Penangkal Petir

Pengertian penangkal petir yaitu suatu perangkat instalasi berbentukkabel penghantar yang fungsinya untuk menyalurkan petir yang menyambar menuju ke tanah atau permukaan bumi tanpa merusak peralatan listrik yang dilewatinya sehingga tidak membahayakan infrastruktur maupun penghuni rumah/ bangunan anti petir dipasang. Lihat juga pengertian penangkal petir menurut Wikipedia.

Berikut ini ialah beberapa imbas sambaran petir yang mesti diwaspadai :

  1. Efek Induksi, menyebabkan peralatan eletronik tidak berfungsi ataupun terjadi kesalahan data
  2. Efek Panas, bisa mengakibatkan kebakaran
  3. Efek Akustrik, menyebabkan gangguan pada sinyal gelombang radio
  4. Efek pada mahkluk hidup mampu menimbulkan ajal apalagi jikalau berbentuksambaran eksklusif

Umumnya bahan konduktor yang direkomendasikan yakni tembaga dan alumunium sebab memiliki resistansi yang rendah sehingga bisa secara optimal menyalurkan pedoman petir yang berbahaya pribadi ke tanah.

Gambar penangkal petir
Anti petir

Kenapa petir dialirkan ke tanah ? pada dasarnya petir terjadi alasannya adalah ada proses ionisasi oleh awan dan ion petir ini mempunyai ion negatif dan semoga tidak berbahaya maka ion bermuatan negatif ini harus dinetralkan agar tidak loncat ke objek sekitarnya yaitu dengan cara mengalirkannya ke ion konkret adalah bumi atau dalam hal ini yaitu tanah / grounding.

penyebab terjadinya petir

Daftar Isi :

Jenis Penangkal Petir

Ada beberapa jenis penangkal petir yang tersedia dalam dunia kelistrikan adalah :

Penangkal Petir Konvensional

Pada type penangkal petir konvensional sesuai dengan namanya ialah jenis yang sederhana dimana penangkal ini bersifat pasif menanti adanya petir yang menyambar.

Ujung penangkal petir pada bab atas seperti dengan ujung tombak yang dimaksudkan agar muatan listrik gampang berkumpul. Bahannya sendiri harus terbuat dari bahan logam anti karat mirip tembaga murni.

Penangkal Petir Konvensional
Penangkal Petir Konvensional

Sedangkan untuk menyalurkan ke tanah (ground rod) digunakan kabel penghantar dengan ukuran penampang sekurang-kurangnya50 mm, untuk menghindari grounding rod berkarat maka umumnya dipakai logam berbahan tembaga yang dilapisi dengan baja.

Supaya bisa mendapatkan pengukuran tahanan dibawah 5 Ohm dengan memakai earth tester grounding, biasanya instalasi dilakukan secara paralel adalah beberapa titik grounding dijadikan satu.

  1. Penangkal Petir Konvensional Farady / Jalur Elektris, pada jenis ini dipasang banyak jalur untuk turunnya kabel penghantar petir sehingga seperti dengan kandang burung
  2. Penangkal Petir Konvensional jalur tunggal, sesuai namanya cuma terdapat 1 jalur penurunan kabel dari antena penangkal petir. Pada jenis ini mampu dilaksanakan penghematan kabel tembaga yang digunakan.

Penangkal Petir Elektrostatis

Penangkal petir Elektrostatis yaitu anti petir yang bersifat aktif adalah cara kerjanya dengan melepaskan ion ke udara yang hendak menarik petir semoga sambaran terfokus ke antena petir elektrostatis. Karena sambaran terkonsentrasi pada satu titik maka area pemberian pun menjadi lebih luas bila ketimbang jenis konvensional.

Penangkal Petir Elektrostatis
Penangkal Petir Elektrostatis

Terdapat beberapa kelebihan anti petir elektrostatis ialah jangkauan area yang terlindungi dari petie lebih luas ialah hingga 150 meter serta tidak diharapkan banyak kabel untuk instalasinya sehingga bisa menekan biaya instalasi anti petir. Terdapat beberapa merk yang umum digunakan ialah Evo Franklin, UFO, GENT.

Penangkal Petir Kurn

Penangkal petir jenis kurn yaitu penangkal petir yang di rancangan agar tercipta medan listrik yang menjadikan perbedaan berpeluang antara awan dengan permukaan tanah sehingga pada saat tertentu pesona menarik muatan terhadap muatan awan akan dikonsentrasikan pada titik sambaran.

Penangkal Petir Kurn
Penangkal Petir Kurn

Pada Kurn terminal juga tercipta medan ion positif yang mempu membentuk sudut perlindungian perlindungan untuk bangunan dibawahnya. Di Indonesia sendiri terdapat produsen anti petir kurn yang memiliki tolok ukur keamanan sambaran petir Internasional sehingga tidak susah untuk memperoleh jenis ini di pasaran.

Fungsi Penangkal Petir

Sebenarnya perumpamaan penangkal petir atau anti petir tidaklah sesuai dikarenakan kesannya benar benar tidak akan terpengaruh oleh sambaran petir atau 100% kondusif kepada petir padahal tidak demikian.

Pada saat petir menyambar maka jutaan volt dan dengan arus puluhan ribu ampere dialirkan ke bangunan gedung sehingga bahu-membahu petir tetap memungkinkan menghancurkan perangkat terutama kelistrikan seperti PABX contohnya.  Banyak aspek yang sungguh mensugesti seberapa parah tingkat kerusakan yang bisa ditimbulkan

Misalnya saja jenis sambaran petir tersebut mampu berbentuksambaran eksklusif ke bangunan kita yang secara kerusakan niscaya akan lebih fatal, yang kedua sambaran tidak pribadi yaitu dikala sambaran petir perihal objek lain disekitar bangunan dan merambat melalui kabel listrik maupun telepon.

Intinya adalah fungsi penangkal petir memang berfungsi selaku pengaman kepada adanya sambaran petir namun tidak menjadikan bangunan kita sepenuhnya kondusif kepada efek yang ditimbulkan, setidaknya akan terhindar dan meminimalkan kerusakan fatal sambaran eksklusif.

tv kena petir
TV rusak kena petir

Gambar diatas merupakan contoh modul TV LCD kena petir.

Bisa dibayangkan kalau cuma sekedar perangkat rumah tangga mirip TV, DVD, PABX dan lainnya yang mengalami kerusakan tidak akan terlalu jadi problem, tetapi jika yang terkena contohnya PC, notebook atau bahkan server pasti bisa jadi runyam alasannya adalah menyangkut data yang pastinya tidak terhitung nilainya.

Prinsip Kerja Penangkal Petir

Penangkal petir hingga saat ini terbukti mampu dipakai sebagai santunan kepada petir yang mungkin menyambar bangunan gedung yang nantinya mampu merambat ke instalasi kabel arus rendah seperti contohnya telepon sehingga menjadikan kerusakan perangkat maupun kebakaran.

Alat untuk menyalurkan petir itu sendiri lazimnya yang dibuat dari bahan tembaga yang memang sangat bersifat konduktif untuk menyalurkan petir ke tanah atau grounding. Dikarenakan unit ini dipasang untuk menghalangi petir maka umumnya instalasinya sendiri dipasang diatap bangunan.

Dibawah ini yaitu contoh gambar cara kerja penangkal petir, khususnya penangkal petir untuk rumah :

cara kerja penangkal petir
Cara Kerja Penangkal Petir

Bagian bagian Penangkal Petir

Alat penangkal petir ini terdiri dari 3 bab berikut berserta fungsi nya :

Antena penangkal petir

Biasanya yang dibuat dari logam tembaga yang dipasang pada puncak bangunan dan umumnya berbentuk lancip alasannya lebih efektif melepaskan muatan yang dikandungnya, yakni muatan dari tanah /bumi.

Antena penangkal petir

Kabel penangkal petir

untuk menyalurkan sambaran petir umumnya ialah kawat tembaga. Tembaga dipilih sebab ialah penghantar yang sangat bagus dibandingkan jenis logam lainnya. Diameter kawat yang digunakan lazimnya adalah dengan diameter 1 – 2 cm.

Lebih besar pastinya lebih bagus lagi alasannya adalah mampu menghantarkan arus yang lebih besar dan sangat berpengaruh terhadap kendala/ resistansi yang dihasilkan.

Seperti dilihat pada gambar cara kerja penangkal petir, kabel ini lazimnya dipasang pada bab luar bangunan. Lebih jelas untuk jenis kabel listrik BC bisa dilihat di artikel jenis kabel listrik.

kabel penangkal petir

Batang pembumian/ grounding

Fungsinya yakni untuk membuang semua muatan listrik petir dari kabel BC ke batang pembumian yang biasanya adalah materi tembaga murni dengan panjang berkisar 1.5 – 3 meter dan ditanam dalam tanah. Penentuan lokasi penempatan batang grounding ini lazimnya pada bagian tanah yang lembab, misalnya akrab terusan air.

batang tembaga anti petir

Harga Penangkal Petir

Tentunya untuk memasang anti petir ini tidak asal-asalan orang tahu cara menciptakan penangkal petir sebab harus dijalankan oleh orang yang sudah profesional di bidangnya dan pastikan jika akan menyewa jasa ialah perusahaan atau CV yang mempunyai legalitas sehingga keselamatan dikala proses instalasi juga pastinya diutamakan.

Harga penangkal petir itu sendiri sangatlah beraneka ragam karena tergantung seberapa kompleks bangunan yang mau dipasang penangkal petir tersebut, untuk harga penangkal petir rumah ongkosnya mungkin cuma berkisar 2-3 jutaan saja.

Sedangkan untuk bangunan gedung mirip perusahaan mampu mencapai puluhan hingga ratusan juta tergantung seberapa kompleks penangkal yang dibentuk, tetapi pastinya harga ini sangatlah sepadan dengan keamanan infrastruktur sebuah perusahaan.

0 Response to "Penangkal Petir"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel