Pemahaman Avometer Dan Fungsinya

Pengertian AVOmeter ialah sebuah alat ukur listrik multifungsi yang bisa digunakan untuk mengukur arus listrik, tegangan dan resistansi baik bagian elektronik atau lainnya. AVOmeter sendiri umumdisebut multimeter atau juga multitester, itu dikarenakan fungsinya yang memang berisikan gabungan 3 alat ukur yang berbeda.

Alat ukur yang satu ini mampu dibilang ialah salah satu peralatan yang wajib ada baik bagi teknisi service, teknisi elektronika maupun kelistrikan. Tanpa adanya alat ukur bisa disa ditentukan teknisi tidak mampu melaksanakan aktifitasnya dengan baik.

Daftar Isi :

Pengertian AVOmeter

Kenapa alat ukur ini disebut dengan AVOmeter ? sesungguhnya AVO itu sendiri merupakan akronim dari Ampere (arus listrik), Volt (tegangan listrik) baik AC maupun DC dan Ohm (resistansi/ hambatan). Kebanyakan multimeter baik yang analog maupun yang manual umumnya terdapat knob atau selektor untuk memilih jenis alat ukur sekaligus range pengukurannya.

Berikut ini ialah gambar dari AVOmeter :

Pengertian AVOmeter

Jenis AVOmeter / Multitester

AVOmeter pada ketika pertama diciptakan hanya terdapat jenis analog tetapi seiring berkembangnya teknologi digital maka kian banyak juga digunakan type digital, secara fungsi bekerjsama tidak ada perbedaan sama sekali alasannya adalah sama sama mampu mengukur arus tegangan dan listrik yang membedakan cuma tampilan pembacaannya saja. Berikut pemahaman AVOmeter analog dan digital :

AVOMETER Analog

AVOmeter analog menggunakan display range dengan suatu jarum selaku penunjuk hasil pengukurannya sehingga diperlukan sedikit pemahaman dalam pembacaan yang ditampilkan.

Keunggulan : Sangat baik digunakan untuk pengukuran sinyal yang bersifat fluktuatif dimana pada type digital sinyal fluktuatif lebih sukar untuk diukur, harga lebih terjangkau, bisa dipakai meskipun tanpa baterai

Kelemahan : Diperlukan kecermatan ketika pembacaan alat ukur, dibutuhkan kalibrasi penugasan jarum.

AVOmeter Digital

Sedangkan pada AVOmeter digital menggunakan display dalam memperlihatkan pembacaan alat ukurnya yang menjadikannya lebih praktis dan pastinya lebih akurat karena bahkan mampu menampilkan angka di belakang koma. Umumnya terdapat 4 digit yang ditampilkan mirip pada contoh gambar diatas.

Keunggulan : Pembacaan yang lebih akurat, penggunaan lebih mudah, biasanya telah dilengkapi dengan auto polaritas sehingga tidak persoalan bila salah terminal probe (+) dan (-)

Kelemahan : Diperlukan supply dari baterai sehingga jikalau baterai sudah habis maka tidak mampu dipakai sama sekali atau bahkan angka pengukuran yang ditampilkan menjadi tidak akurat.

AVOmeter Digital atau Analog ?

Jadi lebih baik AVOmeter digital atau analog ? dengan keunggulan dan kekurangan yang disampaikan diatas pastinya dikembalikan ke penggunanya namun sekedar share pengalaman saja, untuk penggunaan teknisi service pada umumnya memakai type analog alasannya adalah tidak jarang mesti mengukur sinyal listrik yang sifatnya fluktuatif. Pada AVOmeter digital akan sangat sulit untuk bisa membaca sinyal fluktuatif tersebut.

Pertimbangan lainnya mungkin yaitu daya tahan AVOmeter, umumnya umur dari AVOmeter analog lebih awet dibandingkan dengan type digital, walaupun tentunya kembali ke mutu / brand dari alat ukur itu sendiri.

Bagian Bagian AVOmeter

Tentunya dalam penggunaan semua alat ukur mesti dikenali setiap bagian dan fungsi masing masing bagian semoga bisa dipakai dengan tepat, berikut dibawah ini yakni bab dari avometer, sebagai contoh dipakai type analog

bagian bagian avometer

Fungsi AVOmeter

Karena memang ialah campuran dari 3 alat ukur yang berlawanan maka fungsi avometer sungguh banyak, berikut ini adalah beberapa diantaranya :

  • Mengukur tegangan listrik AC (PLN)
  • Mengukur tegangan listrik DC (baterai, aki dll..)
  • Mengukur arus listrik DC, pada avometer analog biasanya arus maksimal yang diukur cukup kecil sekitar 250mA sedangkan pada type digital bisa sampai 10A
  • Mengukur konektivitas suatu kabel / konektor
  • Mengukur baik tidaknya sebuah transistor
  • Mengukur resistansi resistor
  • Mengukur kapasitor

Pada beberapa avometer tertentu juga ada yang disediakan selektor khusus untuk pengukuran tegangan baterai sehingga mampu terlihat apakah baterai masih dalam keadaan patut pakai atau sudah mesti diganti seperti misalnya pada avometer analog dibawah terdapat penugasan bad / good :

avometer penunjuk baterai

Ada juga yang selektor nya terdapat juga continuity check yang fungsinya untuk mengukur manis tidak tidaknya koneksi rangkaian lazimnya ditandai dengan buzzer serta dilengkapi juga dengan terminal khusus untuk pengukuran transistor :

avometer pengukur transistor

Harga avometer saat ini umumnya sungguh terjangkau alasannya adalah pilihannya semakin banyak tetapi pastinya sebelum menetapkan membeli jenis dan fitur apa yang diperlukan wajib dikenali dahulu peruntukkannya. Misalnya saja bila untuk kebutuhan service atau hobbi saja maka avometer analog niscaya sudah mencukupi.

Namun untuk keperluan industri atau contohnya lab pastinya harus menggunakan avometer digital yang akurasi penugasan pengukuran lebih akurat.

0 Response to "Pemahaman Avometer Dan Fungsinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel