Cara Memperbaiki Aki Berair

Pada artikel kali ini aku akan share bagaimana cara memperbaiki aki lembap alasannya adalah seperti yang kita tahu bahwa aki adalah nyawa bagi bagian-bagian elektronik pada kendaraan Anda.

Cara Memperbaiki Aki Basah

Selain menunjukkan daya pada peralatan elektro mirip starter, klakson, dan lampu, kendaraan injeksi dikala ini sangat bergantung pada kelistrikan aki.

Ada dua macam aki yang bisa anda pilih ialah aki kering atau aki basah. Aki kering yang umumnya mempunyai daya tahan lebih usang, dan aki lembap yang mampu anda isi ulang.

Aki basah hingga ketika ini masih menjadi opsi lazimnya pada kendaraan kendaraan beroda empat sedangkan untuk kendaraan roda 2 lazimnya memakai aki kering.

Kedua aki tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing masing. Salah satu perbedaan yang paling kelebihan yang paling mencolok adalah aki berair mampu diisi ulang cairan elektrolitnya dan condong lebih gampang diperbaiki jika mengalami kerusakan daripada memperbaiki aki kering yang lebih susah.


Daftar Isi :

Ciri Aki yang Soak

Jika kendaraan anda susah dinyalakan atau bahkan mati, anda bisa mulai memeriksa aki nya. Kendaraan yang lama tidak dinyalakan juga menimbulkan aki tidak terisi, sehingga kendaraan tidak memiliki daya saat dihidupkan. Pada keadaan mirip ini maka bisa ditebak kondisi aki basah sudah soak atau aki mobil yang tekor.

Lampu kendaraan yang meredup walaupun sudah diganti gres juga mampu menunjukan adanya gejala kerusakan pada aki anda. Cara lain ialah dengan memeriksa suara klakson. Jika suaranya tidak senyaring umumnya, atau tidak bertenaga hal ini menunjukan aki anda berurusan.

Air aki yang mendidih bahkan meluap bisa menjadi gejala adanya korsleting arus pada bagian aki kendaraan. Pembakaran dan panas berlebih yang diterima air aki mengindikasikan ada yang tidak beres di bagian dalam aki.


Penyebab Aki Basah Soak

Berikut ini yakni beberapa penyebab aki basah soak diantaranya :

  1. Sering kali pemilik kendaraan menyertakan aksesoris dengan beragam tujuan. Penambahan aksesoris seperti pergeseran lampu kendaraan, penambahan lampu, dan jenis klakson ternyata berpengaruh pada aki. Jika daya yang dipakai lebih besar dari kapasitas aki, hal ini menjadikan aki cepat drop.
  2. Lampu kendaraan yang menyala usang tanpa menyalakan mesin kendaraan juga akan menguras tenaga aki. Akibatnya daya aki melemah dan meminimalkan arus ke bagian elektronik lainnya.
  3. Alternator ialah peranti yang juga berpengaruh pada fungsi aki. Alternator bertugas mengisi daya aki. Jika alternator mengalami kerusakan atau keausan, ini membuat aki anda tidak berfungsi optimal.
  4. Elektroda pada cell (plat timbal) terdapat kerak sehingga menimbulkan proses pengisian arus tidak optimal

Cara Memperbaiki Aki Basah

Jika terjadi dilema atau kerusakan pada aki berair kendaraan anda, ada cara memperbaiki aki lembap yang rusak parah yang bisa anda kerjakan sendiri.

Jangan cemas alasannya cara ini tidak membongkar aki basah seperti halnya pada servis aki  kering. Selain itu cara membongkar aki berair juga tidaklah mudah sehingga tidak dianjurkan alasannya bisa merusak sel accu juga.

Sebelum mengawali servis aki berair ada baiknya mempersiapkan beberapa hal dibawah ini biar hasil mampu optimal :

  1. Air aki/ accu zuur, berlainan dengan air aki untuk menambah, air accu zuur telah terdapat elektrolit berupa asam sulfat. Biasanya air aki jenis ini berlogo merah.
  2. Obeng plus besar untuk membuka tutup knop aki
  3. Sarung tangan plastik
  4. Air panas
  5. Corong untuk memasukkan air

Jika perlengkapan diatas telah tersedia mulai step by step perbaikan aki basah :

Lepaskan aki mobil dari tempatnya

Sebenarnya untuk melepaskan aki kendaraan beroda empat adalah sangat mudah tetapi ada caranya supaya lebih aman yakni dengan cara melepas yang terminal negatif/ minus terlebih dulu gres kemudian terminal kasatmata sedangkan ketika akan dipasang yakni kebalikannya yakni memasang terminal nyata dlu baru kemudian minus nya.

Hal ini persiapan agar tidak terjadi konslet alasannya secara koneksi, keseluruhan bodi mobil bergotong-royong adalah terminal negatif

cara melepas aki mobil

Buka epilog knop/ lubang air Aki

Untuk memudahkan gunakanlah obeng plus besar dan jangan lupa juga gunakan sarung tangan yang telah disediakan, bisa juga dibuka dengan tangan langsung namun hati hati alasannya adalah air aki sungguh berbahaya bila terkena kulit langsung.

buka penutup aki

Buang air Aki di daerah yang kondusif

Sekali lagi alasannya air aki sangat berbahaya maka buanglah di daerah yang kondusif dan jauhkan dari jangkauan anak anak. Cara mudah untuk mencampakkan air aki yakni dengan membalikkan posisi aki sehingga air nya mampu terbuang semua.

buang air aki

Masukkan air panas ke lubang Aki

Setelah air aki yang usang dibuang semua, masukkan air panas yang telah disiapkan dengan memakai corong dan kemudian goyang goyangkan aki sampai kotoran/kerak yang melekat pada cell terlihat melepas dengan sendirinya.

Ulangi langkah ini beberapa kali hingga ketika air panas yang dibuang sudah tidak terlalu hitam. Cara ini bisa membersihkan sel aki lembap yang terdapat kotoran/ kerak melekat.

masukkan air panas ke lubang aki

Cara membersihkan sel aki basah

Isi Aki dengan Accu Zuur dan Cas

Setelah dicuci dengan air pans, balikkan lagi posisi aki sehingga air panas sisa didalam aki telah benar benar habis. Setelah itu isi dengan air aki zuur sesuai level maksimalnya, ingat ya wajib aki zuur alasannya komposisi kimianya tidak sama, cirinya yakni selalu terdapat label merahnya.

Baru lalu cas aki tersebut selama berjam-jam sesuaikan dengan kapasitas arus / ampere nya.

air aki zuur

Apakah mampu dipastikan aki kembali berfungsi normal setelah dikerjakan sesuai dengan cara diatas ? berhasil atau tidaknya bantu-membantu tergantung dari keadaan aki itu sendiri alias tergantung dari keadaan tiap cell nya apakah masih memungkinkan elemen logam nya untuk menyimpan arus listrik atau tidak.

Namun berdasarkan pengalaman memang perbaikan dengan cara mirip ini tergolong untung untungan. Ada yang hanya seminggu aki sudah drop kembali dan bahkan ada yang sudah setahun aki masih berfungsi normal. Namun pada kondisi darurat tentunya cara ini sungguh diusulkan untuk dicoba.


Bisakah Memperbaiki Aki Basah dengan Bodrex ?

Akhir selesai ini terdapat gosip bahwa terdapat cara memperbaiki aki berair dengan bodrex, namun apakah benar obat sakit kepala mampu memperbaiki aki lembap yang rusak ? menurut berita yang ada tiap cell aki diberi satu tablet obat bodrex yang sudah ditumbuk halus lalu diaduk dengan air aki yang berikutnya materi kimia pada obat akan mereduksi proses oksidasi sehingga aki mampu kembali wajar .

Setelah dikonfirmasi pihak PT Astra Otoparts Tbk adalah tidak benar obat bodrex bisa memperbaiki aki basah dengan cara mencampurnya dengan air aki, detailnya bisa dilihat di link berikut.

Adapun yang telah mencoba cara memperbaiki accu tekor dengan Bodrex ini dan berhasil kemungkinan hanya sugesti saja alasannya bergotong-royong penggunaan obat apapun itu tidak akan besar lengan berkuasa sama sekali kalau memang aki tersebut sudah rusak.


Perawatan Aki Basah

Untuk menghindari insiden-insiden menjengkelkan dikala berkendara, Anda perlu memberi perhatian pada aki anda. Aki lembap memerlukan perhatian lebih dari pemilik kendaraan supaya abadi dan berfungsi optimal. Cara servis aki lembap yang mampu anda lakukan sendiri di rumah ialah:

  1. Bersihkan secara berkala karat pada terminal kutub aki. Karat yang mengerak mampu menurunkan tampilan aki. Cara terbaik untuk membersihkan  bagian terminal aki adalah dengan menggunakan sikat kawat
  2. Rutin menganalisa air aki juga wajib anda lakukan. Air aki akan menyusut alasannya penguapan akibat panas mesin kendaraan. Bisa juga alasannya adanya kerusakan elemen aki.
  3. Matikan semua perlengkapan elektro sebelum mematikan mesin kendaraan. Ini berfungsi agar pada saat dinyalakan lagi, arus listrik terfokus pada starter mesin dan pompa bahan bakar.
  4. Rutin memanaskan mesin kendaraan sebelum dipakai. Hal ini bermaksud biar alternator bekerja apalagi dulu mengisi aki kendaraan. Arus aki yang telah terisi arus ini akan lebih stabil  dan tetap melakukan pekerjaan dengan optimal.
cara membersihkan terminal aki

Nah demikian postingan kali ini tentang cara memperbaiki aki berair yang sudah ngedrop , tentunya cara ini berlaku untuk aki berair untuk kendaraan beroda empat maupun pada aki berair motor.

0 Response to "Cara Memperbaiki Aki Berair"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel