Pengertian Light Dependent Resistor Atau Ldr

Light dependent resistor yakni salah satu jenis bagian resistor dengan nilai resistansi yang mampu berganti sesuai dengan berpengaruh-lemah intensitas cahaya yang diterima oleh penampang sensornya.

Pada artikel kali ini akan dibahas tuntas perihal pemahaman, kepanjangan LDR, simbol LDR, cara kerja LDR, sampai bentuk LDR yang lazimnya terdapat di pasaran.

Dikarenakan sifatnya yang sensitif terhadap cahaya, umumnya bagian ini dipakai pada rangkaian sensor yang berhubungan dengan cahaya. Berikut ialah daftar isi artikel perihal LDR :


Daftar Isi :

Pengertian LDR

Seperti disebutkan diatas bahwa pemahaman LDR/ Light dependent resistor adalah sejenis unsur resistor yang peka terhadap cahaya, dalam arti nilai resistansi antara kedua kaki terminalnya sangat bergantung terhadap berpengaruh intensitas cahaya yang diterima.

Karena bagian ini tidak membutuhkan arus listrik untuk bisa berfungsi maka LDR tergolong ke dalam unsur pasif.

Umumnya komponen ini sering dikenal dengan nama LDR atau Photo Resistor, di Indonesia umumnya di toko toko elektronika sering dikenal dengan sensor cahaya saja.

Baca juga : Cara kerja panel surya

Kepanjangan dari LDR ialah Light dependent resistor yang jika diartikan bermakna resistor yang bergantung dari cahaya, kepanjangan LDR ini tentu saja sesuai dengan sifatnya yang sensitif terhadap cahaya.

Bagaimana karakteristik LDR ? Pada ketika sensor penampangnya tidak menerima cahaya misalkan pada ruangan yang gelap maka resistansi nya sungguh tinggi, seringkali mampu hingga 1 Mega Ohm ( 1 juta Ohm ), tetapi ketika sensor menerima cahaya maka resistansinya mampu menurun drastis bahkan hingga hitungan ratusan Ohm saja, pastinya tergantung kuat intensitas cahaya dan spesifikasi LDR itu sendiri.

karakteristik LDR
Grafik Karakteristik LDR

Simbol LDR

Simbol dari LDR bisa dilihat bantu-membantu tidak berbeda jauh dengan simbol resistor biasa tetapi dengan perhiasan arah panah ke badan resistor, simbol ini tidak berlainan jauh juga dengan photo diode dan transistor phototransistor.

Sedangkan di dalam lingkaran bisa dilihat simbol resistor kebanyakan dengan simbol kotak persegi panjang atau garis zig zag.

simbol ldr sensor cahaya

Cara Kerja LDR

Cara kerja LDR sangatlah mudah untuk diketahui, pastinya kita telah mengetahui bahwa arus listrik berisikan pergerakan elektron dalam suatu material baik itu konduktor maupun insulator.

Pada konduktor yang baik arus listrik mampu dialirkan sebab banyaknya elektron sehingga arus bisa bergerak lewat material tersebut, sedangkan pada material insulator dengan resistansi yang tinggi mempunyai cuma sedikit elektron sehingga pergerakan arus listrik terhambat.

Sebuah LDR atau photoresistor dibuat dengan semikonduktor dengan resistansi yang tinggi karena mengandung sedikit elektron pada materi pembuatnya, pada keadaan gelap, elektron ini terkunci pada kisi kristal. Untuk memperjelas cara kerja LDR, berikut ini ialah bab bab dari LDR :

cara kerja ldr
Bagian bab LDR

Ketika cahaya jatuh pada material semikonduktor ini adalah Cadnium Suphide (CdS), cahaya foton diserap oleh semikonduktor dan sebagian energy ini ditransfer ke elektron yang menjadikan elektron membebaskan diri dari kisi kristal sehingga material mampu menghantarkan listrik seiring bertambahnya jumlah elektron.

Semakin banyak cahaya yang jatuh pada penampang LDR (Cadnium Suphide (CdS)) maka semakin banyak juga elektron yang terbebas dan makin rendah juga resistansi resistor LDR ini.


Fungsi LDR

Dikarenakan sifatnya yang peka terhadap cahaya, komponen LDR banyak digunakan pada rangkaian sensor lampu otomatis, rangkaian alarm, rangkaian lampu tidur, rangkaian lampu taman, rangkaian shutter, rangkaian sensor LDR arduino dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan rangkaian sederhana maka bisa dibuat suatu rangkaian lampu otomatis sederhana yang mampu menyala otomatis pada ketika kondisi gelap di sekeliling rangkaian lampu otomatis. Berikut ini adalah contoh penerapan sederhana light dependent resistor pada rangkaian

rangkaian lampu otomatis dengan LDR
Rangkaian Sensor cahaya LDR

Bagaimana cara kerja rangkaian lampu otomatis diatas ? pada rangkaian Sensor cahaya LDR memakai transistor sebagai saklar diatas, resistor 100K Ohm dan LDR disusun seperti sebuah driver yang diumpankan ke basis transistor BC547 yang ialah suatu transistor NPN.

Ketika ruangan gelap maka resistansi LDR akan tinggi sehingga arus kasatmata akan mengalir menuju basis transistor, saat tegangan kerja cukup bagi transistor untuk mengalirkan arus dari kolektor ke emitor (umumnya sekitar 0.7 Volt) maka akan menimbulkan transistor “ON” dan lampu LED menyala.

Sebalikya saat ruangan terang maka resistansi LDR akan menjadi rendah dan tegangan pada basis cenderung akan mendekati 0 sehingga transistor tidak mampu bekerja dan lampu LED tetap dalam keadaan “OFF”. Berikut ini yakni pola penerapan LDR pada alat elektronik sehari hari :

contoh fungsi LDR

Cara Mengukur LDR

Cara mengukur LDR bagus tidaknya sangatlah gampang, bahkan akan lebih mudah menggunakan multimeter analog agar pergeseran resistansi terminal LDR mampu benar benar terlihat.

Pada multimeter digital mungkin pergeseran ini tidak terlihat dengan jelas. Lihat juga pada postingan cara menghitung resistor dengan multimeter jika teman sebelumnya belum pernah mengukur resistansi resistor.

Sesuai dengan karakteristik LDR yang sensitif dengan cahaya, maka diperlukan pengukuran pada saat LDR tidak diberi cahaya ( ruangan gelap ) dan pada dikala LDR diberi cahaya contohnya dibawah lampu. Sebagaimana pengukuran resistor kebanyakan tidak ada polaritas yang mesti diamati sehingga probe konkret (+) ataupun negatif (-) sama saja.

Berikut ini terdapat hasil pengukuran LDR dengan menggunakan multimeter digital dengan keadaan gelap dan jelas. Untuk memudahkan maka kaki LDR eksklusif ditempel pada terminal probe multimeter, tampakperbedaan resistansi yang signifikan pada ketika LDR kondisi dengan cahaya normal dengan resistansi 121K Ohm dan ketika keadaan LDR diberi cahaya dengan resistansi menjadi 9K Ohm saja.

Pengukuran LDR dengan keadaan cahaya ruangan

cara mengukur ldr pada kondisi gelap

Pengukuran LDR dengan kondisi diberi cahaya

cara mengukur ldr pada kondisi terang

Bentuk dan Gambar LDR

Tentunya dikala ini teman panduanteknisi sudah tahu apa kepanjangan LDR sesudah membaca postingan diatas, berikut yaitu bentuk dan gambar dari komponen LDR. Perlu dimengerti lazimnya kian besar penampang sensor cahaya nya maka semakin sensitif juga LDR tersebut

bentuk LDR
sensor LDR arduino
Sensor LDR Arduino

0 Response to "Pengertian Light Dependent Resistor Atau Ldr"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel