Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Flashdisk

Ini ia tata cara mudah cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk, bagi yang belum tahu file yang terhapus di flashdisk dengan file yang terhapus di folder di PC adalah berlawanan.

Pada PC folder yang tidak sengaja terhapus akan masuk ke Recycle bin dan bisa dengah mudah dikembalikan/ direstore ke folder semula. Berbeda pada flashdisk setiap file yang dihapus akan pribadi dihapus permanen karena memang tidak ada recycle bin pada flashdisk.

Namun selain sebab ketidaksengajaan, file hilang pada flashdisk mampu juga disebabkan oleh virus, data korup dan lain lain. Berikut dibawah ini selengkapnya :

Daftar Isi :

Penyebab File Terhapus di Flashdisk

Berikut ini yaitu beberapa kemungkinan penyebab file terhapus dari flashdisk yang sering terjadi :

  1. File tidak sengaja terhapus
  2. Mencabut flashdisk ketika sedang digunakan
  3. Terinfeksi malware
  4. Terkena virus yang menyembunyikan file dan folder
  5. Flashdisk terkena lembab/ panas
  6. Kerusakan hardware pada flashdisk

Biasanya yang paling kerap menjadi penyebab adalah mencabut flashdisk ketika masih dipakai sehingga sebagian data menjadi korup dan tidak mampu terbaca. Atau mampu juga dikarenan terkena virus yang seringnya adalah meneymbunyikan file dan folder pada flashdisk.

Pastikan File Tidak Terhidden

Nah sebelum menentukan sistem cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk tentukan dulu bahwa file/ folder tidak terhidden atau tersembunyikan.

Jika memang file cuma terhidden maka sahabat mujur karena nyaris 100% data mampu dikembalikan selama flashdisk tidak di format.

Biasanya ini terjadi alasannya adalah flashdisk telah terinfeksi virus shortcut yang cirinya pada flashdisk hanya tampil mirip dibawah ini :

flashdisk terkena shortcut virus

Solusi mudahnya yaitu dengan memakai smadav, bisa juga dengan cara tanpa aplikasi dengan menggunakan CMD namun dirasa kurang mudah.

Berikut langkah langkah cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk karena virus :

  1. Install aplikasi smadav, download dari situs web https://www.smadav.net/
  2. Scan flashdisk dengan cara klik kanan pada flashdisk kemudian pilih scan with smadav
scan flashdisk dengan smadav
  1. Setelah proses scanning akhir klik Fix all
menampilkan file disembunyikan virus

Lalu cek kembali pada folder di flashdisk sebaiknya telah timbul file yang hilang tersebut.

Smadav ini tidak cuma bisa digunakan pada flashdisk saja tetapi mampu juga untuk memperlihatkan file hidden pada hardisk (drive C dan D).

Baca juga : Fungsi Hardisk

Cara Mengembalikan File yang Terhapus dengan Diskdrill

Jika sudah ditentukan data file pada flashdisk tidak tersembunyi oleh virus shorcut maka cara pertama bisa menggunakan aplikasi Diskdrill.

Aplikasi ini bekerjsama adalah berbayar namun jangan khawatir karena pada model gratis bisa merecover file terhapus sampai maksimal 500 MB

Cara mengembalikan file terhapus pada flashdisk dengan diskdrill sungguh gampang bahkan oleh pemula sekalipun, aplikasi ini memiliki algoritma yang bisa mengenali file korup dan mengembalikannya lagi seperti semula

Berikut yakni langkah langkah nya :

  1. Download dan install aplikasi Diskdrill dengan mendatangi situs web https://www.cleverfiles.com/
  2. Hubungkan flashdisk ke port USB PC/ laptop lalu pilih flashdisk yang mau dikembalikan datanya kemudian klik “Search for lost data
cara mengembalikan file terhapus di flashsdisk dengan diskdrill
  1. Pilih file yang mau dikembalikan datanya lalu klik “Recover
recover file terhapus dengan diskdrill

Berikutnya cek kembali pada folder yang sudah dipilih untuk recovery apakah file yang terhapus telah bisa dibuka.

Cara Mengembalikan File yang Terhapus dengan Recuva

Aplikasi alternatif untuk mengembalikan file terhapus pada flashdisk maupun pada PC yang cukup terkenal yakni Recuva yang ialah aplikasi gratisan sehingga tidak ada batas-batas dalam penggunaannya.

Aplikasi ini mengembalikan file yang terhapus pada flashdisk ini bisa digunakan pada Windows 10, Windows 8 dan Windows 7, berikut ialah langkah langkahnya :

  1. Download dan install aplikasi recuva pada situs web https://www.ccleaner.com/recuva/download pilih saja model free
  2. Buka aplikasi recuva maka akan menampilkan jenis file yang terhapus, untuk mempercepat proses dan memaksimalkan proses recovery sebaiknya diseleksi sesuai jenis file nya. Lalu klik Next
pilih jenis file yang terhapus
  1. Pilih lokasi flashdisk yang hendak dikembalikan datanya
pilih lokasi file terhapus pada flashdisk
  1. Berikutnya akan timbul window seperti dibawah ini, kalau file yang terhapus telah cukup usang dan sudah tertimpa file baru pada flashdisk maka centang deepscan, namun proses deep scan ini tidak mengecewakan usang, diusulkan dicoba dlu tanpa deep scan
deep scan recuva
  1. Tunggu proses scan dan jika telah akhir akan muncul list file yang terhapus. File dengan ikon warna hijau berarti file masih baisa direcover, sedangkan merah kemungkinan kecil untuk bisa direcover
recover file terhapus dengan recuva
  1. Setelah klik recover maka akan timbul tampilan opsi dimana file yang terhapus akan disimpan, berikutnya tinggal cek hasil recover.

Demikian postingan ini agar bisa berfaedah.

0 Response to "Cara Mengembalikan File Yang Terhapus Di Flashdisk"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel