[Trik] Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

Trik cara memperbaiki keyboard laptop ini akan sangat berfaedah khususnya kalau terjadi saat ditengah kesibukan yang mengharuskan kita bekerja lebih cepat, permasalahan pada keyboard rusak ialah salah satu gangguan yang cukup menciptakan depresi.

Bagaimana tidak, saat Anda dikejar tenggat waktu pekerjaan atau harus menyelesaikan tugas kuliah dengan sempurna waktu.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop
Cara Memperbaiki Keyboard Laptop

Keyboard ialah bagian penting yang ada dalam suatu laptop. Tanpa adanya keyboard, laptop cuma barang elektronika sebagai media menonton film tanpa mampu dipergunakan untuk hal lainnya seperti halnya tablet.

Namun apa yang mesti dilaksanakan jikalau keyboard laptop anda memiliki masalah? pada postingan kali ini saya akan share cara memperbaiki keyboard laptop yang error baik untuk keseluruhan tombol maupun cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian.

Baca juga : Thermal Paste Laptop Terbaik

Daftar Isi :

Cara Kerja Tombol Keyboard Laptop

Sebelum Anda menjajal cara untuk memperbaiki keyboard laptop ke langkah selanjutnya, semestinya mesti mengenali dahulu letak permasalahannya ada dimana. Anda harus melaksanakan tes atau percobaan kepada keyboard laptop ialah

  • Mengecek tombol-tombol mana sajakan yang tidak berfungsi. Apakah itu semua tombol atau sebagian tombol saja.
  • Mengecek keyboard dengan cara mencoba memakai keyboard yang yang lain mampu dengan memakai USB keyboard untuk PC. Jika keyboard lain berfungsi dengan baik, maka kemungkinan keyboard laptop Anda yang mengalami masalah.
Mekanisme keyboard laptop
Mekanisme keyboard laptop
cara kerja keyboard laptop
Cara kerja keyboard laptop

Biasanya bila kerusakan pada prosedur tombol tertentu saja cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian. Dengan melihat mekanisme tombol keyboard diatas maka kita bisa mengenali cara memperbaiki keyboard laptop yang lepas yakni tinggal menekannya saja dengan hati hati.

Selama tidak terdapat bab yang patah seharusnya mampu tombol yang lepas tersebut mampu eksklusif menempel.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop yang Tidak Berfungsi

Berikut ini ialah cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi ataupun yang tidak berfungsi sebagian :

Bersihkan Keyboard Dari Debu

Bukan hal yang mengejutkan bila di sela-sela keyboard terdapat aneka macam abu dan kotoran. Hal mirip ini timbul alasannya adalah posisi keyboard yang menghadap ke atas beresiko kejatuhan barang atau terkena abu. Oleh alasannya adalah itu, sungguh penting bagi Anda untuk selalu menjaga kebersihan keyboard laptop.

Kotoran atau bubuk halus yang bersembunyi di sela-sela tombol mampu menjadikan keyboard menjadi error sebab mampu mengusik mekanisme tombol keyboard.

Debu kotoran pada keyboard laptop
Debu kotoran pada keyboard laptop

Untuk membersihkan ke sela sela bagian bawah tombol anda mampu memakai mini blower berupa pompa kecil seperti dibawah ini. Cukup mudah untuk membeli alat pembersih yang satu ini dengan harga terjangkau

Membersihkan keyboard laptop dengan blower
Membersihkan keyboard laptop dengan blower

Atau mampu juga dengan menggunakan USB mini vacuum cleaner mirip berikut ini, namun lebih saya rekomendasikan dengan mini blower sebab jadinya lebih higienis

USB mini vacuum cleaner keyboard
USB mini vacuum cleaner keyboard

Cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian ini terbilang gampang jikalau permasalahannya terjadi cuma karena abu atau kotoran pada salah satu key atau tombol.

Coba Restart Laptop

Ada beberapa masalah dimana keyboard mengalami error atau tidak menanggapi namun bukan karena perangkat kerasnya bermasalah seperti halnya gangguan bubuk dan kotoran di atas. Keyboard laptop mampu dikatakan mengalami gangguan software atau programnya. Untuk mengatasinya, Anda bisa melakukan restart atau mulai ulang perangkat laptop.

Kenapa setiap ada error pada PC atau laptop selalu diusulkan restart apalagi dulu ? untuk dikenali proses restart mampu memperbaiki beberapa error yang mungkin timbul dikala pertama laptop dinyalakan. Bisa berbentukservice tertentu yang tidak berhasil berlangsung atau driver yang tidak berlangsung dengan seharusnya.

Bagaimana jikalau hang tidak bisa restart sama sekali ?

Cukup dengan menekan tombol power dengan cara ditahan sekitar 10-15 detik maka unit laptop atau PC akan mati dan coba nyalakan ulang

Cek Kabel Konektor Keyboard

Kabel konektor yakni satu bagian di dalam laptop yang berfungsi untuk menyambungkan keyboard pada laptop. Umumnya kabel yang berfungsi menghubungkan keyboard dengan motherboard ini jenis kabel ribbon/ kabel flat.

Pada beberapa laptop, kabel konektor mudah dibongkar pasang. Jika keyboard Anda mengalami problem, coba cek kemungkinan kabel konektornya sedikit error. Kabel konektor yang rusak, tertekuk, renggang dan bahkan terlepas bisa menjadi problem.

Kabel ribbon keyboard laptop
Kabel ribbon keyboard laptop

Cara memperbaiki keyboard laptop untuk masalah ini kematian tidak mau harus melaksanakan bongkar body laptop. Anda mesti memasangkannya kembali kabel konektor yang bermasalah.

Namun bila Anda tidak cukup berani untuk melakukannya, gunakan jasa service laptop supaya kerusakan segera tertangani dan tidak semakin bertambah parah sebab ingin menjajal -coba memperbaikinya sendiri.

Seringkali ingin tau memperbaiki kabel konektor sendiri alasannya adalah menganggap bahwa kabel tersebut berada di kawasan yang mudah terjangkau, tetapi pada kenyataannya malah kian menghancurkan dan membahayakan unsur yang yang lain.

Install Ulang Driver Keyboard

Setiap perangkat keras yang dirakit pada laptop tentunya diikuti dengan program/ software berupa driver agar bisa melakukan pekerjaan dengan baik. Driver yang tidak terpasang tepat mampu menyebabkan gangguan dalam perangkat keras seperti keyboard laptop yang tidak berfungsi.

Ciri kerusakan pada driver kemungkinan keyboard tidak akan mampu berfungsi sama sekali untuk semua tombolnya atau bahkan keyboard laptop error karakter tertukar.

Oleh alasannya itu, Anda mesti memutuskan bahwa driver terpasang sempurna dengan cara melihat pada menu control panel. Berikut ini ialah step by step yang bisa dikerjakan untuk install ulang driver keyboard :

  1. Tekan tombol windows lalu ketikkan “Device Manager” maka akan muncul windows yang berisi device yang terdapat pada laptop
  2. Jika keyboard tidak bisa dipakai sama sekali bisa juga menggunakan mouse. Klik pada ikon “Start”, klik kanan pada “Computer” kemudian pilih device manager
  3. Cari device keyboard mirip gambar dibawah ini lalu klik kanan pilih uninstall. Berikutnya Laptop akan otomatis menginstall ulang kembali driver bawaan keyboard tersebut.
Cara install ulang driver keyboard
Cara install ulang driver keyboard

Gambar diatas adalah salah satu cara memperbaiki keyboard laptop tidak berfungsi di windows 10 sebab mampu saja driver keyboard tidak terinstall dengan baik.

Berikut ini sedikit cara untuk memelihara supaya keyboard laptop tidak mudah rusak dan infinit adalah dengan cara tidak menekannya terlalu keras, jangan membiarkan keyboard dalam kondisi berdebu apalagi tertumpah air, dan bersihkan keyboard secara berkala .

Itulah beberapa cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi. Laptop ialah perlengkapan elektronika yang cukup rawan menemui kerusakan oleh alasannya adalah itu Anda mesti ekstra hati-hati dalam memperlakukannya.

Jika laptop mengalami kerusakan utamanya pada keyboard, secepatnya kerjakan cara memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi sebagian diatas untuk memperbaikinya semoga tidak merembet pada komponen yang yang lain.

0 Response to "[Trik] Cara Memperbaiki Keyboard Laptop"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel