Penyebab Kulkas Tidak Cuek Dan Cara Mengatasinya

Kulkas atau lemari es yakni salah satu perabot rumah tangga yang hampir niscaya ada di rumah-rumah. Kehadirannya sungguh penting dalam mendukung segala kegiatan dan kebutuhan anggota keluarga. Kulkas yakni suatu alat elektronika yang berfungsi untuk membuat suhu dingin yang nantinya dipakai untuk daerah menyimpan makanan.

Makanan atau minuman yang diletakan di dalam kulkas akan menjadi lebih awet alasannya adalah perkembangan kuman yang merusak dan membusukkan makanan dapat dihambat pertumbuhannya.

Namun ada satu kondisi dimana kulkas tidak masbodoh yang mengakibatkan makanan yang disimpan menjadi bacin, apakah penyebabnya? Dan bagaimana cara memperbaiki kulkas tidak dingin seperti ini ?

Penyebab Kulkas tidak dingin
Penyebab Kulkas tidak hambar

Daftar Isi :

Faktor-faktor Penyebab Kulkas Tidak Dingin

Kulkas adalah barang elektronika yang pastinya memerlukan perawatan biar bisa tetap berfungsi dengan baik. Meskipun perawatannya tidak banyak, paling tidak lakukan setahun sekali pada mesin pendingin yang terletak di bab belakang. Kondisi kulkas yang tidak terawat, riskan menyebabkan gangguan mirip salah satunya yaitu kulkas tidak hambar.

Bagi anda yang masih awam dengan beberapa bagian elektronika pada kulkas berikut ini mungkin mampu membantu :

bagian bagian kulkas
Bagian bagian kulkas

Jika Anda mengalami keadaan kulkas tidak acuh taacuh namun lampu nyala, banyak faktor yang menyebabkannya. Berikut ini adalah aspek yang mengakibatkan kulkas tidak berfungsi dengan baik dan cara memperbaiki kerusakan kulkas tidak dingin :

Pengaturan Thermostat Pengatur Suhu yang Tidak Tepat

Kompresor pada kulkas yang berfungsi untuk memompa freon, mengubah tekanan rendah menjadi tekanan tinggi, mampu dikatakan yakni jantung nya kulkas alasannya adalah tanpa kompresor maka proses pendinginan tidak akan terjadi.

Kompresor tersebut melakukan pekerjaan sesuai sensor suhu yang umum disebut thermostat dimana bila suhu yang terbaca kurang cuek maka thermostat tersebut akan menyalakan kompresor dan jika suhu hambar sudah tercapai maka kompresor akan mati secara otomatis.

Thermostat kulkas
Thermostat kulkas

Thermostat tersebut pada kulkas biasa disebut selaku pengatur temperatur misalnya pada kulkas satu pintu dibawah ini.

Pengatur Suhu Kulkas
Pengatur Suhu Kulkas

Oleh karena ini jikalau kulkas tidak cuek pastikan thermostat berada pada opsi normal atau colder sebab jika posisi pada Off maka bisa dipastikan kompresor kulkas tidak akan bekerja.

Terlalu Banyak Bunga Es

Bunga es ialah bab yang timbul di sekeliling freezer sebagai akibat suhu hambar yang cukup rendah. Pada kulkas yang memiliki lubang angin untuk fan di freezer adanya bunga es ini kemungkinan menutup lubang angin yang mengalirkan suhu hambar ke seluruh bagian kulkas, banyaknya bunga es ini bisa jadi penyebab kulkas tidak hambar namun freezer masbodoh.

Jika lubang tertutup bunga es, maka bisa ditentukan kulkas tidak hambar mirip yang semestinya. Oleh karena itu, pembersihan bunga es mesti dijalankan sekurang-kurangnyadua kali dalam sebulan agar kulkas Anda tetap dalam kondisi masbodoh.

bunga es pada kulkas
Bunga es pada kulkas

Cara membersihkan bunga es sangatlah gampang namun perlu diperhatikan untuk tidak menjajal membersihkan dengan benda tajam alasannya adalah mampu mengakibatkan kerusakan pada evaporator yang berfungsi mengalirkan suhu cuek di freezer.

Anda bisa mematikan kulkas untuk sementara waktu dan menanti bunga es agar mencair sepenuhnya. Ada alat untuk membersihkan bunga es dengan kondusif namun bila memang tidak ada mampu memakai alternatif lain asal alat tersebut tidak mempunyai ujung tajam.

alat pembersih bunga es kulkas
Alat pembersih bunga es kulkas

Namun, cara ini terbilang cukup memakan waktu terlebih jikalau bunga es telah terlalu tebal. Jika Anda ingin membersihkan bunga es dengan lebih cepat, naikkan suhu dinginnya semoga kulkas agak mendekati suhu normal. Kemudian letakkan kipas angin di depan kulkas yang terbuka. Angin akan membantu memaksimalkan suhu bunga es biar bisa cepat mencair.

Jika dirasa bunga es terlampau banyak untuk dibersihkan anda bisa juga menyemprot semua bunga es tersebut dengan air dari selang dengan tekanan air yang cukup namun pastikan telah mengeluarkan semua isi kulkas ya.

Kerusakan Pada Timer Defrost

Kerusakan timer defrost biasanya cuma terjadi pada kulkas 2 pintu saja dan kerusakan ini berhubungan dengan munculnya bunga es yang banyak pada freezer.

Fungsi timer defrost pada kulkas adalah untuk mencairkan bunga es secara otomatis oleh timer sebagai pengatur waktu kapan kompresor bekerja dan kapan mengaktifkan heater untuk membersihkan bunga es pada freezer.

Jika terdapat kerusakan pada timer defrost ini sehingga menjadikan terjadinya kompresor bekerja terus menerus maka akan menjadikan bunga es yang banyak sehingga membatasi pedoman udara acuh taacuh ke bab bawah kulkas.

Berikut ini bentuk timer defrost pada kulkas yang letaknya pada bab bawah kulkas :

Timer defrost kulkas
Timer defrost kulkas

Kerusakan yang sering terjadi pada timer defrost lazimnya pada gigi yang patah atau aus, kadang-kadang bisa juga karena kotor kemasukan semut sehingga bisa jadi penyebab kulkas 2 pintu tidak dingin. Justru kerusakan pada motor dinamo cukup jarang terjadi.

Meletakkan Banyak Makanan Panas di Dalam Kulkas

Ada juga kondisi dimana bunga es sudah dibersihkan dan lampu kulkas juga dalam kondisi menyala. Namun, suhu di dalam kulkas tidak hambar juga. Coba periksa kuliner yang Anda simpan. Jangan-jangan Anda meletakkan masakan yang dalam kondisi panas.

Makanan panas yang eksklusif diletakkan ke dalam kulkas juga mampu menyebabkan hal ini. Panas yang keluar dari kuliner akan mengoptimalkan suhu kulkas dan menciptakan udara di sekitarnya pun ikut naik.

Secara tidak langsung hal ini juga akan menimbulkan kulkas menjadi cepat rusak karena kompresor yang bertugas memompa gas freon mesti melakukan pekerjaan lebih keras mendinginkan suhu didalam kulkas.

Jika Anda mengalami kondisi seperti ini, yang mesti dilaksanakan yaitu dengan mengurangi memasukkan masakan dalam keadaan panas eksklusif ke dalam kulkas. Setidaknya biarkan dingin dulu. Anda juga harus menghindari meletakkan peralatan yang menyebabkan panas seperti magic com dan microwave di bersahabat atau sekitar kulkas.

Kondisi Karet Pintu yang Sudah Aus

Kondisi karet pintu yang rusak atau aus juga bisa menjadi penyebab kulkas tidak acuh taacuh tapi lampu menyala. Lampu menyala merupakan indikasi bahwa pintu kulkas dalam kondisi terbuka, hal ini ialah akomodasi supaya Anda bisa menyaksikan isi kulkas dengan terperinci meskipun pada malam hari.

Kulkas yang terlalu sering dibuka dan ditutup riskan menimbulkan karet menjadi cepat kendor dan aus. Jika pintu penutup kulkas kurang rapat, akan mengakibatkan udara dari dalam kulkas mengalir ke luar. Inilah sebabnya suhu udara di dalam kulkas tidak cepat dingin, seolah olah kulkas tidak dingin alasannya pintu terbuka.

Karet pintu kulkas sudah aus
Karet pintu kulkas sudah aus

Kurangilah intensitas membuka tutup kulkas yang terlalu sering. Apabila kuliner masih bisa bertahan dalam suhu normal, hendaknya letakkan di luar kulkas saja jikalau masih akan dimakan oleh seluruh anggota keluarga. Hal ini bisa menghemat buka tutup kulkas yang akan menimbulkan kerusakan pada pintu kulkas.

Jika memang karet pintu kulkas telah terlalu tipis sehingga pada dikala keadaan pintu kulkas tertutup masih terdapat celah maka tidak ada cara lain selain harus mengubah karet pintu kulkas tersebut. Umumnya kalau umur kulkas belum terlalu usang tidak sulit untuk menemukan karet tersebut, pemasangannya pun cukup gampang sehingga bisa dijalankan sendiri.

Tegangan Listrik yang Tidak Stabil

Kompresor yaitu salah satu komponen kulkas yang memegang peranan cukup penting. Benda ini bertugas untuk mengubah tekanan rendah menjadi tekanan tinggi biar bisa menciptakan suhu masbodoh. Untuk mampu bekerja dengan optimal, aliran listrik yang masuk harus stabil.

Kompresor mampu saja tetap berfungsi dalam keadaan tegangan listrik yang naik turun, namun akan menjadikan suhu kulkas tidak bisa cuek. Inilah mengapa terkadang sering kita temui kondisi kompresor kulkas hidup namun tidak masbodoh.

Dalam hal ini, cara untuk mengatasinya adalah mengevaluasi lagi kondisi tegangan listrik di rumah Anda. Mau tak mauAnda mesti menciptakan listrik yang stabil semoga kulkas atau perlengkapan elektronika lainnya tidak gampang rusak.

Jika ketidak stabilannya berasal dari anutan listrik PLN, gunakan stavol sebelum anutan listriknya masuk ke perlengkapan elektronika. Stavol berfungsi untuk menyetabilkan tegangan listrik.

Kompresor yang Rusak

Pernahkah Anda menemui kulkas tidak masbodoh kompresor panas ? bisa jadi kompresor kulkas anda rusak namun tentunya perlu pengecekan oleh ahli alasannya adalah tidak asal pilih untuk melakukan pengecekan elok tidaknya kompresor kulkas alasannya mampu jadi kerusakan pada overload protector nya atau bahkan dari PTC nya.

Kerusakan pada kompresor ini juga bisa jadi penyebab kulkas tidak masbodoh tetapi lampu menyala.

Bagian dalam kompresor kulkas
Bagian dalam kompresor kulkas

Namun berikut ini saya share beberapa ciri kompresor kulkas rusak :

  1. Kompresor pada saat dipegang terasa hambar sama sekali alias kompresor mati total, namun bisa jadi kerusakan juga terdapat pada overload protector dan relay yang melekat pada kompresor
  2. Body kulkas nyetrum, pada keadaan ini bisa juga disebabkan grounding yang kurang baik. Namun kalau nyetrum disebabkan oleh kompresor rusak maka kemungkinan besar terjadi kebocoran pada kumparan motor listrik di dalam kompresor
  3. Dingin yang dihasilkan pada evaporator tidak merata. Ini ialah tanda-tanda permulaan dimana kompresor akan mengalami kerusakan sehingga pada keadaan ini kompresor kulkas hidup tapi tidak hambar atau kurang cuek
  4. Jika anda mempunyai amperemeter bisa juga dicoba diukur berapa arus yang terukur pada saat kompresor bekerja. Beberapa kulkas pada bab belakangnya terdapat skema yang bisa dijadikan pola pengukuran berapa arus yang cocok. Jika arus yang terukur terdapat kenaikan dari semestinya maka kompresor kulkas anda berurusan
  5. Suara kompresor berisik, ini juga ialah tanda tanda-tanda awal kompresor rusak. Suara berisik tersebut mampu jadi berasal dari oli kompresor yang sudah mulai habis atau terdapat problem pada piston.

Itulah beberapa penyebab kulkas tidak cuek dan cara memperbaiki kulkas tidak acuh taacuh. Kulkas merupakan barang yang cukup penting yang harus senantiasa dirawat agar tetap kekal.

Dengan kulkas yang berfungsi dengan baik, Anda akan mampu menyimpan makanan agar mampu bertahan lebih usang.

0 Response to "Penyebab Kulkas Tidak Cuek Dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel