Cara Memperbaiki Aki Kering

Panduan cara memperbaiki aki kering pada artikel kali ini barangkali bisa berguna untuk anda yang mempunyai aki kering bekas motor, kendaraan beroda empat atau bahkan bekas UPS listrik alasannya kadang-kadang sayang juga jikalau ternyata sudah tidak mampu menyimpan daya langsung dibuang begitu saja.

Perbaikannya sendiri sesungguhnya tidak terlalu sukar bahkan ada juga trik cara memperbaiki aki kering dengan bodrex pada artikel di bawah ini.

Seperti yang kita tahu aki kering menerima julukan maintenance free yang memiliki arti bebas maintenance yang artinya adalah kita tidak butuhuntuk mengecek dan menambahkan cairan aki seperti halnya pada aki lembap tetapi bukan mempunyai arti juga aki kering tidak mampu rusak ya, melainkan cara perawatannya saja jauh lebih ringan.

Karena kelebihannya itu juga harga aki kering lebih mahal dibandingkan aki berair dengan kapasitas arus yang sama

Cara Memperbaiki Aki Kering

Pertanyaan nya ialah boleh/ bisakah aki kering diperbaiki ? Sebelum menjawab hal tersebut ada baiknya sahabat teknisi mengetahui apalagi dahulu seperti bagaimana sih struktur bagian dalam aki kering :

struktur aki kering
cara memperbaiki aki kering gs

Secara singkat bagian dalam aki kering lebih rumit dan lebih banyak plat ketimbang aki berair dan tidak jarang pada aki kering yang sudah soak sel nya sudah keropos atau rontok alasannya reaksi kimia.

Oleh karena itu pada aki kering bila dilaksanakan perbaikan pun kemungkinan akan sukar mendapatkan kapasitas seperti gres lagi atau mungkin tidak akan infinit sebab kapasitas penyimpanan telah tidak maksimal. Namun dalam kondisi darurat cara memperbaiki aki kering yang ngedrop yang hendak dijelaskan kali ini mungkin mampu berfaedah.

Tambahan juga, perbaikan aki kering ini tidak dianjurkan jikalau memang telah terdapat kerusakan fisik pada aki seperti contohnya terdapat pecah/ retak, bodi aki kembung atau terdapat bab yang sudah tidak lengkap alasannya adalah selain tidak kondusif juga perbaikan menjadi lebih susah.

Panduan Cara Memperbaiki Aki Kering

Berikut ini yakni langkah – langkah cara servis aki kering/ cara memperbaiki aki kering yang lemah secara sederhana, dan mampu anda kerjakan sendiri di rumah.

Daftar Isi :

Persiapkan alat-alat perbaikan

Langkah yang paling pertama untuk memperbaiki aki kering yaitu mempersiapkan alat-alatnya. Berikut ini yaitu daftar peralatan yang umum digunakan.

Pertama obeng plus, dan obeng minus, selanjutnya pisau tajam (pisau dapur juga boleh), Isolasi, dan terakhir air aki ( accu Zuur ). Untuk air aki tentukan untuk mempersiapkan air aki untuk pengisian pertama dan bukan untuk menambah alasannya adalah secara komposisi cairan kimia nya berlainan.

Alat alat memperbaiki aki kering
Alat alat memperbaiki aki kering

Alat-alat tersebut umumnya telah sungguh memadai untuk memperbaiki aki kering anda. Pastikan bahwa alat alat tersebut masih patut dipakai, biar tidak malah membuat aki kering anda menjadi kian rusak. Untuk membuat lebih mudah memasukkan air ke aki yang akan diperbaiki diusulkan juga memakai suntikan bekas.

Lepas aki dari motor/mobil/UPS Listrik

Pertama bongkar atau lepaskan aki dari rumah aki nya. Cara memperbaiki aki kering yang lemah akan sedikit bervariasi mengikuti jenis atau merk kendaraan anda. Biasanya hal ini tercantum dalam buku manual kendaraan, jadi jikalau anda ragu tentukan untuk membacanya apalagi dahulu.

Pastikan juga kendaraan dalam kondisi mati ketika mencabut aki yang rusak. Dan yang lebih penting lagi tentukan terminal ke aki sudah benar benar terlepas dan tidak short ke body kendaraan atau ke kabel lainnya.

Sebagai catatan pada cara memperbaiki aki kering mobil mungkin prosesnya lebih rumit sebab ukurannya yang besar dan mesti berhati hati saat melepas kabel biar tidak korsleting terminal baterai.

Cara melepas aki motor
Cara melepas aki motor

Buka/ bongkar tutup aki

Perlahan-lahan bukalah bab epilog aki dengan menggunakan pisau dengan sediki sedikit dicongkel bab penggirannya. Bagian yang dilepas adalah bagian atas yang tertulis tulisan Do Not Open atau Jangan Dibuka. Abaikan saja tulisan ini, dan lanjutkan untuk membuka tutup aki yang ada di bagian belakang.

Biasanya memang cukup sukar untuk membuka tutup ini seperti pada jenis aki kering yuasa ytz4v yang pengalaman penulis cukup susah untuk cara membukanya.

Cara Servis Aki Kering

Isi air Aki

Setelah terbuka, nantinya anda akan mendapati ada 6 lubang di dalam aki kering, jumlah lubang ini berlawanan beda tergantung jumlah cell aki. Isilah keenam lubang tersebut dengan menggunakan air aki yang telah dibeli di toko aki. Kira – kira isilah sebanyak 15 ml, dan gunakan gelas ukur terlebih dahulu semoga volume pengisian lebih akurat.

cara memperbaiki aki kering

Isolasi lubang Aki

Usahakan jangan hingga bagian badan anda terkena air aki, jadi gunakanlah sarung tangan karet untuk melaksanakan hal ini. Jika sudah terlanjur terkena bagian badan, maka cucilah secepatnya dengan menggunakan air dan sabun semoga tidak mengakibatkan iritasi di kulit.

Jika sudah diisi, maka kini anda tinggal menutup bab tersebut dengan isolasi. Pilihlah isolasi yang dapat merekat besar lengan berkuasa, semoga tidak gampang copot di kemudian hari.

Cas Aki dengan Charger

Langkah terakhir cara memperbaiki aki kering yang lemah ialah mencoba apakah aki tersebut dapat berfungsi kembali yaitu dengan cara mengisi arus listrik dengan adaptor khusus aki bisa menggunakan power supply atau bila tidak ada mampu ke bengkel mobil/ motor yang umumnya selalu tersedia alat cas aki ini.

Jika memang masih tidak berfungsi, maka kemungkinan ada bab dalam aki yang memang telah rusak.

Cas Aki dengan Charger
Cas Aki dengan Charger

Jika terjadi seperti ini, maka semestinya yaitu menggantinya dengan yang baru. Mau tidak mau cara terakhir ini memang harus dikerjakan, karena aki juga menyangkut ketentraman, dan keamanan ketika berkendara. Keselamatan jiwa anda dan keluarga jauh lebih mahal bukan kalau daripada harga aki kering yang gres?.

Lalu ada lagi pertanyaan apakah ada cara memperbaiki aki kering tanpa bongkar ? agar prosesnya lebih gampang. Sayangnya dikala ini aku juga belum memperoleh caranya.

Cara Memperbaiki Aki Kering dengan Bodrex

Ada trik mempesona untuk servis aki kering ini ialah cara memperbaiki aki dengan bodrex dan menurut sebagian orang yang sudah menjajal cukup sukses, mampu jadi hal tersebut hanya sugesti saja tetapi kalau kebetulan aki kendaraan beroda empat/motor anda rusak sedangkan keadaan keuangan sedang menipis tidak ada salahnya juga kan dicoba.

Namun jangan terlalu berharap bahwa balasannya penampilan aki akan benar benar kembali seperti baru alasannya adalah sangat tergantung dengan kondisi unsur aki anda apakah sudah ringkih atau mungkin elektroda patah sehingga perbaikan tidak akan besar lengan berkuasa.

Namun pertanyaannya kenapa obat bodrex bisa memperbaiki aki kering ini ? benarkah efeknya bisa mengembalikan tampilan sel sel aki menjadi normal kembali.

Bagi yang belum tahu apa kandungan obat bodrex yaitu berisikan parasetamol 600mg yang berfungsi sebagai analgesik untuk mengobati nyeri contohnya nyeri kepala maupun gigi dan juga sebagai antipiretik yang bisa menurunkan demam. Kandungan yang lain ialah kafein 50mg.

Dari beberapa sumber ternyata kandungan obat bodrex yang merupakan bahan kimia tersebut jika bereaksi dengan air aki terdapat kandungan propifenazon, kafein dan tentunya parasetamol yang kebetulan jika bereaksi dengan air aki “mungkin” bisa mereduksioksidasi larutan dalam aki sehingga sel aki menjadi kembali aktif.

Cara Memperbaiki Aki Kering dengan Bodrex
Cara Memperbaiki Aki Kering dengan Bodrex

Lalu bagaimana langkah langkah perbaikan aki dengan bodrex ini, bekerjsama tidak terlalu berbeda jauh dengan cara perbaikan aki kering yang sudah dijelaskan diatas namun perbedaannya pada ketika aki diisi air larutan zuur ikut dimasukkan juga bodrex yang sebelumnya sudah dijadikan bubuk hingga halus.

Usahakan tiap lubang diberi 1 pil bodrex. Selanjutnya diamkan aki hingga satu hari sarat dan kemudian charge aki. Perlu disampaikan lagi ya tidak ada jaminan apakah cara memperbaiki aki kering yang soak ini benar benar manjur sebab sekali lagi disampaikan mampu jadi hanya sugesti saja.

Cara Menjaga Agar Aki Kering Tidak Cepat Rusak

Dimana-mana langkah perawatan senantiasa lebih baik dari pada perbaikan terlebih setelah mengetahui cara perbaikan diatas mampu ditarik kesimpulan cara memperbaiki aki berair bahkan lebih gampang.

Apalagi harga aki kering niscaya lebih mahal dari aki berair. Berikut ini yakni cara semoga aki kering anda tetap baka.

  1. Selalu camkan untuk melaksanakan servis kendaraan bersiklus secara berkala sesuai dengan jadwal yang ditentukan oleh pabrikan.
  2. Jika kendaraan jarang dipakai, maka ingatlah selalu untuk memanaskan mesin minimal selama 5 menit sehari.
  3. Hindari jalan yang berlubang, dan gunakan kecepatan rendah saat melalui medan yang berlubang. Hal ini demi memperkecil guncangan pada aki yang mampu menjadikan kerusakan.
  4. Selalu cek kondisi kabel – kabel agar senantiasa higienis dan kering semoga tidak terjadi konslet pada kabel tersebut.

Semoga tips cara memperbaiki aki kering ini berfaedah, dan aki anda akan senantiasa awet begitu pula kendaraan anda.

0 Response to "Cara Memperbaiki Aki Kering"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel