Rangkaian Crossover Aktif Dengan Ic Lm833 Op-Amp

Sebuah rangkaian crossover aktif tentunya akan mampu menciptakan mutu bunyi yang lebih baik dibandingkan jenis pasif, IC LM833 yang dipakai pada circuit audio kali ini cukup mudah ditemukan untuk bisa dipakai selaku crossover yang hendak diteruskan ke power amplifier.

Seperti yang sempat disinggung di postingan Crossover pada Amplifier, terdapat dua jenis crossover yaitu, crossover aktif dan crossover pasif. Masing masing crossover mempunyai keunggulan dan kelemahan tergantung keperluan masing masing.

Sedangkan pada rangkaian crossover yang aku share disini yakni rangkaian crossover aktif dengan memakai IC LM833 yang tidak lain yakni dual op-amp IC.

IC LM833

Crossover aktif pastinya akan memberi kualitas lebih baik untuk Hi-fi system anda yang bermaksud untuk meng-upgrade kualitas suaranya. Cara kerja crossover aktif ini secara sederhana yakni dengan memecah / memisahkan sinyal audio input menjadi 2 grup band, frekuensi rendah dan frekuensi tinggi.

Baca juga : Rangkaian Low Pass Filter Aktif

Dua frekuensi ini secara terpisah dikuatkan oleh masing masing penguat (bi-amping / dua penguatan). Berikut rangkaian crossover aktif yang saya ingin tunjukkan :

Rangkaian Crossover Aktif IC LM833

Rangkaian menggunakan 2 buah IC LM833 dual-opamp yang memang didesain untuk penguatan bunyi. Rangkaian bagian ataas merupakan penguatan bunyi dengan frekuensi tinggi / treble atau disebut juga hhigh pass filter sedangkan bagian bawah yang terdiri dari 3 opamp merupakan Low pass filter atau penguatan frekuensi rendah / bass.

Frekuensi rendah yang dihasilkan terdapat pada pin 1 IC LM833 (2b) sedangkan keluaran frekuensi tinggi terdapat pada pin 7 IC1a.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan rangkaian crossover aktif ini :

  • Pastikan untuk menggunakan jenis PCB yang baik, usahakan jenis fiber
  • Power supply untuk op-amp harus diamati ialah +15/-15 V DC
  • Gunakan soket untuk IC LM833
  • Resistor dan kapasitor dapat diganti untuk menciptakan penguatan frekuensi yang berlainan.

0 Response to "Rangkaian Crossover Aktif Dengan Ic Lm833 Op-Amp"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel