Kiat Bila Tv Kena Air

Ok kali ini saya akan share ihwal kiat jikalau TV kena air, seperti yang kita pahami semua peralatan maupun gadget elektro pasti rentan rusak jikalau terkena air terlebih lagi jika terkena airnya pada dikala dalam kondisi menyala, biasanya sih akan eksklusif menghancurkan bagian dalam di komponen sirkuitnya.

Tetapi bila terkena airnya dalam keadaan mati ada kemungkinan TV belum tentu rusak.

Pertanyaannya kenapa sih air mampu sangat menghancurkan peralatan listrik dan elektronik ? Karena air dalam bentuk apapun yaitu penghantar listrik yang cukup baik dan pastinya menjadikan short di rangkaian mainboard TV. Bisa berbentukkena tumpahan air dari gelas, terkena cipratan air, atau terkena bocoran air hujan.

bongkar mesin tv dan keringkan

Lalu apa yang harus dikerjakan pertama kali bila TV kena air ?

  1. Jika TV terkena air dalam kondisi menyala makan hal pertama yang wajib dilakukan adalah segera matikan perangkat elektro dan cabut juga steker listrik
  2. Jika terkena air dalam keadaan mati maka cukup dipastikan saja steker untuk dicabut dan jangan sampai ada yang menyalakan unit untuk sementara.
  3. Adalah salah besar kalau alasannya ingin secepatnya mengetahui apakah terjadi kerusakan atau tidak dengan segera menyalakan unit karena hanya akan memperparah kerusakan.
  4. Periksa kondisi fisik pada unit/ TV, jikalau terkena hanya bagian luar saja dan yakin tidak ada air yang masuk cukup secepatnya keringkan saja dengan lap kering lalu jemur dibawah sinar matahari.
  5. Jika ternyata dimengerti ada air yang masuk, maka sebisa mungkin bongkar casing TV untuk mengetahui bab mana saja yang terkena air dan keringkan dibawah sinar matahari.
  6. Jika anda memiliki vaccuum cleaner maka lebih baik lagi sebab bisa mempercepat proses pengeringan air
  7. Jangan sekali kali menggunakan alat untuk meniup air seperti kompressor atau alat sejenis untuk mengeringkan air di rangkaian yang terkena air karena justru akan menjadikan penyebaran air semakin lebar
  8. Khusus untuk bagian bagian yang memiliki coil lilitan seperti trafo atau deflection yoke tentukan benar benar kering karena air mampu dengan mudah merembet ke bagian dalam coil. Utamanya deflection yoke sebab didalamnya terdapat ruang yang cukup besar untuk air mengendap.

Perlu diingat untuk menjemur seharian TV yang kena air supaya diyakinkan bagian meisn TV benar benar kering. Untuk mempercepat proses pengeringan lebih baik buka casing pada bagian belakang TV.

Tips diatas berlaku juga untuk TV LCD kemasukan air, maupun untuk LED TV cuma saja untuk panel yang sudah benar benar sepenuhnya terkena air mungkin kerusakannya lebih parah. Jika cuma bab modul mainboard atau power supply saja cukup dijemur dengan cara diatas.

Tetapi kalau cuma layar LED kena air tidak sampai masuk ke panel bagian dalam cukup dikeringkan saja dengan lap yang lembut semoga tidak merusak permukaan layar LED. Hal yang serupa juga untuk kasus TV LCD kena air.

Semoga tips TV kena air ini mampu bermanfaat.

0 Response to "Kiat Bila Tv Kena Air"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel