Penyebab Pengering Mesin Basuh Tidak Berputar Dan Cara Mengatasinya

Anda yang memakai mesin basuh pasti pernah mengalami hambatan pengering mesin basuh tidak berputar bukan? seperti yang kita ketahui bahwa biasanya mesin cuci ketika ini telah termasuk dengan fungsi pengeringnya yang bisa menciptakan cucian mampu kering lebih singkat walaupun tanpa dijemur di bawah matahari.

Untuk mampu mengetahui penyebab kerusakan pengering mesin basuh tidak berputar setidaknya anda harus tahu dulu bab bagian penting dalam fungsi pengering mesin cuci atau lazimdisebut dryer atau spinner.

Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar

Daftar Isi :

Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar

Saat memakai fitur pengering pada mesin basuh, pasti ada kalanya Anda mengalami hambatan. Biasanya mesin pengering berjalan lambat, berjalan tetapi disertai bunyi dengungan bahkan tidak berlangsung sama sekali.

Untuk mampu mengatasi pengering mesin basuh tidak berputar atau hambatan yang lain, Anda harus mengetahui apalagi dulu penyebabnya. Berikut dibawah ini ialah penyebab yang paling kerap terjadi :

Ada Sambungan Kabel yang Putus

Penyebab paling kerap terjadi yang menciptakan pengering mesin basuh tidak berputar ialah adanya sambungan kabel yang putus. Kabel yang putus ini mampu jadi disebabkan sebab digigit tikus.

Kabel yang putus inilah yang mau membuat mesin pengering tidak bisa berfungsi bahkan menciptakan mesin basuh tidak berfungsi sama sekali.

Penyebab Pengering Mesin Cuci Tidak Berputar

Tali pada Rem Pengering Putus

Penyebab selanjutnya yang membuat pengering mesin basuh tidak berputar yaitu alasannya tali pada bagian rem pengering putus. Rem pengering ini fungsinya ialah untuk menciptakan dinamo pengering yang berputar bisa berhenti secara konstan dikala pintu pengeringnya dibuka.

Jika tali rem pengering pada mesin cuci putus, maka dinamo pun akan terus mengerem sehingga mesin pengering tidak mampu bekerja.

Tali rem pengering mesin cuci ini sebetulnya hanya mekanisme sederhana yang nantinya akan mengerem pada bab yang mirip kampas dibawah ini :

Tali pada Rem mesin cuci Pengering Putus

Cara mengganti tali rem ini sebetulnya tidaklah rumit alasannya adalah cuma mengubah tali dengan yang baru, bahkan tali mampu diganti dengan tali lain yang penting berpengaruh. Perhatikan juga mekanisme tali rem tersebut mesti dalam posisi “mengerem” ketika pintu pengering dalam keadaan terbuka.

Kapasitor Rusak atau Terbakar

Pengering pada mesin cuci tidak mampu berputar tidak mampu berputar berikutnya juga bisa disebabkan alasannya adalah kapasitornya terbakar atau rusak.

Hal ini mampu disebabkan sebab unsur kapasitor pada mesin cuci pada dikala dipakai, akan terus bekerja menyimpan dan melepaskan arus secara terus menerus tanpa istirahat sehingga membuat bagian ini menjadi kurang kapasitasnya atau bahkan kapasitor bocor.

Namun jika anda ragu mampu juga memutuskan dengan postingan tentang Ciri kerusakan kapasitor mesin cuci.

Baca juga artikel tentang : Fungsi kapasitor pada mesin basuh

Dinamo Pengering/ Spin Rusak

Kerusakan yang satu ini cukup serint terjadi mampu karena coil/ lilitan dinamo putus atau mungkin short sehingga cuma menimbulkan mesin cuci mendengung saja.

Harga dinamo mesin basuh juga cukup mahal sehingga jikalau kebetulan mesin basuh anda ialah keluaran lama, maka lebih baik dipikirkan kembali untuk membeli mesin cuci baru.


Pengering Mesin Cuci Berputar Pelan

Selain hambatan pengering mesin basuh tidak berputar, duduk perkara lain yang bisa terjadi pada pengering mesin basuh yakni putaran pengering mesin basuh berputar pelan. Masalah ini juga sering dialami oleh setiap pengguna mesin cuci dengan fitur pengering.

Meski mampu bekerja, namun perputarannya condong lebih lambat. Hal ini mampu disebabkan sebab banyak aspek, diantaranya yakni selaku berikut.

Beban Terlalu Banyak

Penyebab pertama yang membuat pengering mesin cuci berlangsung lambat yaitu alasannya mesin pengering menampung beban terlampau banyak. Kelebihan beban akan membuat rotasi pengering jadi berlangsung lebih lambat.

Karena itu, usahakan untuk menentukan batas maksimum pakaian yang akan dimasukkan dalam pengering. Jangan sampai kelebihan beban dan membuat pengering harus melakukan pekerjaan extra .

Pengering Mesin Cuci Berputar pelan

Motor Dinamo Lemah

Penyebab berikutnya ialah karena dinamo motor pada pengering lemah. Ketika dinamo motor lemah, maka rotasi yang dihasilkan juga akan lambat. Kebanyakan penyebab motor dinamo mesin basuh menjadi lemah adalah sebab faktor usia pemakaian sehingga wajar saja performanya sudah tidak maksimal.

Pada keadaan mirip ini ada juga bengkel service mesin basuh yang menawarkan untuk digulung ulang, namun cara ini tidak direkomendasikan ya sebab biasanya tidak kekal.

Kapasitas Kapasitor Sudah Berkurang Nilainya

Jika pengering mesin cuci tidak berputar cuma mendengung maka kemungkinan besar mampu disebabkan oleh nilai kapasitas kapasitor start yang sudah menurun atau mungkin bocor.

Baca juga : Kapasitor Mesin Cuci

Berkurangnya kapasitas Kapasitor Mesin Cuci mampu menjadikan mesin basuh berputar pelan atau bahkan mesti dibantu. Ini dikarenakan dinamo menjadi tidak cukup tenaga/ torsi untuk memutar tabung pengering spin.

Jika akan diganti pastikan dengan spesifikasi kapasitas yang sama, untuk perbandingan harga mampu dilihat juga pada artikel Harga Kapasitor Mesin Cuci dan Cara Memasangnya.


Cara Memperbaiki Pengering Mesin Cuci Polytron Tidak Berputar

Mesin cuci polytron terutama dengan type 2 tabung sangat banyak dipakai dan disukai sebab harganya yang ekonomis disamping itu dikarenakan ialah produk lokal maka tidak perlu cemas jikalau terdapat kerusakan karena tidak akan susah untuk mencari part nya.

Pengering Mesin Cuci Polytron Tidak Berputar

Untuk kerusakan mesin cuci polytron tidak berputar bergotong-royong sama saja dengan merk lain, berikut ini bab yang biasa mengalami kerusakan beserta gejala kerusakannya :

  1. Tali rem pengering, posisinya berada pada dinamo mesin cuci. Kerusakan yang biasa terjadi tali rem putus sehingga keadaan kampas macet dan mesin cuci pun tertahan sehingga tidak mampu berputar
  2. Saklar pintu, sebenarnya saklar ini ialah pengaman supaya pada dikala pintu pada tabung pengering dibuka maka motor harus mati demi keselamatan dengan cara memutus arus pada terminal saklar ini. Yang paling sering terjadi kerusakan ialah terminal yang karatan sehingga arus listrik tidak bisa diteruskan ke dinamo pengering
  3. Timer rusak, khusus untuk 2 tabung bisa jadi kerusakan disebabkan karena timer. Kerusakan timer bisa berupa putus kontak, gear yang aus dan lain lain.
  4. Kerusakan Modul (board), khusus untuk mesin cuci polytron 1 tabung/ otomatis bisa juga terjadi kerusakan pada modul. Kerusakan pada bab ini sukar untuk diperbaiki sehingga lazimnya dilakukan penggantian modul.
  5. Dinamo rusak, bagian pencetus utama pada fungsi pengering mesin basuh ini cukup sering terjadi kerusakan. Biasanya berupa short pada coil alasannya lembab, atau bahkan putus pada coil sehingga mesti digulung ulang.

Pengering Mesin Cuci 1 Tabung Tidak Berputar

Jenis mesin basuh lain yang umum didapatkan dan dipakai yakni mesin basuh 1 tabung. Kendala berupa pengering mesin basuh tidak berputar juga cukup sering terjadi pada jenis ini.

Biasanya setelah melaksanakan proses mencuci dan membilas, mesin akan mengulang kembali ke proses tersebut. Kerusakan ini juga bisa disebabkan oleh banyak hal. Berikut ialah beberapa penyebab dan cara mengatasinya :

Kerusakan Drain Motor

Pada mesin cuci terdapat beberapa jenis motor yang mempunyai fungsi yang berlainan. Salah satunya adalah drain motor. Motor ini ialah motor yang mempunyai fungsi penting dalam proses pembuangan air, sebelum kemudian masuk ke tahap pengeringan.

Jika drain motor ini rusak, maka otomatis proses pengeringan pun tidak bisa dijalankan karena sensor masih membaca terdapat air pada tabung. Cara mengatasinya, periksa dahulu pada bab drain motor ini.

Drain motor pengering mesin cuci

Kerusakan bisa saja terjadi alasannya adalah ada kabel pada unsur yang ini putus. Jika ada kabel yang putus, secepatnya sambung kembali. Apabila kabel dalam kondisi normal, maka kerusakan yang terjadi yaitu pada drain motor itu sendiri. Solusinya adalah mengganti drain motor tersebut.

Modul Board Mesin Cuci Rusak

Pengering mesin cuci tidak mampu berputar mampu juga disebabkan oleh hal lain, ialah kerusakan pada board mesin basuh. Kerusakan ini ditandai dengan mesin datang-datang mati dikala proses pengeringan. Masalah ini mampu terjadi alasannya bagian modul atau board pada mesin cuci mengalami kerusakan.

Modul Board Mesin Cuci Rusak

Jika memang terjadi kerusakan pada bab modul ini akan sangat sukar untuk diperbaiki dan disarankan untuk membeli modul mesin cuci yang sama.

0 Response to "Penyebab Pengering Mesin Basuh Tidak Berputar Dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel