Tips Keselamatan Pada Dikala Service Tv

Pekerjaan seperti servis TV ataupun semua perangkat lainnya yang berhubugan dengan listrik pastinya tidak akan terlepas dari kemungkinan adanya kena setrum listrik yang sungguh berbahaya dan fatal hasilnya. Bisa dibayangkan jika contohnya kita terkena listrik dari tudung flyback yang tegangannya bisa berkisar antara 15000 V hingga 25000 V niscaya akan menyebabkan cedera.

Maka dari itu kiat keamanan saat servis TV ini sangat penting mengingat ada bagian bagian tertentu pada TV yang bisa berakibat fatal bila kita mengabaikannya, contohnya tudung katoda tadi yang semua teknisi service pasti tahu tegangannya bisa puluhan ribu Volt.

Listrik yakni sesuatu yang berbahaya dan tentunya jikalau kita masuk rumah sakit gara gara ceroboh mengabaikan keselamatan maka akan percuma uang hasil kerja kita yang mungkin tidak seberapa :(. Pastikan area kerja kita aman baik itu di bengkel markas kita atau di rumah konsumen.

keselamatan-service-tv

Berikut ini beberapa penulis yang dapat share :

  1. Hal yang paling berbahaya perihal listrik yaitu adanya kemungkinan terkena sengatan listrik, bisa berakibat fatal jikalau salah satu bab tubuh misalnya tangan terkena sengatan listrik sedangkan bab tubuh lainnya contohnya kaki menjamah tanah secara langsung. Maka akan susah untuk melepaskan diri dari sengatan listrik tersebut. Perhatikan selalu untuk tidak senantiasa menjamah lantai secara pribadi dan perhatikan juga apakah daerah tersebut lembab. Usahakan selalu untuk melakukan pekerjaan di tempat yang kering
  2. Hati hati kepada adanya kemungkinan luka bakar yang disebabkan percikan api yang termuncul ketika terjadi short circuit
  3. Jika memungkinkan kerjakan pengukuran / troubleshooting ketika unit tidak terhubung ke PLN dengan kata lain unit dalam kondisi mati tetapi pastinya akan susah mendapatkan kerusakan.
  4. Jika perbaikan televisi dilaksanakan di rumah pelanggan, tentukan mendapat ruang yang cukup untuk melakukan reparasi, beri ruang yang cukup untuk persiapan terjadinya sengatan listrik
  5. Jangan pernah meninggalkan peralatan atau kabel terbuka dengan tidak diawasi.
Kabel listrik terbuka

6. Jika ragu untuk penggantian suatu part yang tidak sesuai terlebih tidak mengenali spesifikasinya maka jangan dilakukan kecuali    jika memang sudah mengenali persamaan bagian / alternatifnya.

Jaga selalu keselamatan dikala melakukan pekerjaan 🙂

0 Response to "Tips Keselamatan Pada Dikala Service Tv"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel