Cara Menyingkir Dari Listrik Statis Dikala Menyolder

Supaya tidak menghancurkan unsur khususnya semikonduktor maka cara menghindari listrik dikala menyolder wajib dimengerti teknisi service, dan saya percaya pasti banyak yang belum mengetahui caranya.

Pengertian Listrik Statis

Sebelumnya kita harus tahu bahwa listrik statis yakni suatu kondisi dimana muatan listrik yang tersimpan di objek tertentu dan bersifat statis atau tidak mengalir serta jikalau terjadi pengosongan muatan maka akan terjadi secara cepat.

Listrik statis tidak begitu berbahaya bagi manusia selain sensasi kejut yang terjadi namun jikalau kebetulan listrik statis tersalurkan ke unsur elektronik yang rentan dengan listrik statis bisa menjadikan kerusakan. Komponen tersebut contohnya mikroprosesor, transistor MOSFET dan yang lain.

Penyebab Listrik Statis

Listrik statis bisa terjadi alasannya adalah adanya ukiran antara 2 benda yang mempunyai muatan nyata dan negatif, listrik statis ini tidak dapat dialirkan ke sebuah rangkaian dan pelepasan listrik statis pun terjadi dalam waktu yang sangat singkat

listrik statis pada gagang pintu
Listrik statis pada gagang pintu

Jika pada tubuh kita terdapat listrik statis dan pada ketika yang serupa sedang memegang unsur mirip transistor tertentu, Mosfet atau IC maka kemungkinan bagian tersebut rusak karena komponen bagian ini sangat sensitif kepada listrik statis, umumdisebut ESD (Electrostatic Discharge), pada unsur semikonduktor pasif mirip dioda zener biasanya tidak berakibat fatal.

Tubuh kita sendiri yakni salah satu penghasil listrik statis yang mampu timbul sebab beberapa sebab contohnya berlangsung di atas karpet.

Listrik statis yang terakumulasi di tubuh kita biasanya akan hilang seiring waktu namun jika pada ketika badan kita terdapat listrik statis dan lalu memegang konduktor seperti gagang pintu logam maka muatan ini akan hilang seketika dengan timbulnya kejutan listrik yang walaupun tidak berbahaya namun sungguh menyebalkan.

Berikut adalah beberapa penyebab munculnya listrik statis :

  • Gesekan dengan kain wol, sutra, polyester
  • Gesekan antara awan dengan awan yang selanjutnya menjadikan petir
  • Gesekan rambut dengan sisir
  • Gesekan antara kulit dengan benda lain atau orang lain
  • Gesekan antara sepatu dengan karpet lantai

Cara termudah untuk menetralisir listrik statis di badan kita ialah dengan menentukan listrik statis tersebut tidak berakumulasi di badan kita yaitu dengan cara menyentuh sesuatu dari logam yang cukup besar mirip misalnya meja kerja dari besi. Lakukan hal ini jika kita sudah cukup usang duduk di kursi.

Gelang Anti Statis

Jika ingin cara yang lebih bisa diandalkan untuk melindungi kita dari listrik statis yakni dengan menggunakan gelang anti statis (Antistatic Wrist Wrap) khusus yang digunakan pada salah satu pergelangan tangan kita. Pada dasarnya fungsi gelang anti statis berfungsi untuk menyamakan muatan listrik pemakai gelang dengan perangkat yang ditempelkan capit buayanya.

Pastikan untuk mengenakan gelang ini dengan akrab supaya tidak timbul kejutan di sela sela gelang tersebut. Yang lebih penting lagi pada bagian belakang gelang anti statis terdapat sedikit bab logam, tentukan logam ini menempel ke kulit anda agar listrik statik yang menumpuk di badan anda akan tersalurkan ke kabel yang tersambung lewat gelang

Lalu ujung lainnya dari gelang anti statis tersebut dipasang ke sebuah capit buaya yang ditempelkan ke perangkat yang sedang anda lakukan dan tentukan tidak mencapitkannya dengan bagian yang terdapat cat.

gelang-antistatik
Gelang anti statis

Walaupun gelang anti statis ini bermanfaat untuk menghilangkan listrik statis pada tubuh namun penggunaanya juga harus sesuai fungsinya. Jangan memakai gelang ini dikala anda melakukan pengecekan / sedang melakukan power supply ataupun monitor.

Solder Anti Statis

solder-anti-listrik-statis

Biasanya jika untuk solder dengan spesialisasi untuk penggunaan unsur sensitif kepada listrik statis / ESD (Electrostatic Discharge) sehingga tidak merusak IC yang rentan terhadap listrik statis. Pada solder ini ditawarkan capit buaya untuk pribadi mengalirkan listrik statis di solder tersebut ke bodi perangkat yang sedang anda kerjakan.

Demikian sedikit artikel tentang cara menyingkir dari terjadinya listrik statis agar mampu bermanfaat bagi pembaca.

0 Response to "Cara Menyingkir Dari Listrik Statis Dikala Menyolder"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel