Apa Itu Busbar Pada Panel Listrik ?

Bagi orang awam tentunya aneh dengan perumpamaan busbar, namun bagi orang teknik utamanya kelistrikan setidaknya tahu apa itu busbar atau paling tidak pernah mendengar namanya.

Pengertian Busbar

Pengertian busbar adalah susunan konduktor yang umumnya berbentukpelat tembaga atau alumunium yang digunakan dalam suatu panel kelistrikan untuk mendistribusikan atau menghantarkan energi listrik sesuai keperluan, tentunya terdapat masukkan dan juga keluaran dari panel listrik.

Bentuk burbar lazimnya memiliki bentuk seperti pelat atau penampang tembaga persegi panjang ataupun juga berbentuk tabung dengan ukuran yang cukup tebal untuk bisa menghantarkan arus sangat besar. Busbar dengan materi logam alumunium memiliki kelebihan diantaranya :

  1. Konduktivitas yang tinggi
  2. Biaya yang lebih rendah
  3. Ketahanan kepada korosi yang sangat bagus
apa itu busbar

Gambar Busbar tembaga

Ada berbagai macam pengaturan busbar yang bergantung kepada faktor kebutuhan instalasi, tegangan voltase tata cara power listrik, posisi gardu dan pastinya aspek biaya. Berikut ini adalah beberapa faktor yang wajib untuk dipertimbangkan dalam instalasi busbar :

  1. Pengaturan busbar mesti dibuat sederhana dan pastinya mudah dalam pemeliharaan
  2. Harus diamati kebutuhan akan ekspansi daya kedepannya
  3. Instalasi dibuat se ekonomis mungkin dengan tetap mengamati kapasitas dari panel power gardu listrik
  4. Terdapat alternatif pengaturan selaku antisipasi terjadinya pemadaman
  5. Harus diamati maksimum kapasitas arus yang akan dilewati

Kenapa Menggunakan Busbar ?

Alasan menggunakan busbar yaitu untuk memudahkan instalasi maupun perubahan, sebetulnya mampu juga menggunakan kabel ukuran besar tetapi tentunya sangat menyibukkan untuk digunakan dalam panel alasannya adalah kabel memiliki lapisan isolator yang cukup tebal.

Selain itu plat busbar juga lebih efektif dalam mengantisipasi panas berlebih sebab arus yang dilewati cukup besar.

penggunaan busbar panel listrik

Bisa dibayangkan kalau ternyata diharapkan power listrik baru sedangkan dalam panel listrik menggunakan instalasi kabel seluruhnya, pastinya akan sungguh menyusahkan.

Jika menggunakan busbar maka cuma tinggal menghubungkan dengan terminal yang telah ditawarkan biasanya berbentukskrup logam mirip gambar dibawah

koneksi busbar
Bentuk Busbar Tembaga

0 Response to "Apa Itu Busbar Pada Panel Listrik ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel