Cara Menciptakan Rangkaian Seri

Kali ini aku akan share bagaimana cara membuat rangkaian seri pada circuit listrik dan elektro, selaku info saja bahwa wawasan menciptakan rangkaian listrik ini ialah wajib untuk diketahui utamanya oleh para teknisi baik itu listrik maupun elektronik.

Kenapa ? alasannya adalah ialah merupakan ilmu dasar listrik untuk bagaimana cara menghubungkan antara satu dan beberapa unsur listrik yang lain. Pada postingan sebelumnya pernah di share juga bagaimana cara menciptakan rangkaian paralel secara gampang dengan bagian listrik sederhana.

Tapi bagi yang memang sama sekali belum mengenali bisa dilihat di postingan dasar pemahaman rangkaian seri dan paralel beserta kelebihan dan kekurangan masing masing serta contoh penerapan di aktifitas sehari hari.

Daftar Isi :

Pengertian Rangkaian Seri

Pengertian rangkaian seri itu sendiri yakni teknik menghubungkan atau menyambungkan antara beberapa unsur listrik dengan disusun secara berurutan tiap ujung kaki unsur masing masing sehingga sambung menyambung antar kaki komponen yang ada hingga akibatnya kedua ujung dihubungkan dengan sumber listrik yang ada.

Berikut yakni contoh rangkaian dasar seri pada rangkaian yang berisikan 2 lampu, saklar dan suatu baterai :

rangkaian dasar seri 2 lampu

Pada rangkaian seri kalau kita ukur arus pada semua titik beban yang ada maka akan sama adalah I1 = I2 = I3 sedangkan tegangan akan berlawanan pada tiap lampu.

Berikut ini ialah beberapa kelebihan rangkaian seri :

  1. Dari segi ongkos instalasi menjadi lebih rendah alasannya adalah tidak memerlukan banyak kabel untuk proses instalasinya. Masing masing komponen listrik disambungkan secara berderet dari masing masing ujung kaki komponen
  2. Proses instalasi lebih singkat dibandingkan hubungan paralel
  3. Pemakaian daya lebih rendah alasannya adalah kekerabatan antar unsur dibentuk secara seri yang alhasil akan menambah resistansi rangkaian sehingga pemakaian arus listrik lebih rendah.
  4. Jika terjadi kesalahan pada rangkaian listrik seri akan lebih singkat memperoleh penyebabnya

Namun dibalik kelebihan diatas ada yang menarik juga dari rangkaian listrik seri ini yakni arus antara satu komponen dan unsur yang lain akan sama besar sedangkan tegangan akan terbagi dimasing masing bagian yang artinya tegangan di tiap tiap bagian listrik akan berlawanan. 

Jika diaplikasikan ke rangkaian listrik maka nyala / terperinci lampu akan berlainan sehingga aplikasi listrik secara seri

Itulah kekurangan rangkaian seri sehingga tidak cocok jika digunakan di instalasi listrik rumahan karena mirip yang kita ketahui semua perangkat listrik rumah mempunyai tegangan kerja rata rata 220 Volt, jika dipaksakan dengan rangkaian seri maka kinerja alat listrik tersebut tidak akan optimal bahkan bisa merusak.

Untuk lebih jelasnya bisa dilihat di rumus rangkaian listrik secara seri dibawah ini

rumus rangkaian seri

Cara Membuat Rangkaian Seri

Setelah mengetahui dasar teori rangkaian listrik seri berikutnya kita coba untuk cara menciptakan rangkaian seri lampu led sederhana

  • Persiapkan 2 buah baterai kecil dengan tegangan 1.5 Volt
  • Sebagai beban yang mau digunakan bisa menyediakan lampu bohlam kecil yang umum dipakai untuk senter, atau bisa memakai lampu LED
  • Persiapkan juga kabel kecil untuk menghubungkan antar lampu dengan baterai
  • Sebagai kontrol rangkaian mampu juga menggunakan saklar kecil

Rakit suatu rangkaian seri 3 lampu seperti dibawah ini

rangkaian seri 3 lampu

Seperti bisa kita lihat nyala lampu tidak begitu jelas sebab tegangan pada masing masing bohlam lampu terbagi rata sesuai dengan sumber tegangan dari baterai. Untuk menunjukan hal tersebut berikut ditambahkan multimeter untuk mengukur tegangan di kedua lampu yang berada di ujung ujungnya

pengukuran tegangan rangkaian seri

Tegangan pada lampu cuma sekitar 1 volt saja padahal baterai yang dipakai dengan tegangan 1.5 Volt disusun secara seri sehingga total sumber tegangan listrik ialah 3 Volt DC sehingga mirip dikatakan di awal bahwa susunan rangkaian listrik secara seri tidak cocok digunakan untuk instalasi listrik rumah alasannya selain akan merusak barang elektro juga alat elektronik tidak bekerja dengan wajar .

Rangkaian Seri Pada Resistor

Biasanya rangkaian seri dimanfaatkan di circuit elektronika mirip pada blok mesin TV untuk menghubungkan beberapa bagian dengan tujuan untuk memperbesar kapasitas unsur tersebut. Misalnya saja jika sebuah resistor disusun secara seri seperti dibawah maka nilai resistansi nya akan bertambah

susunan resistor secara seri

Nilai resistansi/ hambatan pada masing masing sesuai dengan warna pita resistor di rangkaian adalah 100 Ohm, di susun secara seri 3 buah maka akan menciptakan resitansi total sebesar 300 Ohm, pada display multimeter memberikan 30.2.. Ohm dikalikan satuan pengukuran multimeter di x10 Ohm sehingga total kurang lebih 300 Ohm.

Nah demikian artikel perihal cara menciptakan rangkaian seri untuk model paralel bisa dilihat di postingan cara membuat rangkaian paralel, biar bisa bermanfaat dan memperbesar wawasan.

0 Response to "Cara Menciptakan Rangkaian Seri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel