Cara Service Led Tv Tidak Ada Gambar

Di postingan kali ini kita akan membicarakan cara servis TV LED tidak ada gambar karena kerusakan ini mampu terjadi di semua merk TV LED dan merupakan kerusakan yang umum terjadi pada versi TV ini. Nah seperti umumsebelum melanjutkan ke troubleshooting saya share dahulu bagaimana konstruksi sebuah layar LED TV itu ?

Saya tidak akan menawarkan blok diagram sebab sebelumnya telah pernah di share juga di artikel cara service LED TV mati total. Contoh kerusakan yang terjadi yakni tidak ada gambar yang tampil sama sekali pada layar TV sedangkan bunyi normal.

Baca juga : Cara Memperbaiki Lampu LED Mati

Berikut dibawah ini adalah konstruksi / bab bagian penyusun suatu layar LED TV dimana sebagai backlight pencahayaan utamanya adalah komponen lampu LED (lightemitting diode) yang disusun sedemikian rupa di balik layar sehingga cahaya lampu bisa menyebar ke seluruh bab layar.

cara kerja lampu led tv

Karena gejala kerusakan memang pada bab gambar maka bisa dipastikan komponen yang rusak di blok yang bekerjasama dengan display.

Cara Kerja LED driver

Pada TV LED tidak begitu saja backlight diberikan tegangan, namun terdapat circuit driver untuk mengendalikan kerja backlight led ini. Oleh alasannya adalah itu kalau terjadi kerusakan yang pertama dicek adalah bab driver nya dulu yang berisikan 2 blok dibawah ini :

  • DC-DC Converter (Buck Boost Inverter)
  • FET Led-Driver

Cara kerjanya ialah sebagai berikut :

  • Pertama tama  modul display diberi tegangan supply sbeesar 24 Vdc dari blok power supply
  • Bagian Buck Boost Inverter mengoptimalkan tegangan DC menjadi lebih tinggi semoga mampu menyalakan kumpulan LED, tegangan nya berkisar 135 Volt.
  • Biasanya lampu LED disusun menjadi 4 baris yang berisikan beberapa lampu LED sehingga terdapat 4 rentengan lampu LED yang tersambung ke tegangan 24 Volt DC kutub positif (+).
  • Pin negatif (-) barisan lampu LED dilewatkan dahulu ke rangkaian FET driver yang fungsinya adalah untuk menertibkan pencahayaan lampu, di blok driver ini juga terdapat 4 driver FET.

Pengecekan Lampu LED Backlight

Nah kalau telah bisa ditentukan tidak ada kerusakan pada blok converter dan driver yang disebutkan diatas maka kemungkinan besar kerusakan pada lampu LED nya.

Perlu diketahui juga LED disusun selaku rangkaian seri sehingga kalau salah satu saja LED mati maka yang lainnya juga tidak akan mampu menyala, sebagai informasi saja jarang terjadi kerusakan pada 2 LED atau lebih dalam satu baris LED.

Baca juga : Rangkaian Seri dan Paralel

Pada beberapa versi TV ada juga yang gejala kerusakan nya menjadi shutdown, mirip mirip protek pada TV konvensional, meskipun kerusakannya hanya alasannya 1 LED saja.

Bagaimana cara memilih LED yang mati ? sebagaimana biasanya lampu led biasa yang karakteristiknya sama dengan dioda maka pengukurannya pun sama mirip mengukur dioda adalah selector multimeter pada Ohm meter atau pada mode pengukuran dioda.

Jika diukur bolak balik hanya satu arah saja jarum multimeter mampu bergerak.

LED backlight mati

Namun perlu dimengerti ya untuk mampu mengukur tiap LED maka mesti membuka casing dan semua lapisan filter layar yang jumlahnya lumayan banyak, oleh karena itu pastikan sebelum membuka casing semoga diusahakan kawasan reparasi sebersih mungkin.

Pada dikala membuka casing TV tentukan juga koneksi TCON dibuka dengan ekstra hati hati karena kabel nya cukup tipis dan kalau terjadi kerusakan mampu fatal

kabel TCON LED TV

Jika rangkaian strip LED backlight TV sudah kelihatan coba test LED dengan cara mengukur dengan multimeter atau bisa juga dengan menunjukkan tegangan untuk mengetahui lampu mana saja yang mati.

Pengalaman aku untuk LED dengan tegangan 3 Volt biasanya diberi tegangan 3 vdc pun sudah cukup, bahkan ada juga yang cuma dengan AVO meter selector di x1 Ohm lampu sudah bisa menyala misalnya seperti dibawah ini :

cara ukur led tv backlight

Pengetesan lampu LED backlight LED TV

Pada bab strip LED nya biasanya sudah ada titik pengukuran, hati hati jangan hingga + dan – terbalik. Jika memang terjadi kerusakan maka mesti diganti lampunya, jika kerusakan hanya 1 atau 2 lampu maka bisa diganti dengan LED yang ada di pasaran meskipun untuk membuka LED yang lama butuh keteguhan sebab tidak mengecewakan sukar untuk mengubahnya

Selain itu perhatikan juga ada yang bentuknya bulat seperti lensa, yang fungsinya ialah pembias cahaya lampu semoga menyebar. Lepas lensa pembias tersebut sebelum bisa mengganti lampu LED yang rusak.

ganti lampu led tv

Cara yang lebih gampang dan juga yang diusulkan kalau kerusakan lampu lumayan banyak yakni dengan mengganti LED strip satu baris, tapi sebelum memilih cara ini sebelum membongkar LED strip semestinya tentukan dulu klo part LED strip nya dipastikan ada dipasaran ya

penggantian LED strip backlight

Setelah diganti dicek lagi semua LED pastikan telah menyala biar tidak bongkar pasang lagi

rangkaian lampu led tv

Selain kemungkinan backlight yang mati, ada beberapa juga kerusakan yang mampu menciptakan TV mati / tidak ada gambar karena protek diantaranya :

  • Tegangan backlight dari FET driver over sehingga menimbulkan short
  • Tegangan OVP / stepup DC-DC over
  • Protek alasannya arus FET DC step-up over

Demikian postingan tips service TV LED ini biar mampu berfaedah.

0 Response to "Cara Service Led Tv Tidak Ada Gambar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel