Tips Cara Merawat Solder Supaya Baka

Tips cara merawat solder agar kekal semestinya dimengerti oleh rekan teknisi sehingga solder sebagai salah satu alat tempur selain untuk mereparasi televisi atau yang lain akan bertahan usang.

Beberapa urusan pada solder yang sering terjadi yakni timah tidak mau melekat, panas tidak merata ke seluruh bab mata solder, mata solder menghitam dan yang lain.

Sebenarnya solusi mudahnya yaitu dengan mengganti saja mata solder tersebut alasannya adalah harganya juga tidak terlalu mahal tetapi kalau sedang dalam keadaan sungguh diperlukan dan solder kita memiliki masalah tentunya akan sangat menghambat pekerjaan bukan ?

mata solder hitam

Nah berikut ini beberapa diantaranya kiat cara merawat solder yang harus dilakukan dan jangan dijalankan supaya solder khususnya mata solder menjadi baka :

Daftar Isi :

Jangan dipakai pada materi Plastik

Seringkali alasannya adalah alasan tertentu ada teknisi yang memakai solder untuk melubangi plastik, membuka packing semoga praktis, melelehkan glue gun atau yang lain.

Hal ini sangat dilarang dilaksanakan alasannya mampu menyebabkan lapisan mata solder menjadi tertutup oleh bekas plastik yang biasanya akan terus menempel seperti coating dan menyebabkan suhu mata solder tidak merata.

Akibatnya kita mesti memutar solder untuk mendapatkan bagian mata solder yang lebih panas. Jika memang mau menggunakan solder untuk melubangi gunakanlah mata solder yang telah tidak terpakai.

Jangan membersihkan mata solder dengan benda keras

Jika kita menggunakan mata solder dengan mutu yang anggun maka mampu tampakadanya lapisan pengeras mengkilap yang melapisi bagian mata untuk menyolder, gunanya ialah untuk memperpanjang mata solder supaya awet.

Nah lapisan ini kalau dibersihkan dengan benda keras seperti gunting, pisau atau lainnya akan mudah hilang sehingga mata solder cepat habis.

Untuk membersihkan mata solder mampu menggunakan kardus bagian dalam yang lazimnya berbentuk ruas ruas dan berbahan lembut.

Jangan dipakai selaku pencongkel

Sudah menjadi kebiasan teknisi kalau ada bagian yang sulit diangkat dikala menyolder umumnya memakai mata solder untuk mencongkel unsur tersebut, hal ini juga dilarang dikerjakan.

Tips cara merawat solder supaya infinit berikutnya adalah gunakanlah alat yang seharusnya contohnya pisau cutter atau pinset. Pelajarilah cara / teknik menyolder yang baik.

Sedikit informasi komplemen, jika mata solder terlihat selalu hitam atau cepat kotor kemungkinan solder terlalu panas, bisa jadi dari tegangan yang masuk ke solder memang terlalu tinggi.

pasta solder lotfett

Bagi yang memiliki duit lebih bisa mencoba berbelanja pasta solder yang memang dikhususkan untuk membersihkan mata solder mirip di artikel perihal pasta solder, penulis mengusulkan brand Lotfet atau Tip Refreshner.

Ada juga yang menggunakan gondorukem (olahan getah pinus) untuk membersihkan mata solder dan banyak juga teknisi yang menggunakannya dibandingkan paste solder.

Jika memang ingin cara yang lebih sederhana bisa juga menggunakan selembar kain yang berbahan katun dibasahi dengan air dan dilipat lipat usahakan tetap lembab. Gunakan lapisan kain lembap yang sudah dilipat ini untuk membersihkan mata solder.

0 Response to "Tips Cara Merawat Solder Supaya Baka"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel