Cara Service Kerusakan Tv Garis Blanking Putih Diatas Layar

Kerusakan TV timbul garis blanking putih di atas layar umum terjadi pada televisi jenis CRT atau tabung apalagi kalau telah berumur dan tentu saja untuk teknisi yang sudah berpengalaman telah tidak perlu lagi melaksanakan pengecekan blok mana yang rusak karena nyaris bisa ditentukan penyebabnya itu itu saja.

Tapi bagi pemula atau bagi teknisi yang belum pernah menanggulangi masalah seperti ini mampu jadi menemukan kesusahan dalam penyelesaian kerusakan gambar garis mirip ini.

Gangguan berupa hadirnya garis miring diatas maupun dibawah layar TV sering dinamakan blanking dan akan nampak lebih terperinci performa kerusakannya jika di test penampilan AV/ audio video. Kerusakan TV yang dibahas disini bukan kerusakan garis vertikal ya.

Apa penyebab kerusakan tv dengan tanda-tanda mirip ini ?

Kerusakan TV Garis Blanking Putih Diatas Layar

Sebenarnya penyebab layar tv bergaris bagian atas mampu dari beberapa hal namun yang paling banyak terjadi ialah kapasitor / kondensator atau elco pada blok vertikal utamanya pada blok pump-up sudah berubah kapasitansinya alias telah kering sehingga kerja rangkaian vertikal menjadi tidak maksimal.

Untuk membuat lebih mudah pencarian unsur elektrolit ini lazimnya nilai kapasitor berkisar antara 10o uF – 220 uF dengan range tegangan 35 – 50 volt, berikut ini posisi elko jikalau di rangkaian :

rangkaian vertikal pump up

Lalu bagaimana ciri elko kering pada mesin TV ? secara fisik sungguh susah dibedakan alasannya adalah pada beberapa elko ada yang menjadi menggembung pada bagian cap tutup atas elko atau bahkan tidak memberikan sama sekali kerusakan fisik

ciri elko yang kering

Ciri Elko yang kering

Namun kalau akan dicoba diukur dengan melepas komponen elco kemudian pengukuran memakai multimeter lazimnya ketika di test jarum multitester akan bergerak apalagi dulu kekanan dan kembali lagi kekiri setelah itu berhenti di tengah jalan, normalnya ialah kembali lagi ke kiri dan tidak bergerak lagi.

Ingin cara pengukuran yang lebih simpel dan lebih valid ? maka mampu coba juga menggunakan ESR meter yang sebelumnya telah pernah dibahas.

Penyebab lainnya yakni

Penggantian dengan Mesin TV China

Kenapa penggantian dengan mesin TV china mampu berakibat muncul garis putih di atas layar ? tabung CRT pada TV konvensional pastinya sudah disetting dengan masing masing mesin TV bawaan pabrik biar tampilan gambar sesuai, sehingga bila satu mesin diganti memang kemungkinan besar timbul gejala mirip garis diatas layar.

Solusi gampangnya umumnya dengan cara masuk ke hidangan factory mode atau coba baca di postingan cara masuk kode remote TV lalu rubah setting pada bagian V. Lin, V.Center dan V.SC.

Tapi jikalau sesudah disetting tidak memperoleh juga settingan yang pas maka mampu juga dengan mengganti nilai elko dan resistor pada bagian vertikal out blok rangkaian vertikal, kedua komponen ini akan mensugesti nilai impedansi output vertikal :

cara mengganti elko vertikal

Cara mengubahnya adalah :

  • Untuk kapasitor Elko ganti dengan kapasitas lebih besar, misal kapasitas asli sebesar 1000 uF, maka gunakan ukuran 2200 uF untuk tegangan nya menyesuaikan.
  • Untuk resistor ganti dengan yang resistansi lebih kecil, misal aslinya 1 0hm 2 watt, maka gunakan yang berukuran 0.68 – 0.82 ohm dengan daya watt yang serupa.

Penggantian Defleksi Yoke yang tidak cocok

Penggantian defleksi yoke dengan model / type yang tidak sesuai memang mampu berakibat berubahnya penampilan gambar, hal ini disebabkan impedansi lilitan defleksi yoke tidak cocok sehingga gambar yang ditampilkan tidak sempurna.

Biasanya dengan penyebab yang seperti ini cukup dengan setting di menu factory mode telah cukup. Jika masih belum sesuai juga bisa dengan menyertakan resistor di coil defleksi yoke dengan resistansi sekitar 330 Ohm – 470 Ohm 2 Watt.

0 Response to "Cara Service Kerusakan Tv Garis Blanking Putih Diatas Layar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel