga dinamo serta kapasitor nya, baik untuk kapasitor start maupun kapasitor run. Misalnya saja pada kapasitor jet pump lazimnya mempunyai kapasitas yang lebih besar.

Berikut ini perbandingan ukuran kapasitor pompa air :

ukuran kapasitor pompa air

Untuk membedakan yang mana kapasitor start atau mana yang running kalau pada pompa air terdapat 2 kapasitor, maka ukuran kapasitor run ialah yang lebih kecil.

Misalnya pada kapasitor pompa air shimizu PS 128 hanya diperlukan kapasitor start dengan nilai 8 uF saja, mampu terlihat juga pada spesifikasi di bodi pompa tersebut :

kapasitor pompa air shimizu ps 128
Kapasitor pompa air shimizu ps 128

Tentunya ukuran kapasitor pompa air shimizu seperti diatas bisa berlawanan untuk type pompa Shimizu yang lebih besar. Sedangkan untuk pompa yang lebih besar contohnya kapasitor jet pump nilainya lebih besar seperti acuan pompa jet pump dibawah ini :

kapasitor jet pump
Kapasitor jet pump

Cara Ganti Kapasitor Pompa Air

Seiring digunakannya pompa air, lambat laun pasti akan terdapat penurunan kinerja dari kapasitor contohnya saja tidak dapat menyimpan arus listrik lagi dikarenakan cairan elektrolit yang telah mengering jikalau kebetulan menggunakan jenis kapasitor elektrolit, hal ini akan berakibat pada pompa air yang tak inginberputar.

Ciri kerusakan kapasitor start yang telah lemah mirip ini ialah dalam kondisi ini dinamo masih bisa dihidupkan tetapi dibantu dengan perlindungan tangan untuk memutar nya.

Untuk menentukan kerusakannya mampu dilihat juga pada bentuk fisik kapasitor mungkin mengalami perubahan fisik menjadi menggembung atau terdapat cairan elektrolit yang bocor.

Namun untuk memastikannya harus menggunakan alat ukur, untuk cara mengukur kapasitor pompa air, caranya sama dengan mengukur kapasitor pada kipas angin yang mampu dilihat pada postingan Cara mengukur kapasitor.

Cara Ganti Kapasitor Pompa Air

Berikut ini langkah langkah cara ganti kapasitor pompa air :

  1. Pastikan supply listrik PLN menuju ke pompa air telah dicabut dan amankan area sekitar pompa
  2. Buka penutup kapasitor pada pompa, umumnya bab ini sungguh gampang untuk ditemukan ditandai dengan bab yang menonjol
  3. Sebelum melepas kapasitor yang usang usahakan untuk memperhatikan jalur kabel, untuk menyingkir dari kesalahan pemasangan karena lupa mampu juga untuk difoto terlebih dahulu.
  4. Biasanya terdapat pelindung kabel sekaligus pelindung kabel berupa selongsong/ pin, selongsong/ pin tersebut bisa dilonggarkan dengan tang lancip supaya nanti cara menyambung kabel kapasitor pompa air sehabis dijalankan penggantian lebih mudah. Jika tidak ada selongsong ini bisa menggunakan selotip biasa
  5. Cara pasang kapasitor pompa air bisa bolak balik karena tidak ada polaritasnya, kalau sudah diganti, maka bungkus kembali sambungan kabel dengan pelindung kabel yang tadi dilepas.
  6. Coba kembali menyalakan pompa air

Bolehkah Mengganti Kapasitor Pompa Air Dengan Yang Lebih Besar ?

Jika terjadi kerusakan pada kapasitor maka harus dilaksanakan penggantian dengan nilai kapasitas kapasitor yang sesuai alasannya pastinya kapasitas tersebut telah dipertimbangkan dengan beban dinamo listrik.

Tidak dianjurkan mengubah kapasitor pompa air dengan yang lebih besar alasannya adalah bisa menimbulkan dinamo menjadi panas/ overheat pada coil khususnya untuk kapasitor run sehingga overheat yang bisa menyebabkan coil terbakar.

Ada juga yang mencoba cara mempercepat putaran dinamo pompa air dengan mengubah kapasitor pompa air dengan yang lebih besar padahal hal tersebut tidak akan berpengaruh, apalagi bila kapasitor tersebut digunakan untuk starting saja.

0 Response to "Kapasitor Pompa Air – Harga, Fungsi Dan Cara Mengganti"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel