Penyebab Mesin Cuci Nyetrum Dan Solusinya

Seorang teknisi listrik wajib tahu nih apa penyebab mesin cuci nyetrum dan solusinya alasannya adalah persoalan ini ada yang paling kerap dialami pengguna mesin basuh, terlebih lagi untuk mesin cuci yang sudah berumur alias telah karatan di bodi nya.

Tetapi tidak menutup kemungkinan untuk mesin basuh yang gres juga mampu nyetrum baik di air nya, tabung maupun di bagian bodi mesin cuci. Sebenarnya sih gigitan gigitan kecil listrik seperti ini tidak berbahaya alasannya tidak pribadi dari instalasi listrik jala PLN.

Daftar Isi :

Penyebab Mesin Cuci Nyetrum

Kenapa mesin basuh nyetrum ? Berdasarkan pengalaman penulis selama bergelut di dunia teknisi ada beberapa hal yang menjadi penyebab mesin basuh nyetrum atau bahkan air mesin cuci nyetrum yaitu diantaranya :

  1. Setiap mesin cuci khususnya yang telah berumur lebih dari 3 tahun keadaan bagian pendukungnya telah tidak maksimal misalnya saja kabel listrik terdapat kebocoran, motor dinamo yang mengakibatkan induksi listrik sehingga mengakibatkan bodi mesin cuci nyetrum ditambah lagi lapisan cat yang sudah mengelupas
  1. Unit mesin basuh lazimnya ditempatkan di kawasan yang lembab dan tidak dilengkapi dengan grounding sehingga sedikit saja ada listrik di bodi mesin akan sungguh terasa sentakannya

Solusi Mesin Cuci Nyetrum

Hampir semua perlengkapan elektronika rumah tangga bekerjsama telah dilengkapi grounding selaku solusi atas urusan diatas, alasannya adalah grounding yang bagus mampu menetralisir induksi listrik yang terjadi pada perangkat elektronik sehingga tidak ada lagi sentakan sentakan listrik ketika digunakan, termasuk juga untuk menetralisir jika rumah terkena petir sehingga pemikiran listriknya tidak hingga menghancurkan perangkat elektronik di rumah.

Tetapi masalah utamanya yaitu pada instalasi listrik di rumah biasanya tidak dilengkapi dengan grounding yang baik, untuk detailnya mampu dilihat di postingan mengetahui listrik fasa, netral dan ground.

Solusi Mesin Cuci Nyetrum

Tidak semua instalasi grounding pada rumahan dipasang dengan semestinya, yakni tukang listrik kemungkinan cuma memasang bagian fasa dan netral saja tanpa grounding nya.

Hal ini kemungkinan disebabkan salah satunya di rumah anda tidak ada koneksi grounding ke tanah/ bumi dimana sebaiknya idealnya ada sambungan eksklusif ke tanah yang lembab supaya grounding bisa optimal mencampakkan listrik dari petir.

Cara Memasang Ground Pada Mesin Cuci

Untuk mensiasati hal ini bisa dengan cara memasang grounding pada mesin basuh, kalau kita lihat ke bab belakang mesin basuh niscaya ada koneksi grounding berbentuktitik koneksi dengan lambang grounding.

Pada mesin cuci satu tabung lebih gampang lagi pemasangannya karena lebih mudah menemukan grounding tanpa perlu membuka casing lagi.

Cara Memasang Ground Pada Mesin Cuci

Sedangkan pada mesin cuci 2 tabung lazimnya body berbahan non logam sehingga umumnya tidak nyetrum saat disentuh, tetapi bagaimana bila air mesin cuci nyetrum ?

Jika penyebabnya yaitu alasannya adalah grounding maka bisa disiasati dengan cara memasang grounding pada bab motor listriknya, misalnya seperti dibawah ini terdapat kabel warna kuning yang ialah grounding.

Memasang grounding pada motor listrik

Kedua kabel ground dari mesin cuci tadi mesti di groudingkan ke tanah. Jika instalasi listrik rumah tidak memiliki koneksi grounding atau telah buruk groundingnya maka mampu diganti dengan paku yang ditancapkan ke tanah atau tembok yang dekat disekitar mesin basuh.

grounding mesin cuci

Jika pemasangan telah benar maka pasti mesin basuh tidak akan nyetrum lagi. Bagaimanapun juga mesin cuci umumnya diposisikan di kawasan yang berair sehingga berbahaya jikalau menggunakannya dengan tanpa alas kaki, tentukan memakai sandal agar setidaknya menghemat kemungkinan terkena sengatan listrik.

Nah demikian postingan kali ini wacana Penyebab kenapa mesin cuci nyetrum agar bisa berfaedah.

0 Response to "Penyebab Mesin Cuci Nyetrum Dan Solusinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel