Cara Mengganti Flyback Rusak

Pergantian unsur atau part pada TV adalah suatu hal yang sudah biasa namun pastinya tidak salah juga jika di artikel kali ini akan share bagaimana cara mengubah flyback rusak karena harus dipertimbangkan juga sebelumnya bila memperoleh ciri flyback rusak harus dilakukan analisa dengan sempurna.

Seperti yang kita tahu harga playback tv ini bisa berkisar 30 ribu – 200 ribuan sehingga ada baiknya ditentukan dahulu apakah benar benar flybacknya yang rusak. Nah supaya lebih percaya sebelum mengubah flyback yang rusak lebih baik mengetahui ciri ciri flyback rusak.

Cara Mengetahui Flyback Rusak

Satu ciri yang biasanya nyaris bisa ditentukan kerusakan dari flyback adalah dengan cara mengukur B+ yang umumnya berkisar 115 – 125 VDC umumnya didapati tegangan drop disertai kerusakan transistor horizontal yang jebol.

Hati hati jikalau transistor horizontal jebol terus maka perlu di seri dengan bohlam 100 Watt semoga tidak boros penggantian transistor power.

Jika sudah bisa dipastikan kerusakan ada pada flyback maka hal berikutnya yakni penggantian dengan flyback yang gres tetapi mesti diusahakan penggantian dengan type yang serupa karena jika kita ubah dengan type flyback yang berbeda sungguh besar kemungkinan penampilan akan berubah.

Bahkan yang lebih parahnya lagi malah mampu menyebabkan kerusakan pada blok lain di TV, lazimnya dikarenakan tegangan yang ada di masing masing pin tidak cocok.

Kenapa tegangan mampu berlawanan padahal susunan kaki telah sama dah bahkan dengan type yang nyaris sama juga ? Umumnya flyback yang dijual di pasaran yaitu bukan dari pabrik aslinya melainkan hasil dari produsen unsur yang memproduksi tiruan untuk flyback dari aneka macam type dan merk.

Hal ini berlaku juga untuk komponen lainnya seperti deflection yoke dll.

Jenis jenis flyback

Jenis jenis flyback

Cara Mengganti Flyback

Tentunya dalam penggantian atau cara melepas flyback TV tidak mampu sembarang pilih agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan alasannya adalah seperti yang kita tahu flyback dan tabung CRT masih bisa menyimpan tegangan sisa sampai waktu yang cukup lama sehingga perlu trik untuk menetralisir tegangan sisa ini.

Berikut cara menghilangkan tegangan sisa pada flyback dengan memakai tang penjepit, capit buaya dan obeng minus. Capit buaya tentukan dihubungkan dengan grounding yang ada di sekeliling tabung CRT ya.

Cara mengganti flyback tv

Gunakan tang lancip untuk membuka cop flyback dan masukkan perlahan obeng minus yang sudah dicapit dengan perlahan ke bab dalam kop flyback, bila memang masih terdapat muatan listrik akan terdengar bunyi seperti letupan kecil, tetapi tidak perlu khawatir sebab ini hanya tegangan sisa maka tidak berbahaya selama dihubungkan ke grounding yang ada di TV.

Cara melepas flyback dari mesin TV kurang lebih mirip berikut ini :

  1. Pastikan power dari PLN sudah ditentukan, lalu cek untuk semua koneksi yang terhubung dengan flyback harus dilepas adalah kop anoda ke tabung, kabel fokus, video, screen, telah terlepas.
  2. Gunakan solder yang panas saat mencairkan timah yang ada di pin flyback alasannya adalah lazimnya timahnya cukup tebal sehingga proses nya butuh kesabaran, mampu juga dipancing dengan timah solder yang baru dikala melepas flyback nya. Jangan lupa juga untuk membuat lebih mudah tentukan gunakan penyedot timah.
  3. Jika semua pin telah disedot timahnya kemudian pisahkan trafo flyback dari mesin TV, hati hati saat memisahkan jangan memaksa jikalau tidak mampu. Perhatikan bila ada sisa timah yang masih melekat ke kaki flyback.

Tegangan heater normalnya yakni 6 Volt, lebih dari itu kemungkinan mampu menghancurkan heater pada CRT TV

Nah bagaimana bila jenis flyback yang harus diganti tidak terdapat di pasaran ? solusi pertama anda mampu mencarinya di artikel data persamaan flyback terlengkap ini, namun pastinya jikalau tidak sama persis dengan semestinya mampu rawan beberapa hal seperti dibawah ini :

  1. Tegangan pada anode berubah
  2. Tampilan gambar raster menjadi berganti bisa menjadi lebih besar ataupun lebih kecil, lazimnya solusinya cukup dengan memodifikasi nilai dari kapasitor resonan yang biasanya letaknya adalah antara pengumpul transistor  horizontal dan ground dengan nilai kapasitansi antara 102 – 502 nF dengan tegangan tentu saja adalah 1600 Volt.
  3. Brigthness pada layar menjadi kurang, penyebab dari hal ini adalah alasannya tegangan heater yang tidak cocok. Hati hati juga jikalau tegangan heater lebih dari 6 volt maka mesti sedikit memodifikasi flyback. Tegangan untuk heater normalnya yakni 6 Volt, bila lebih dari itu maka mampu disiasati dengan memasang resistor seri 2 Watt dengan resistansi mampu diubahsuaikan.
  4. Tampilan OSD / On screen display menjadi tidak wajar atau bahkan hilang, mampu dimodifikasi dengan mengubah nilai resistansi resistor pin mikrokontroller ke H-AFC.

Jika kerusakan cuma sekedar tegangan bocor pada flyback lazimnya lebih mudah ditambal saja walaupun sebisa mungkin untuk mencari penyebab flyback bocor tersebut. Bisa dari kabel flyback maupun dari Kop flyback. Biasanya bisa memakai lem lilin atau sejenisnya.

Semoga postingan perihal mengubah cara penggantian flyback TV ini bisa berfaedah.

0 Response to "Cara Mengganti Flyback Rusak"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel