Dinamo Kipas Angin – Cara Kerja, Pasang Dan Harganya

Pada sebuah kipas angin terdapat bagian utama ialah dinamo kipas angin yang memiliki kesanggupan mengganti energi listrik ke mekanik. Lebih jelasnya, kipas angin memanfaatkan dinamo untuk mengubah energi listrik menjadi energi gerak yang pada kesannya menghasilkan dinginnya angin.

Seperti yang telah dikenali, penggunaan motor atau dinamo biasa ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Seperti halnya penggunaan alat elektro rumah tangga yang meliputi blender, mainan anak berupa mobil-mobilan, blender, dan pastinya kipas angin.

Daftar Isi :

Cara Kerja Dinamo Kipas Angin

Umumnya dinamo kipas angin biasa disebut juga dengan nama motor listrik. Prinsip kerja motor listrik memakai coil atau kumparan tetap yang menggunakan gaya Lorentz.

Membahas prinsip kerja motor listrik, mampu dilihat pada bab pergeseran energinya di mana energi listrik yang diubah menjadi energi gerak atau kinetik. Prinsip gaya lorentzlah yang diterapkan dalam motor listrik.

Cara kerjanya adalah gulungan kumparan ditempatkan di dalam suatu medan magnet lalu dialiri arus listrik sehingga gaya Lorentz akan menyebabkan gaya gerak untuk memutarkan baling baling setelah gaya geraknya diteruskan oleh beberapa komponen kipas lainnya.

Cara Kerja Dinamo Kipas Angin

Untuk menggerakkan motor dinamo juga umumnya dibantu dengan kapasitor start untuk membantu putaran permulaan sebab intinya untuk bisa menggerakan motor listrik pada pertama kali diperlukan torsi yang besar.

Baca juga : Kapasitor Kipas Angin

Penyebab Dinamo Kipas Angin Panas

Dinamo kipas angin jika digunakan terlalu usang maka akan menjadikan dinamonya menjadi panas, namun kalau pemakaian baru sebentar dinamo kipas angin telah panas maka tentunya ada yang salah. Berikut dibawah ini beberapa penyebab dinamo kipas angin cepat panas :

Pertama, bushingnya seret. Tahukah kau? Dalam dinamo yang dipakai untuk kipas ada salah satu bab yang disebut bushing. Penyebabnya menjadi cepat panas bisa jadi karena kau jarang melumasinya dengan minyak. Karena jarang dilumasi, lehernya menjadi kering sehingga lecet dan menimbulkan putaran menjadi berat. Selain itu bab ini memang rentan kotor alasannya adalah bubuk gampang masuk

bos bushing kipas angin

Jika ingin kipas angin kekal bushing ini mampu diganti memakai bearing karena putaran juga akan lebih lancar. Cara mengganti bushing ke bearing pada kipas angin memang cukup susah, namun ada juga yang menjual dengan mangkoknya sepaket sehingga lebih mudah.

mangkok bearing pada kipas angin

Kedua, terdapat kotoran. Sebagai pemilik suatu kipas angin, tentunya kamu bukan cuma menggunakannya saja, namun juga membersihkannya. Kotoran yang jarang dibersihkan akan terkumpul di dalam dan menghalangi perputaran dinamo.

Ketiga, ukuran kapasitor yang tidak cocok. Kalau duduk perkara yang satu ini sungguh ada kemungkinan membuat generator dan dinamo kipas angin menjadi lebih panas. Kemungkinan besar akan membuat laju perputaran baling-baling kipas menjadi lebih cepat, namun imbas negatifnya kipas menjadi cepat panas.

Cara Pasang Dinamo Kipas Angin

Jika kipas angin rusak tak mauberputar tentunya harus dilaksanakan pengecekan tetapi bila memang terjadi kerusakan pada dinamo kipas angin maka harus dijalankan penggantian.

Kerusakan dinamo kipas angin mati tidak bisa berputar bisa disebabkan coil yang putus karena terbakar, mampu juga dikarenakan putusnya thermo fuse di dalam dinamo atau alasannya kapasitor yang mati.

Baca juga : Cara memperbaiki kipas angin rusak

Cara pasang dinamo kipas angin sukar sulit mudah sebab harus melepas bab cover dan melepas perkabelan yang kalau tidak dilaksanakan dengan cermat akan menyebabkan kerusakan kipas menjadi makin parah. Berikut caranya :

  1. Pastikan steker kipas angin telah dicabut dari stop kontak
  2. Buka pelindung baling baling kipas bagian depan, lazimnya menggunakan mekanisme kunci atau baut
  3. Buka cover belakang epilog dinamo
  4. Buka baling baling utama sehingga hanya tersisa bab dinamo saja
  5. Cari letak terminal kabel, seharusnya terdapat 4 kabel warna berlawanan untuk kipas dengan 3 kecepatan
  6. Hati hati pada dikala cara menyambung kabel dinamo kipas angin, bila dinamo kipas angin pengganti sama persis dengan aslinya maka urutan warna kabel mampu disamakan. Fungsi 4 kabel pada dinamo kipas angin ialah untuk membedakan kecepatan speed 1, 2 dan 3 sedangkan kabel satunya digunakan untuk netral.
Cara Pasang Dinamo Kipas Angin
  1. Perhatikan juga apakah pada dinamo kipas angin pengganti terdapat kapasitornya atau tidak. Jika tidak maka kapasitor dari dinamo kipas angin yang lama mesti dipindahkan. Biasanya kapasitor telah termasuk dikala pembelian dinamo kipas yang baru.

Harga Dinamo Kipas Angin

Selain mengenali bagaimana cara pasang dinamo, jika ada masalah pada kipas angin milik pribadi kamu juga jadi mampu membetulkannya sendiri. Nah! bagi yang ingin menjajal memperbaiki kipas angin sendiri maka mampu mencar cari berapa harga dinamo kipas angin ?

Dinamo kipas angin cosmos miyako GMC 12 in dibandrol dengan harga RP 45.000an saja. Sementara itu, untuk dinamo kipas Cosmos motor kipas angin miyako dibandrol dengan harga RP 55.000. Kalau untuk brand miyako yang ukuran 10 inch dibandrol dengan harga RP 55.000an juga.

Itulah beberapa wawasan lazim tentang dinamo kipas angin. Pastinya jadi lebih tahu banyak tentang alat-alat yang bekerjasama dengan kehidupan sehari-hari. So, apakah kau jadi kepincutmembetulkan problem kipas sendiri?

0 Response to "Dinamo Kipas Angin – Cara Kerja, Pasang Dan Harganya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel