Cara Menciptakan Rangkaian Paralel

Kali ini aku akan share bagaimana cara membuat rangkaian paralel sederhana dengan mudah alasannya memang wawasan ini wajib diketahui setidaknya oleh teknisi listrik, pada postingan sebelumnya pernah dishare juga mengenai pengertian rangkaian seri dan paralel secara lebih jelasnya.

Pada dasarnya rangkaian atau circuit baik listrik maupun elektro pasti menggunakan salah satu dari jenis koneksi seri atau paralel untuk mampu menghubungkan antar komponen yang diperlukan. Pada rangkaian yang lebih kompleks lagi umumnya dipakai rangkaian campuran yang merupakan adonan keduanya.

Bahkan cara membuat rangkaian paralel ini lazimnya telah diajarkan untuk anak Sekolah Dasar sebab memang ini adalah benar benar dasar dari listrik dan elektronik.

Pengertian Rangkaian Paralel

Sedikit refresh bagi yang belum tahu pengertian rangkaian paralel yaitu cara menghubungkan beberapa unsur atau beban listrik secara tersusun atau berurutan dan bercabang sehingga setiap bagian pribadi terhubung ke sumber listrik utama.

Beberapa kelebihan rangkaian paralel diantaranya :

  1. Tegangan untuk tiap bagian yaitu sama besar
  2. Jika ada salah satu bab bagian listrik yang mati maka komponen listrik lainnya akan tetap menyala normal.

Penerapan circuit paralel contohnya yaitu di instalasi listrik rumah karena mirip yang kita tahu umumnya semua perlengkapan listrik terutama di Indonesia memakai tegangan 220 Volt AC yang artinya bila kita mempunyai peralata listrik seperti AC, TV, kipas angin, pompa air dan lain lain pastinya mesti mendapat tegangan yang serupa bukan ?

Untuk itulah rangkaian listrik paralel untuk instalasi listrik rumah dipakai sebab jikalau dihubungkan secara paralel maka tegangan setiap beban listrik yakni sama. Berikut acuan gambarnya :

contoh instalasi listrik rumah

Contoh lain penerapan yakni pada rangkaian paralel lampu lalu lintas yang biasa didapatkan untuk mengontrol kemudian lintas jalan raya, pada lampu lalu lintas lampu merah kuning dan hijau menyala bergantian sesuai settingan timer yang ada.

rangkaian lampu lalu lintas

Gambar diatas ialah pola rangkaian paralel pada lampu kemudian lintas walaupun cukup rumit alasannya adalah sudah tergolong timer control tetapi secara dasarnya lampu dipasang secara paralel

Cara Membuat Rangkaian Paralel

Nah sesudah mengerti dasar dan penerapannya, dilanjutkan praktek membuat rangkaian paralel dengan lampu, bisa juga dengan lampu LED dan tambahan dengan saklar supaya lebih irit dalam penggunaan arus. Berikut langkah langkah

  1. Tentukan dahulu sumber arus listrik yang mau dipakai, tidak perlu menggunakan listrik 220 Volt AC tetapi cuma memakai baterai kotak 1.5 volt saja 2 buah telah cukup biar lebih aman
  2. Pilih jenis beban yang mau dipakai, dalam hal ini adalah lampu LED ataupun lampu bohlam kecil
  3. Persiapkan kabel kecil yang mau dipakai selaku konduktor
  4. Persiapkan saklar selaku kontrol untuk membangkitkan dan mematikan rangkaian
  5. Susun rangkaian paralel lampu atau LED 4 buah mirip dibawah ini
rangkaian listrik paralel 4 lampu

Rangkaian listrik paralel 4 lampu

Jika dirasa sulit atau kekurangn bahan maka bisa juga terlebih dulu menciptakan rangkaian listrik paralel 2 lampu tinggal menghemat saja jumlah lampu yang ada.

Seperti gambar diatas bisa kita lihat banyak koneksi kabel yang dibutuhkan untuk cabang nya dan misalkan saja salah satu lampu mati maka lampu yang lainnya masih akan tetap hidup, itulah salah satu keunggulan rangkaian paralel dibandingkan dengan seri.

Pada rangkaian yang lebih kompleks lagi mampu dilihat dibawah ini untuk cara menciptakan rangkaian listrik dengan saklar komplemen dimasing masing lampu. Bisa kita perhatikan lampu ketiga dari atas dalam keadaan mati sebab saklar memang dalam posisi OFF.

cara membuat rangkaian listrik dengan saklar

Itu juga yang merupakan keunggulan rangkaian paralel dimana nyala atau mati lampu tidak terpengaruh oleh keadaan lampu lain yang berlainan saklar, rangkaian diatas secara tidak langsung adalah model sederhana dari instalasi listrik rumah.

Sebenarnya jika dilihat lebih teliti lagi teladan gambar diatas juga merupakan rangkaian listrik seri paralel dan adonan karena mampu kita lihat baterai yang tegangan 1.5 Volt DC dihubungkan secara seri. Nah demikian share artikel kali ini supaya mampu menambah wawasan hadirin blog ini.

0 Response to "Cara Menciptakan Rangkaian Paralel"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel