Solusi Mcb Posisi On Tetapi Listrik Mati

Jika anda mengalami kejadian MCB Posisi ON tetapi listrik mati di rumah anda maka beberapa solusi dibawah ini mungkin bisa membantu alasannya peristiwa mirip ini memang cukup membingungkan bagi orang awam yang tidak mengetahui kelistrikan.

Umumnya kejadian listrik mati sering ditandai dengan turunnya MCB ke posisi OFF/ bab bawah sehingga listrik tidak mengalir ke instalasi listrik rumah, penyebabnya mampu jadi beberapa hal salah satunya konsleting pada kelistrikan rumah.

Nah bagi yang belum tahu posisi saklar listrik yang benar khususnya pada MCB berikut ialah posisi ON pada MCB :

posisi saklar listrik yang benar

Baca juga : Mengenal MCB dan Arti Kodenya

Sedangkan bila terjadi MCB dalam posisi ON tetapi listrik tidak menyala maka perlu diagnosa lebih lanjut untuk mengenali penyebab pastinya, nah berikut ini beberapa point yang mampu anda cek selaku solusi nya :

Daftar Isi :

Sedang Pemadaman Listrik

Langkah pertama yang wajib dicek adalah lihat keadaan listrik di sekitar rumah anda alias tetangga terdekat alasannya adalah jika hanya terjadi pemadaman listrik sementara, ciri yang paling gampang dilihat ialah pada lampu indikator meteran listrik mati.

Termasuk juga bila pulsa listrik masih ada tapi listrik mati maka cuma tinggal menunggu saja sampai anutan listrik normal kembali.

Apalagi lazimnya bila saat ekspresi dominan hujan, cenderung pemadaman listrik terjadi lebih sering. Menurut pengalaman penulis, seringnya pohon tumbang disebabkan hujan menyebabkan jalur kelistrikan lebih sering terjadi ketika demam isu penghujan.

Baca juga : Beberapa Penyebab MCB Turun

Kecuali bila ternyata cuma rumah anda saja yang ternyata kejadian mati listrik maka silahkan teruskan ke langkah selanjutnya.

Fuse Box Putus

Pada instalasi Kwh meter model usang terdapat sekring/ fuse box yang berupa kotak hitam dengan sekring berbentukseutas kabel tembaga pada rumah sekring nya.

Biasanya sekring model mirip ini ketika ini sudah tidak dipakai alasannya fungsinya digantikan dengan MCB, namun ada juga yang menggunakan MCB dan fuse box secara berbarengan.

sekring fuse box putus

Nah jika sempat terjadi over load/ konslet pada instalasi listrik rumah dengan model fuse mirip diatas wajib dilaksanakan penggantian juga pada kabelnya, mampu diganti dengan 1- 2 kabel serabut sesuaikan dengan kapasitas daya rumah dan untuk melakukannya tidak butuholeh petugas PLN.

Jika box sekring rumah rusak juga bisa menjadi penyebab listrik mati, tetapi jangan khawatir sebab bisa menghubungi petugas PLN untuk penggantiannya.

MCB Rusak

Penyebab selanjutnya terjadi MCB Posisi ON tapi listrik mati ialah kerusakan pada MCB itu sendiri, kerusakannya bermacam macam.

Baca juga : Beberapa Penyebab MCB Turun

Karena pada MCB juga terdapat bagian mekanis tentunya terdapat usia pakai pada MCB dan masuk akal saja kalau terjadi kerusakan pada kontak kontaknya. Berikut ialah bagian mekanis pada sebuah MCB :

bagian bagian mcb

Namun tentu penggantian MCB pada kWh meter tidak bisa asal-asalan, dengan kata lain harus dilaksanakan oleh petugas yang berwenang dari PLN, atau bisa juga menelepon call center pln di telp 123

Gangguan pada Kontak Terminal MCB

Karena arus listrik yang mengalir pada MCB bisa cukup besar, maka terdapat kemungkinan koneksi menjadi overheat dan mengakibatkan kontak menjadi tidak tepat.

Terlebih jika proses instalasi dikerjakan secara asal asalan mirip pola terbakarnya terminal kontak pada MCB dibawah ini yang menjadikan arus listrik menjadi terhambat padahal MCB sudah dalam posisi ON.

kontak pada MCB terbakar

Kerusakan Jalur Instalasi Listrik

Pengecekan jalur kerusakan instalasi listrik sebelum dilakukan pada instalasi pada stopkontak atau lampu, seharusnya pertama kali lakukan pengecekan pada output MCB supaya area pengeceka tidak terlampau luas.

Kerusakan jalur instalasi listrik ini perlu dikerjakan terlebih jikalau pada instalasi rumah memakai kabel jenis serabut yang riskan digigit tikus sampai putus.

kabel listrik digigit tikus

Sedangkan dengan instalasi dengan memakai kabel NYA kemungkinannya sungguh kecil terjadi kerusakan pada jalur instalasi listrik.

Ciri lain terjadinya kerusakan pada jalur instalasi listrik yakni listrik rumah mati sebagian, alasannya mampu saja arus listrik gres terputus di bagian beban listrik dimana terdapat kabel tersebut digigit tikus.

Baca juga : Jenis kabel listrik NYA

Demikian artikel kali ini perihal penyelesaian MCB Posisi ON tapi listrik mati semoga mampu menambah pengetahuan.

0 Response to "Solusi Mcb Posisi On Tetapi Listrik Mati"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel