Cara Memperbaiki Tv Led Bergaris Vertikal

Pada postingan kali ini aku akan share bagaimana cara memperbaiki TV LED bergaris vertikal mampu berupa garis berwarna ataupun garis hitam pada layar.

Kerusakan TV LED seperti ini sebetulnya sudah umum pada banyak jenis misalnya tv led samsung bergaris vertikal atau tv lcd sony bravia bergaris tetapi penyebab kerusakan seringkali susah sukar mudah untuk didapatkan, lain halnya dengan kerusakan LED TV mati total yang telah bisa ditebak kerusakan pada bagian power..

Daftar Isi :

Cara Memperbaiki TV LED

Kemungkinan besar kerusakan garis vertikal tersebut menandakan board T-Con tidak bekerja dengan baik, banyak sekali penyebab kerusakan cuma alasannya koneksi kabel flat yang longgar tetapi terkadang mampu juga disebabkan modul board T-Con yang memang telah rusak dan perlu diganti.

Kerusakan TV LED Bergaris Vertikal
Kerusakan TV LED Bergaris Vertikal

Tentunya tidak nyaman juga kan menonton dengan keadaan layar TV terdapat garis vertikal ? berikut ini aku share beberapa kemungkinan kerusakan beserta kiat perbaikan yang bisa dilaksanakan untuk menganalisa kerusakan TV LED bergaris sebelum jadinya dibutuhkan penggantian board T-Con

Penyebab Kerusakan Garis Vertikal Pada TV

Ketika suatu TV LED maupun LCD memperlihatkan kerusakan garis vertikal, kabel flat yang tidak terhubung dengan baik ke board T-Con bisa jadi penyebab kerusakan tersebut, bahkan untuk mengeceknya anda bisa menjajal mengetuk pada bagian belakang TV sebelah bawah mungkin saja garis tersebut hilang alias penampilan TV menjadi wajar .

Jika memang demikian maka bisa ditentukan kerusakan cuma pada kabel longgar saja pada bagian board T-con yang dilingkari di bawah ini.

Penyebab Kerusakan Garis Vertikal Pada TV
Penyebab Kerusakan Garis Vertikal Pada TV
bagian bagian mesin tv lcd led
Bagian bab modul LED TV

Kerusakan TV muncul garis vertikal mirip ini bisa terjadi juga pada Laptop yang umumnya penyebab mulanya ialah pada sekeliling layar laptop sempat tertindih oleh beban yang berat contohnya pada saat dimasukkan kedalam tas depresi oleh buku atau lainnya.

Penyebab lainnya mampu juga alasannya adalah karat yang terjadi pada frame TV yang umumnya berbahan logam, karat ini mampu menjalar ke bab konektor kabel flat menuju T-Con, pada umumnya pada TV LED karat ini lah penyebabnya apalagi jikalau memang keadaan di sekeliling TV termasuk lembab.

Fungsi Board T-Con pada LED TV

Nah sebelum melanjutkan ke tahap perbaikan mungkin ada rekan teknisi yang belum tahu apa fungsi T-Con pada LED TV, Tcon adalah akronim dari timing control, dari artinya saja telah diketahui bukan fungsi modul ini yakni untuk mengontrol timing pembentukan gambar.

Jika di asumsikan dengan TV CRT maka Tcon ini adalah deflection yoke yang berfungsi untuk mendefleksikan gambar menuju vertikal dan horizontal. Nah pada LED TV untuk memunculkan gambar khususnya vertikal yaitu peran dari blok atau board T-Con.

Tcon sering juga disebut Control Board dan berikut dibawah ini ialah blok diagram dari tcon :

blok diagram tcon
Blok diagram tcon

Berikut ini yaitu fungsi T-con pada LED TV yang mampu disebutkan :

  1. Alat kendali yang berfungsi membangkitkan panel LED/ LCD sehingga dapat memunculkan suatu gambar
  2. Sebagai pembangkit pulsa-pulsa Timing Control yang bisa dihasilkan dari IC Scan Driver
  3. Multi Chanel Power supply TFT Panel untuk mensuplai tegangan pada sirkit amplifier pulsa-pulsa source driver dan Gate driver.
  4. Pembangkit Grayscale (gamma)

Bentuk board T-con sangat beraneka ragam tergantung brand Tv tersebut namun yang mampu ditentukan ialah letak posisinya selalu di bab bawah panel LED. Berikut ini beberapa bentuk tcon dari beberapa merk terkenal :

Tcon LED Samsung 32 inch
Tcon LED Samsung 32 inch
Tcon LED Samsung 50 inch
Tcon LED Samsung 50 inch
Tcon TV LED LG 32 Inch
Tcon TV LED LG 32 Inch

Kerusakan yang sering terjadi pada Tcon

Untuk kerusakan layar LED TV bergaris vertikal maka ada beberapa penyebab lazim seperti disampaikan sebelumnya diatas adalah :

  1. Koneksi kabel dari modul Tcon ke panel display tidak terhubung dengan baik. Bisa alasannya adalah konektor flat kabel yang kotor atau memang terdapat kotoran berupa karat atau yang lain. Untuk itu cek dan tentukan koneksi kabel ini alasannya adalah penyebab kerusakan 70% kemungkinan dari koneksi ini
  2. Terdapat tegangan yang hilang pada Tcon, bila kerusakan bergaris vertikal maka kemungkinan tegangan yang tidak sesuai pada Multi Chanel Power supply TFT Panel
  3. Kerusakan yang terjadi pada pembangkit gamma bisa menjadikan gambar timbul blank putih saja
  4. Kerusakan pada IC Scan Driver juga bisa mengakibatkan garis garis pada layar TV LED

Pengukuran Tegangan Tcon TV LED

Seperti lazimuntuk mengevaluasi kerusakan semestinya dilakukan pengukuran tegangan pada board T-con, nah untuk anda yang belum tahu rujukan tegangan untuk blok Tcon berikut ini aku share tegangan yang harus ada pada modul ini :

  1. Tegangan VGH atau Von yang berfungsi untuk mensuplai sirkuit amplifier pulsa-pulsa source driver dan Gate driver : umumnya tegangan sekitar 25 hingga 30v
  2. Tegangan VGL atau Voff : biasanya sekitar minus 7 sampai minus 15v
  3. Tegangan AVdd untuk ic Gamma reference pada modul tcon : biasanya tegangan sekitar 15 sampai 18v.
  4. Tegangan Vdd untuk sirkit digital pada modul tcon : biasanya 3.3v dan 1.8 atau1.2v

Cara Mengganti T-Con LED TV

Jika sudah bisa dipastikan kerusakan board T-Con baik alasannya adalah hasil pengukuran tegangan yang tidak cocok ataupun mungkin hasil pengecekan visual terdapat kerusakan bagian maka bisa dilanjutkan perbaikan dengan cara mengganti T-con LED TV berikut ini langkah langkah nya :

  1. Pastikan keadaan steker sudah dicabut dari stop kontak ke PLN
  2. Untuk mampu mencabut dan memasang modul Tcon posisi layar harus menghadap kebawah, jadi tentukan diberi alas yang tidak merusak panel
  3. Sebelum berbelanja T-Con pengganti tulis dahulu type TV, model TV dan informasi yang lain semoga tidak terjadi kesalahan dalam berbelanja modul tcon. Ada baiknya catat juga nomor model Tcon.
  4. Modul Tcon terhubung dengan kabel LVDS ( Low-voltage differential signaling ) dan kabel Flat ke panel, jadi perlu tambahan hati hati saat melepasnya
cara mengganti t-con
Cara mengganti T-con

0 Response to "Cara Memperbaiki Tv Led Bergaris Vertikal"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel