Penyebab Korsleting Listrik Dan Cara Mencegahnya

Istilah korsleting listrik lebih lazim diucapkan sebagai konslet di masyarakat biasa . Apa itu korslet dan mengapa terjadi? Pembahasan perihal ini akan berlanjut ke bagaimana menangani dan cara pencegahannya. Ketika terjadi korslet, listrik akan padam dan timbul aroma terbakar sampai percikan api.

Banyak kebakaran terjadi alasannya adalah listrik yang diawali oleh terjadinya konslet sehingga merugikan banyak pihak.

Pada bab berikutnya, Anda akan mengenal istilah korsleting atau konslet listrik, sebenarnya perumpamaan yang sempurna ialah kekerabatan pendek atau arus pendek yang dalam bahasa Inggris ialah Short Circuit. Kemungkinan masyarakat kita memakai kata serapan dari bahasa Belanda ialah dari kata kortsluiting.

Mengetahui cara kerja dan penyebab korsleting listrik akan memperbesar citra bagaimana hal tersebut terjadi. Setelah itu, Anda mesti mampu mengatasi dengan efektif serta menerapkan pencegahan yang bagus untuk keamanan instalasi listrik.

Penyebab Korsleting Listrik
Penyebab Korsleting Listrik

Daftar Isi :

Apa itu Korsleting Listrik?

Korsleting listrik secara lazim adalah relasi pendek yang terjadi tiba-tiba dengan perbedaan arus dan tegangan yang signifikan. Beberapa buku mempunyai definisi tersendiri tetapi pada dasarnya tetap sama.

Listrik mengalir pada suatu metode tertutup dengan tahanan listrik yang sangat kecil, ingat makin kecil tahanan maka kian besar arus listrik yang mengalir yang bila tidak segera ditangani akan menjadikan panas yang risikonya mampu menimbulkan kebakaran.

Berikut yakni suatu gambaran sederharna bagaimana proses terjadinya korslet listrik

Proses terjadinya korslet listrik
Proses terjadinya korslet listrik

Perlu kita ketahui, listrik yang stabil memerlukan keseimbangan antara tegangan, arus, dan hambatan. Konslet terjadi karena adanya lonjakan tinggi sehingga tidak sesuai tata cara listrik yang sebaiknya.

Penyebab Korsleting Listrik

Bagaimana cara kerja dan penyebab korsleting listrik? Ketikan ini terjadi Anda akan menyaksikan percikan api dan aroma terbakar. Instalasi listrik di rumah berisikan banyak kabel yang saling bekerjasama dan membentuk sebuah tata cara yang tertutup. Maksudnya yaitu listrik terus berputar dari satu kawasan ke daerah lain dalam tegangan dan arus yang sebanding.

Dalam rangkaian yang terdiri dari kabel besar berisi beberapa kabel kecil terpisah. Masing-masing mengaliri sebuah subsistem. Jika terdapat rangkaian listrik terlepas penghantarnya lalu berjumpa di tengah jalan, terjadi relasi pendek.

Kejadian ini akan mengacaukan seluruh rangkaian instalasi listrik karena seluruh arus listrik akan mengalir dari satu kawat ke yang lain yang terhubung singkat.

Kejadian ini berakibat dua hal yakni kalau terdapat pengaman berbentuksekring/ MCB yang tepat maka listrik akan padam atau akan terjadi panas berlebih pada kabel yang terhubung singkat sehingga memancing timbulnya kebakaran.

Korsleting listrik bisa menimbulkan kebakaran
Korsleting listrik mampu mengakibatkan kebakaran

Berikut ini adalah beberapa aspek penyebab korsleting listrik yang umum pada instalasi listrik rumahan :

  1. Terdapat peralatan listrik yang terjadi hubung singkat bisa sebab rusak atau kemasukan binatang mirip cicak atau tikus—Kabel instalasi telah kropos, sehingga mengelupas atau juga alasannya di gigit tikus dan hewan lain sejenisnya.
  2. Stop kontak atau dudukan lampu yang kemasukan air contohnya alasannya adalah terdapat atap bocor, ingat air juga merupakan konduktor yang bagus untuk listrik.
  3. Kabel instalasi yang telah keropos pada isolatornya sehingga pada saat isolator terlepas dari kabel phasa dan netral akan menjadikan korsleting.
  4. Kabel instalasi listrik yang rusak bisa juga disebabkan oleh gigitan hewan pengerat mirip tikus dan lainnya
  5. Penggunaan kabel listrik yang kecil juga mampu menjadi penyebab terjadinya korsleting alasannya adalah kabel dengan ukuran kecil lebih singkat panas saat dialiri arus yang besar
  6. Instalasi listrik yang tidak persyaratan rentan kepada gangguan kelistrikan salah satunya korsleting listrik

Kebanyakan orang akan menganggap sepele urusan instalasi listrik yang kurang kondusif dan karenanya pada dikala kebakaran alasannya adalah korslet terjadi hanya mampu menyesal, untuk itu ada baiknya meskipun anda orang yang awam sama sekali kepada dunia kelistrikan, minimal mesti tetap mengetahui beberapa kiat menangkal korsleting listrik.

Cara Mengatasi Korsleting Listrik

Bagaimana cara menanggulangi korsleting listrik? Umumnya, instalasi listrik yang ideal senantiasa terdapat sistem keselamatan berbentuksekring. Ini berfaedah pada dikala terjadi lonjakan arus besar sekring tersebut akan pribadi mematikan anutan listrik.

box rumah sekring model lama
Box rumah sekring

Untuk instalasi rumahan dikala ini box sekring jarang dipakai alasannya cukup sulit pada dikala terjadi hubung singkat diharuskan mengubah seutas kabel yang berada didalam sekring sehingga kebanyakan instalasi ketika ini menggunakan MCB selaku pengaman. Lihat juga pada postingan sebelumnya Mengenal MCB dan Arti Kodenya.

Apa ciri korsleting listrik yang paling mudah dikenali ? tentunya anda mengenali MCB yang umumnya terdapat pada kwh-meter di depan rumah anda bukan yang bentuknya seperti dibawah ini

MCB pada kwh meter
MCB pada kwh meter

Pada saat terjadi korslet listrik maka MCB tersebut akan berpindah posisi dari ON ke OFF dan jikalau penyebab korsleting listrik belum ditemukan dan diperbaiki maka meskipun kita coba untuk memindahkan posisi ke ON akan tetap kembali ke OFF, jangan sekali kali memaksakan terus menerus menahan posisi MCB tersebut ke ON alasannya hal tersebut sungguh fatal karenanya.

Untuk langkah awal menangani korslet listrik tentukan MCB masih dalam kondisi OFF lalu kerjakan beberapa pengecekan sederhana dibawah ini

  1. Matikan semua peralatan listrik yang ada di rumah termasuk perlengkapan listrik yang terhubung ke colokan stop kontak contohnya charger HP atau Laptop
  2. Pastikan juga semua saklar lampu dalam kondisi mati

Jika kedua hal diatas telah dilaksanakan coba nyalakan lagi MCB apakah mampu dinyalakan dengan normal ? jika anda percaya semua alat listrik di rumah sudah dimatikan namun ternyata MCB masih tidak mampu dipindahkan ke posisi ON maka bisa ditentukan penyebab korslet dari kabel instalasi listrik.

Jika anda mempunyai sedikit keterampilan kelistrikan mungkin bisa dicoba mendeteksi kabel korslet tersebut tetapi jika sama sekali awam lebih baik memakai jasa kelistrikan untuk pengecekan lebih lanjut.

Pengecekan mampu dilanjutkan ke langkah selanjutnya ialah bila MCB mampu dipindahkan ke posisi ON alias normal tidak balik lagi ke OFF :

  1. Cek kembali dan pastikan kondisi semua peralatan listrik masih dalam kondisi mati
  2. Nyalakan satu per satu peralatan listrik, untuk membuat lebih mudah membedakan penyebab korslet mampu dinyalakan dulu semua saklar lampu di rumah dan perhatikan apakah terjadi korslet sehingga listrik mati atau tidak
  3. Berikutnya jikalau ternyata listrik masih menyala wajar mempunyai arti tidak ada korslet dari lampu, lakukan hal yang sama pada perlengkapan yang menggunakan colokan stop kontak dan cek dinyalakan satu per satu
  4. Jika pada saat menyalakan alat listrik ternyata listrik kembali turun maka disitulah letak korslet nya, cek kembali pada alat listrik tersebut apakah terdapat ciri ciri kerusakan mirip aroma terbakar atau bekas percikan api
gigitan tikus pada kabel listrik
Gigitan tikus pada kabel listrik

Salah satu pola yang sering didapatkan yakni penggunaan charger handphone yang tidak ori. Biasanya pada charger baik handphone atau laptop kualitasnya tidak begitu anggun dan tidak mempunyai pengaman berupa sekring didalamnya

charger hp terbakar
Charger hp terbakar

Pencegahan Korsleting Listrik

Karena akibatnya yang fatal maka untuk persoalan kelistrikan lebih baik menangkal korsleting listrik yang mungkin mampu terjadi sebagai tindakan preventif. Ada beberapa cara mencegah korsleting listrik semoga tidak terjadi dengan beberapa tips dibawah ini

  1. Kabel instalasi listrik mesti menggunakan yang ber tolok ukur SNI tentunya dengan kapasitas yang tepat juga, amati tips lebih lanjut pada artikel Jenis Kabel Listrik, Fungsi dan Harganya.
  2. Untuk kabel instalasi di rumah yang telah usang terpasang harus dikerjakan pengecekan untuk menentukan apakah masih patut dipakai atau tidak. Ingat untuk kabel listrik isolator dari plastik kalau sering dalam kondisi panas bisa menjadi getas.
  3. Batasi beban listrik yang terhubung lewat kabel ekstensi apalagi hingga bertumpuk karena bisa menyebabkan panas berlebih pada terminal dan kabelnya.
  4. Untuk instalasi kabel listrik yang rawan dengan gigitan tikus bisa disertakan paralon khusus kabel instalasi semoga kabel aman dari gigitan tikus
  5. Selalu mengubah unsur listrik misalnya MCB dengan daya yang cocok dan yang penting mesti berstandar SNI
  6. Gunakan alat listrik yang telah terjamin keselamatan dan kualitasnya. Charger palsu misalnya meskipun harga lebih terjangkau tetapi tidak terdapat sekring pengaman.
stop kontak bertumpuk
Penggunaan stop kontak yang tidak kondusif

Ulasan diatas sungguh penting ketika Anda ingin melakukan instalasi listrik baik gres maupun perbaikan yang usang. Selain itu, penggunaan listrik di rumah harus sesuai dengan peruntukannya.

Banyak orang yang tidak acuh ketika kabel kecil menumpuk di satu stop kontak. Akibatnya, korsleting listrik tidak mampu disingkirkan dengan segala kerusakannya.

Nah bagi anda utamanya yang benar benar awam perihal kelistrikan setelah mengetahui beberapa hal diatas tidak serta merta eksklusif percaya diri mencoba memperbaiki korsleting listrik ya karena tentunya tetap mesti ditangani oleh ahlinya untuk menangkal hal yang tidak diinginkan, paling tidak anda mengetahui penyebab dan yang terpenting tidak ketakutan saat terjadi mati listrik alasannya adalah korsleting listrik.

0 Response to "Penyebab Korsleting Listrik Dan Cara Mencegahnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel