Pengertian Rfid Reader Dan Cara Kerjanya

RFID reader sesuai namanya digunakan untuk membaca data pada RFID tag supaya pengambilan data pada tag mampu dilaksanakan walaupun tanpa eksklusif bersentuhan sebab mempergunakan gelombang radio.

RFID reader digunakan secara bersamaan dengan RFID tag supaya mampu mengantardan mendapatkan data yang ada pada sistem RFID. Jika dikombinasikan dengan software RFID yang tepat, maka perangkat RFID reader bisa mengidentifikasi object dengan lebih singkat dan lebih akurat.

Daftar Isi :

Pengertian RFID Reader

Pengertian RFID reader adalah alat untuk membaca RFID tag yang sering disebut juga interrogator dan ialah perangkat yang penting pada suatu metode RFID. Sama mirip RFID tag, pada RFID reader terdapat 2 jenis yaitu RFID reader pasif dan RFID reader aktif.

RFID reader pasif digunakan untuk membaca data sinyal radio pada RFID tag aktif yang mempunyai arti pada tag nya memancarkan sinyal radio, ciri dari RFID tag aktif ialah terdapat baterai.

RFID Reader Pasif

RFID reader aktif dipakai untuk membaca sinyal radio pada RFID tag jenis pasif yang umumnya berupa kartu atau gantungan kunci (keychain). Ciri dari tag jenis ini yaitu bentuknya lebih kecil alasannya adalah tidak menggunakan baterai.

RFID reader aktif

Sedangkan kalau dari bentuknya, RFID reader terdapat 2 jenis yakni :

  1. Fixed RFID reader yang ditempatkan di satu lokasi tertentu umumnya berbentukdinding, desk, atau pintu portal.
  2. Mobile RFID reader, berupa perangkat portable atau Handheld RFID Reader yang banyak diaplikasikan pada metode inventori, metode penerimaan barang, stok gudang maupun manajemen aset.
jenis RFID reader

Cara Kerja RFID Reader

Pada dasarnya cara kerja RFID reader yaitu dengan menangkap akhir autentikasi berupa sinyal gelombang radio dengan frekuensi UHF yang diantarbalik oleh RFID tag atau RFID label, tetapi pastinya karena terdapat 2 jenis RFID reader maka cara kerja kedua jenis perangkat ini berlainan

Cara Kerja RFID Reader

RFID Reader Aktif : Hanya mampu membaca sinyal dari RFID tag jenis pasif, selain untuk membaca data pada RFID card/ tag, RFID reader ini juga memancarkan sinyal interogator yang menjadi sumber daya bagi RFID tag dengan cara menginduksi antena yang ada pada tag. Karena itulah jarak jangkauan tata cara RFID ini terbatas.

RFID Reader Pasif : Membaca sinyal dari jenis RFID tag aktif yang memiliki baterai, lazimnya jangkauan penerimaan sinyal untuk sistem ini lebih jauh karena sinyal dipancarkan dari RFID tag tersebut.


RFID Reader Arduino

RFID juga sering digunakan pada proyek sederhana arduino dengan banyak sekali macam aplikasi penggunaan misalnya terusan untuk membuka pintu dengan kunci elektronika, menyalakan alat elektronika tertentu, sehingga cuma orang yang mempunyai kartu atau keychain (gantungan kunci) tersebut saja yang bisa menyalakan alat tersebut.

RFID Reader Arduino

RFID reader Arduino yang paling populer dan banyak dijual di marketplace yaitu Module RFID RC522 yang memang dirancang supaya mudah digunakan dan dengan harga yang terjangkau, RFID reader arduino ini mampu dikombinasikan dengan board mikrokontroller Arduino Uno semoga isyarat perintah bisa diupload.

Berikut ini spesifikasi RFID reader arduino RC522 :

  • Frekuensi : 13.56MHz
  • Transfer Rate : Maximum 10Mbit/s
  • Tegangan kerja : 13-26mA/DC 3.3V
  • Interface : Serial Peripheral Interface (SPI)
  • ID tag support : mifare1 S70 MIFARE Ultralight, mifare1 S50, mifare Pro, MIFARE DESFire

RFID Reader USB

RFID Reader USB digunakan pada PC dan dikoneksikan dengan memakai port USB untuk membaca/ mengidentifikasi kartu RFID EM4100 atau tag RFID dengan frekuensi 125KHz (Low Frequency). Biasanya begitu terhubung, RFID card reader ini tidak memerlukan instalasi driver embel-embel (plug and play) alasannya sudah terbaca sebagai device HID keyboard.

RFID Reader USB

Cukup dengan membuka aplikasi text editor seperti notepad atau Excel dan mendekatkan kartu RFID ke RFID reader USB maka nomor ID kartu (UID) akan terinput ke komputer.

0 Response to "Pengertian Rfid Reader Dan Cara Kerjanya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel