Cara Membersihkan Mata Solder

Walaupun gampang tetapi kalau cara membersihkan mata solder tidak sesuai seharusnya malah mampu merusak solder itu sendiri. Nah bagaimana sih teknik membersihkan ujung solder yang sering dijadikan senjata utama para teknisi ini ?

Untuk menghasilkan hasil solderan yang optimal maka teknik menyolder dan perlengkapan yang dipakai juga mesti mendukung salah satunya yakni mata solder atau sering disebut Soldering Tip.

Sedikit share saja, setiap mata solder dilapisi dengan besi tipis yang fungsinya ialah menghalangi korosi pada tembaga yang ialah bahan dari solder tip.

Nah mata solder ini mampu mengalami oksidasi pada suhu tinggi yakni ketika kita sedang memakainya untuk menyolder. Supaya mata ini baka maka perlu dilindungi dengan menawarkan sedikit lapisan timah.

Pemeriksaan terjadwal wajib dijalankan untuk bab ini karena selain sangat menentukan hasil solderan juga mampu menekan pengeluaran lho ? karena dengan perawatan yang berkala umur pemakaian solder juga menjadi lebih panjang. 

Membersihkan mata solder umumnya banyak dilaksanakan dengan flux dan spons basah namun harus memakai spons yang khusus ya.

Nah berikut dibawah ini step by step untuk membersihkan mata solder semoga kekal :

  1. Panaskan solder hingga meraih suhu yang cukup untuk melelehkan timah
  1. Usap mata solder dengan menggunakan spons berair lalu sedikit sedikit lapisi permukaan mata solder dengan timah tadi. Usahakan semua bagian mata solder timahnya mesti melekat, jikalau ada bab yang belum menempel maka bersihkan lagi. Jangan menggunakan ampelas untuk proses ini alasannya mampu menghancurkan laisan pelapis mata solder
Cara-Membersihkan-Mata-Solder
  1. Selain memakai spons lembap bisa juga menggunakan sabut dari nilon yang telah dibasahi

Ada juga sedikit kiat biar infinit yakni bila setelah dipakai turunkan suhu solder atau cabut steker solder bila memang sedang tidak digunakan. Lebih elok lagi kalau menggunakan minyak solder / Amtech.

Amtech minyak solder

Setiap menggunakan solder coba bersihkan dengan kapas atau kain yang telah dibasahi dengan amtech tadi. Fungsinya ialah semoga tidak ada timah yang masih menempel pada solder sehabis digunakan, timah yang dibiarkan menempel hingga mengering dan dibiarkan sementara waktu akan menjadikan korosi pada soldering tip.

0 Response to "Cara Membersihkan Mata Solder"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel