Jangan Ketakutan! Ini Cara Menanggulangi Printer Ready Tetapi Tidak Mampu Print

Kendala printer ready namun tidak bisa print acap kali terjadi. Bahkan, kendala ini seringkali terjadi pada berbagai brand printer. Namun, jangan khawatir, karena kini kami akan membagikan cara menangani printer ready namun tidak mampu print dengan langkah-langkah yang mudah.

Cara Mengatasi Printer Ready Tapi Tidak Bisa Print

Daftar Isi :

Penyebab Printer Ready Tapi Tidak Bisa Print

Sebelum membahas cara mengatasi printer ready namun tidak bisa print, pertama-tama kita diskusikan terlebih dulu penyebabnya.

Permasalahan printer yang satu ini memang cukup membingungkan. Pasalnya, lampu indikator printer telah menyala, dan printer pun sudah siap dipakai. Namun, printer tidak mampu dipakai untuk mencetak.

Baca juga : Download Resetter Epson L3110

Lampu printer yang menyala, dan printer yang sudah siap mengambarkan bahwa printer tidak dalam keadaan rusak. Hanya saja printer tidak mampu menanggapi proses pencetakan.

Penyebab Printer Ready Tapi Tidak Bisa Print

Penyebab pertama dari kondisi tersebut, mampu disebabkan oleh cartridge atau kartrid yang error. Kartrid yaitu penampung tinta sekaligus alat untuk menuangkan tinta pada kertas yang sudah dimasukkan ke dalam printer.

Masalah lazim yang kedua mampu saja terjadi error pada printer itu sendiri. Error yang dimaksud bukan sebab terjadi kerusakan pada perangkat keras, tetapi ialah error yang terjadi pada perangkat lunak sehingga tidak terkoneksi dengan benar ke komputer.

Cara Mengatasi Printer Terdeteksi Tapi Tidak Bisa Print

Penyebab pertama dari kondisi ini bisa terjadi pada kartrid yang error. Karena, saat kartrid error, maka salah satunya akan mempunyai pengaruh tidak mampu ngeprint di Windows 10, maupun OS Windows di bawahnya. Untuk mengatasinya, Anda bisa mengikuti tindakan berikut:

1. Posisikan Cartridge Seoptimal Mungkin

Jika Anda telah melaksanakan isi ulang tinta, pastikan Anda memasang kembali kartrid dalam kondisi yang benar. Pastikan kartrid tidak kendor. Karena, posisi yang kendor atau tidak sempurna akan menjadikan kartrid tidak terbaca.

cek posisi cartridge printer

Cara mengatasi printer ready tetapi tidak mampu print untuk kondisi ini, mampu teratasi dengan melaksanakan pengecekkan posisi kartrid. Pastikan posisinya benar. Lepas kartrid jika pemasangan kurang sempurna, lalu pasang kembali pada posisi yang benar.

2. Bersihkan Bagian Chip Head

Solusi tidak mampu nge-print di Windows 10 berikutnya yakni dengan membersihkan kartrid yang kotor. Kotoran pada kartrid ini bisa tiba dari debu yang melekat hingga tinta yang mengering.

Jika kotoran pada kartrid kian menumpuk, maka akan mengakibatkan bagian motherboard printer tidak mampu mendeteksi keberadaan dari kartrid tersebut.

Bersihkan Bagian Chip Head printer

Silahkan lepas kartrid dari tempatnya. Setelah itu, silahkan Anda bersihkan secara perlahan. Gunakanlah alat pembersih yang lembut seperti cotton but atau tisu.

3. Ganti Catridge

Jika kartrid pada printer sudah tidak bisa digunakan lagi, semestinya ganti dengan yang baru. Ini yakni solusi terakhir cara menanggulangi printer yang tidak mampu print balasan kartrid error.

Cara Mengatasi Printer Tidak Bisa Merespon Perintah Print

Jangan tergesa-gesa berbelanja printer baru, atau mencari tukang reparasi untuk memperbaikinya. Jika cara di atas masih belum berhasil, Anda mampu menggunakan penyelesaian reset printer selaku berikut:

1. Restart Service Printer Menggunakan Command Prompt

Command prompt bisa menjadi salah satu solusi dari kendala printer yang error. Caranya yaitu selaku berikut :

  1. Tekan logo Windows + R pada keyboard. Setelah timbul command prompt, silahkan ketik “net stop spooler” (tanpa tanda petik), lalu tekan tombol Enter untuk menghentikan print spooler.
cara Restart Service Printer
  1. Setelah di-Enter, lalu ketik lagi del /Q /F /S “%systemroot%\system32\Spool\Printers\*.*” lalu Enter. Fungsinya adalah untuk menghapus semua file yang terdapat pada folder printers.
mengatasi printer tidak bisa print dengan command prompt
  1. Langkah terakhir, sehabis menekan tombol enter, kemudian ketikan lagi “net start spooler” (tanpa tanda petik). Kemudian silahkan tekan Enter untuk mengawali print spooler. Kemudian nyalakan printer dan coba untuk melakukan print.

2. Reset Menggunakan Service Microsoft Windows

Cara mengatasi printer yang tidak bisa print berikutnya yaitu mampu lewat Service Microsoft Windows dengan cara di-restart. Caranya pun gampang, sama seperti restart pada command prompt.

  1. Pertama-tama, silahkan tekan logo Windows + R, lalu silahkan ketikan “service.msc” (tanpa tanda petik), lalu klik OK.
  1. Setelah itu, Anda akan diarahkan pada penampilan Services. Kemudian masuk pada jendela Services, silahkan cari dan pilih sajian “Print Spooler”, kemudian klik kanan pada hidangan tersebut kemudian pilih Stop.
  1. Selanjutnya, silahkan Anda kecilkan atau minimize penampilan sajian Service apalagi dulu. Lalu, tekan lagi logo Windows + R, lalu ketikkan “C:\Windows\System32\spool\PRINTERS” (tanpa tanda petik), lalu tekan Enter.
  1. Setelah mengetik perintah di atas, Anda akan masuk ke sebuah jendela yang terdapat beberapa folder di dalamnya. Nah, hapuslah semua folder yang ada pada jendela tersebut. Setelah proses abolisi final, silahkan kembali lagi ke menu Services yang Anda kecilkan tadi.
mengatasi printer tidak bisa print dengan reset windows
  1. Pada menu Services, silahkan pilih kembali hidangan “Print Spooler” dengan cara mengklik kanan lalu pilih Start. Setelah itu, restart komputer kemudian coba kembali printer untuk mencetak.

Nah, itulah beberapa cara menangani printer ready tapi tidak mampu print yang mampu Anda coba. Semoga tindakan di atas dapat menolong printer Anda yang saat ini sedang mengalami kendala. Selamat mencoba.  

0 Response to "Jangan Ketakutan! Ini Cara Menanggulangi Printer Ready Tetapi Tidak Mampu Print"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel