Mengenal Timer Defrost Pada Kulkas

Pada postingan kali ini aku coba share mengenal timer defrost kulkas, sesuai namanya salah satu part atau alat pada kulkas ini intinya adalah suatu timer yang timing nya sudah diputuskan untuk bisa mengendalikan kerja kompresor kulkas serta proses pada bab evaporator yang berfungsi untuk mencairkan es yang menggumpal atau umumdisebut defrost.

timer defrost kulkas

Perlu diketahui timer defrost ini cuma terdapat pada kulkas 2 pintu saja, sedangkan pada kulkas satu pintu proses defrost dijalankan manual dengan knop yang sudah disediakan biasanya erat dengan freezer, lazimnya disebut juga nofrost.

Fungsi Timer Defrost

Fungsi timer defrost pada kulkas 2 pintu atau lebih sangatlah penting alasannya adalah berfungsi untuk menangkal penebalan es di bab freezer sehingga timer ini memang berfungsi selaku pengatur kerja kompresor untuk proses pendinginan dan proses kerja pencairan bunga es dengan cara mengaktifkan heater atau penghangat hingga ketebalan es telah menyusut, sehingga tegangan yang tadinya dipakai untuk menggerakkan kompressor diubah dialihkan oleh timer ke heater.

Untuk lebih jelasnya untuk bagan rangkaian kulkas salah satunya seperti teladan dibawah ini :

skema rangkaian kulkas

Proses timer untuk pencairan bunga es ini mempunyai seting timer kulkas yang tetap adalah sekitar 6-7 jam. Jika timer kulkas 2 pintu rusak maka kompresor akan terus menyala untuk proses pendinginan dan pada kesudahannya akan terjadi ngeblok es, jika yang rusak ialah untuk proses pendinginan maka kulkas juga tidak akan bisa hambar.

timer defrost samsung

Untuk mendeteksi apakah suatu timer kulkas sudah rusak maka perlu dicek dengan multimeter untuk timer jenis 1-3 diukur di pin 1 dan3, timer jenis 1-4 dikuru di pin 1-4.

Jika jarum bergerak maka bisa dilanjutkan dengan menghubungkan pin tadi sesuai jenis ke tegangan listrik 220 V PLN sebaiknya gear atau roda gigi bisa terlihat berputar atau tidak.

Kebanyakan kerusakan timer kulkas yang rusak yakni di roda giginya yang mungkin sudah aus atau patah salah satu giginya sehingga timing siklus proses pendinginan dan proses defrost menjadi tidak tepat

0 Response to "Mengenal Timer Defrost Pada Kulkas"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel