Cara Service Tv Protek

Para teknisi service pastinya telah terbiasa dengan kerusakan TV bukan ? namun aku yakin cara service TV protek perlu lebih memerlukan ketelitian baik itu untuk Sharp, Polytron, Sanyo dan lain lain. 

Untuk isu saja yang paling sering memakai tata cara protek yakni TV Sharp, sedangkan merk lainnya seperti Polytron, Samsung, LG dll tidak selalu menggunakan protek, bila pun terdapat protek tidak serumit pada brand Sharp.

Ciri kerusakan protek ialah indikator power LED dibagian depan kendali TV menyala normal tetapi saat ditekan tombol ON di remote atau di hidangan program sama sekali tidak respon. Dalam penggunaanya tata cara protek kedalam suatu unit TV lazimnya dipakai unsur diode zener, transistor atau bahkan dioda lazimdengan daya kecil.

kerusakan tv protek

Cara kerja protek sendiri cukup sederhana yaitu dengan cara menghubungsingkatkan atau menshortkan bagian protek sehingga menjadi sinyal masukan untuk IC MICOM dan selanjutnya memerintahkan semua rangkaian untuk menjadi tidak aktif / off. Selanjutnya muncullah indikator mati standby atau bahkan kedip selaku tanda kerusakan protek.

Daftar Isi :

Apa Fungsi Protek pada TV ?

Lalu sesungguhnya apa sih fungsi protek ini pada televisi ? fungsi khususnya bekerjsama ialah untuk meminimalisir kerusakan pada televisi agar tidak menyebar ke blok lain yang ada di TV yaitu dengan cara mematikan fungsi rangkaian yang menyalakan televisi.

Sebenarnya yang diuntungkan disini yakni pelanggan juga alasannya adalah nantinya besar lengan berkuasa ke penggantian part yang diganti tidak merembet ke bab lain. Tetapi yang dipusingkan dengan adanya protek ini ialah teknisi khususnya teknisi service sebab menjadi lebih susah untuk memperoleh titik kerusakan.

Beda lagi bila perbaikan dikerjakan teknisi service resmi brand TV bersangkutan tentu saja akan lebih gampang memperoleh kerusakan alasannya tentunya telah memiliki titik ukur sensor protek yang terperinci diikuti dengan diagram TV tersebut yang tentu saja sungguh menolong pencarian kerusakan.

Cara Service TV Protek

Lalu bagaimana teknik untuk cara memperbaiki Tv protek ? memperbaiki TV dengan kerusakan protek mampu jadi akan sungguh membingungkan teknisi service terutama yang masih anabawang alasannya gejala kerusakan yang ditimbulkan kadang-kadang tidak mempunyai hubungan dengan part atau unsur yang rusak.

Terlebih lagi untuk kerusakan TV Sharp Protek yang memang sudah terkenal rumit metode proteksinya. Dan lagi tidak ada tolok ukur protek antara merk satu dengan yang lain sehingga jalan satu satunya yaitu mencar ilmu dari pengalaman baik langsung maupun share dengan teknisi lainnya.

Namun untuk mampu menolong proses perbaikan ada baiknya mencari skematik dari TV bersangkutan supaya bisa mencari titik pengukuran yang tepat.

Sebenarnya banyak sekali jenis protek yang dipakai dan akan memerlukan penjelasan yang sungguh panjang tetapi secara garis besar dibagi menjadi mirip berikut :

Protek Tegangan

Yaitu proteksi yang hendak aktif dan mematikan fungsi rangkaian bila tegangan untuk blok tertentu pada Tv tidak ada, tegangan yang dimaksud misalnya 5 volt, 8 volt, 9 volt, 33 volt (tuner), 180 volt untuk video drive, tegangan IC vertikal, tegangan ABL, tegangan untuk IC bunyi, dan tegangan untuk heater 0 Volt yang lazimnya disebabkan resistor putus atau flyback rusak.

Contoh TV dengan protek tegangan contohnya Polytron dimana nyaris semua sistem proteksinya adalah dari tegangan vertikal, sehingga bila bab vertikal tidak bekerja maka mampu menimbulkan TV mati terprotek.

Tegangan vertikal hilang ini bisa disebabkan beberapa hal misalnya tegangan hilang untuk IC vertikal, Vertikal out rusak, flyback yang tidak melakukan pekerjaan padahal Vcc untuk vertikal disupply dari Flyback.

Contoh pin protek pada IC TDA 9381

pin protek IC TDA 9381
sumber gambar : marsono tv

Pada jenis protek tegangan yang mesti diperhatikan yaitu umumnya pada pin protek IC mikrokontroller mesti terdapat tegangan jikalau tidak terdapat tegangan maka lazimnya yang harus dicek yaitu dioda zener short yang menjadikan protek aktif.

Protek Data

Yaitu sistem perlindungan yang mau aktif jikalau komunikasi data antar IC tidak berjalan tanpa hambatan, data yang dimaksud disini tentunya yaitu SDA/SCL sehingga pengecekannya mesti dikerjakan untuk IC data yang terhubung dengan SDA SCL contohnya saja tuner, IC EEPROM dll. Bisa juga disebabkan oleh hilangnya tegangan untuk IC EPPROM.

Untuk membedakan kerusakan antara proteksi data dan tegangan umumnya pada proteksi tegangan TV akan eksklusif mati begitu saja sedangkan pada protek data biasanya ditunjukkan dengan indikator LED yang berkedip kedip, banyaknya kedipan umumnya menunjukkan bagian yang rusak sehingga akan memudahkan perbaikan.

Perbaikan TV yang terprotek alasannya kerusakan pada pin SDA SCL biasanya ialah dengan memutus semua koneksi yang tersambung ke SDA SCL sampai didapatkan komponen mana yang mengakibatkan tegangan turun, tegangan normal SDA SCL semestinya berkisar 5 Volt DC.

Seperti yang dikenali pin data tersebut tersambung ke hampir semua bab pada sirkuit TV seperti diagram berikut ini :

Protek TV SDA SCL

Sebagai embel-embel, biasanya pada TV model usang dipakai protek X-Ray alasannya adalah tata cara protek mirip ini yakni yang pertama diterapkan pada TV, cara kerja proteksinya kurang lebih jika tegangan dari flyback tiba tiba naik sehingga terbaca pada sebuah sensor dioda zener dan tegangan anoda tabung gambar menjadi terlalu tinggi maka sirkuit proteksi akan mematikan bab horizontal.

Nah berikut ini ada acuan beberapa pin protek pada jenis IC yang sudah umum ditemui agar bisa menolong perbaikan TV protek :

Pin Protek TV PolytronPolytron chroma TDA8842 – pin no 2Polytron HBT 00-02G – pin no 62Polytron HBM 00-XX  – pin no 16Polytron STV2238  – pin no 61Polytron satu chip STV9302  – pin no 62Polytron MX5203 Minimax STV2286H dengan Program HB-00-11M ada di pin no 16 IC ProgramPin Protek TV LGLG M37272  – pin no 8LG CXP86xx  – pin no 41LG LA76938  – pin no 23Pin Protek TV SamsungSAMSUNG SDA555x  – pin no 36SAMSUNG TDA12120H  – pin no 8 proteksi vertikal, pin no-43 proteksi x-rayPin Protek TV JVCJVC TDA9365 (pin-5)JVC (pin-13) protektor vertikal, (pin-32) x-rayJVC MN1873287 (pin-22) protektor audio power suplyJVC M37212M8 (pin-33) protektor regulator 5v, 9v, 11v (pin-48) protektor x-ray

Pin Protek TV ToshibaToshiba OEC7062 (pin-9)Toshiba OEC7063 (pin-29)Toshiba OEC 7074 (pin-8)Toshiba OEC 7091 (pin-74)TMPA8807CMNG (pin-62)

Pin Protek TV SonyCX1213 – pin no 22TDA8844 – pin no 50 yang di protek R 369 (1M2) / abl , D 501 / xray , D1505 / vertikalTDA8374 – pin no 50 yang di protek R319(1M2) / abl , D591 / xray , D1505 / vertikalTDA8366 – pin no 48 yang di protek R319(1M2) / abl , D591 / xray , D1505 / vertikal

0 Response to "Cara Service Tv Protek"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel