Penyebab Komputer Boros Listrik Dan Solusinya

Bagi yang mempunyai PC dirumah tidak ada salahnya mengenali penyebab komputer boros listrik alasannya adalah mampu saja ketika waktu dikala dicek pemakaian listrik telah sangat besar. Salah satu penyebab penggunaan listrik pada PC yang boros disebabkan penggunaan hardware yang tidak sempurna, lazimnya pada PC rakitan yang memang penyeleksian spesifikasi nya mampu custom.

Daftar Isi :

Penyebab Komputer Boros Listrik

Untuk itu perlu diantisipasi alasannya adalah komputer ketika ini bisa dibilang salah satu peralatan elektronika yg sungguh diharapkan dan perlu diketahui pc atau komputer yaitu salah satu perangkat elektronika yang menggunakan daya cukup besar tergantung spesifikasinya, apalagi lagi bila dikhususkan untuk gaming dengan grafis yang tinggi.

Nah semoga supaya tagihan atau pulsa listrik di rumah anda tidak melambung maka mampu menggunakan kiat yang mau saya share dibawah ini dan terbukti cukup efektif mengurangi konsumsi daya listrik pada PC, nah berikut ini beberapa cara yang bisa membuat penggunaan listrik lebih irit pada PC terutama yang berafiliasi dengan pemilihan hardware yang mau dipakai :

CPU / Central Processing Unit

Untuk penyeleksian prosesor atau CPU (Central Processing Unit) acuannya mudah saja adalah lebih tinggi point core yang dimiliki maka lebih efisien juga CPU tersebut. CPU yang merupakan otak pada sebuah PC bisa memakai daya listrik sampai 100 Watt, Prosesor model modern memiliki fitur power management yang lebih baik tetapi dengan tampilan yang tentunya lebih baik juga.

prosesor pada pc

Berikut dibawah ini yaitu perbandingan penggunaan kapasitas listrik pada prosesor modern yang mengkonsumsi resource kecil namun dengan tampilan yang lebih baik :

Penyebab Komputer Boros Listrik

Memory / RAM (Random Access Memory)

Secara tidak sadar pemilihan kapasitas memori / RAM bantu-membantu sungguh mensugesti penggunaan daya komputer, kenapa bisa ? RAM pada suatu PC berfungsi untuk menyimpan aba-aba suatu komputer untuk bisa melakukan pekerjaan .

Pada RAM yang memiliki kapasitas yang besar contohnya 8 GB selain mampu mengembangkan kecepatan proses juga akan mampu mengurangi listrik, sebab alasannya pada memori RAM dengan kapasitas yang kecil maka frekuensi write-rewrite akan menjadi lebih sering yang artinya supply power untuk proses kerja RAM juga harus terus menerus disalurkan.

memori RAM pada PC

Pada memori yang lebih besar maka pastinya semakin banyak juga isyarat yang bisa disimpan yang berakibat frekuensi proses write-rewrite bisa berkurang dan pastinya supply listrik juga ikut berkurang.

Kapasitas Hardisk

Apakah kapasitas hardisk menghipnotis pemakaian listrik pada PC ? Hardisk disusun oleh beberapa cakram yang berputar terus menerus dengan head yang menelusuri cakram tersebut untuk membaca dan menulis semua data yang dibutuhkan.

pemakaian daya pada harddisk

Sekarang contohnya saja saya ingin mencari suatu data pada HDD yang mempunyai kapasitas penyimpanan sebesar 500GB dalam keadaan data full maka head akan menelusuri seluruh permukaan disc sehingga pergerakan head lebih aktif.

Bandingkan jikalau HDD yang dipasang adalah 1000 GB / 1 TB maka head hanya perlu menelusuri setengah bab cakram saja dan sehingga pergerakan head menjadi lebih minim yang pastinya menghemat pemakaian listrik juga.

Ingin lebih irit listrik lagi ? mungkin telah saatnya beralih ke SSD yang memang tidak disusun oleh cakram serta tidak dilengkapi juga dengan head. Media penyimpanan seperti ini tidak mempunyai komponen mekanis didalamnya sehingga pastinya lebih ekonomis listrik.

VGA Card

Jika anda seorang gamer / penyuka jenis game di PC pastinya tidak segan segan mengeluarkan budget untuk VGA card bukan ? bagi yang belum tahu, bisa dibilang bab inilah yang paling menentukan mutu gambar yang dihasilkan dari suatu PC. Bahkan penggunaan resource power listrik untuk spesifikasi game mampu meraih 200 Watt yang memang tergolong jenis high-end.

VGA card gaming

Jika PC cuma digunakan untuk penggunaan edit dokumen, aplikasi kantoran dan game dengan grafis rendah maka VGA on board yakni opsi yang bijak, jika tetap ingin memakai VGA eksternal agar mendapatkan grafis yang lebih baik maka carilah VGA external yang mempunyai resource power atau Watt yang rendah.

Power Supply Unit

Dari keseluruhan bagian dari sebuah PC, komponen inilah yang paling berpengaruh karena memang bagian inilah yang berfungsi untuk menyuplai daya ke seluruh komponen PC. Pada komputer atau PSU model usang umumnya mempunyai power efisiensi yang rendah dengan kisaran 50-70% saja

Artinya contohnya saja PC sedang digunakan dengan daya 100 Watt, maka daya yang diteruskan ke bagian PC cuma 50 Watt saja, sisanya dipakai untuk menyuplai circuit power supply itu sendiri dan diubah juga menjadi panas.

power supply pc hemat listrik

Pada PC jenis gres biasanya memiliki power efisiensi yang lebih baik kisaran 80-90% sehingga tidak terlalu banyak daya yang terbuang dan pastinya tampilan PC bisa makin meningkat secara signifikan.

Monitor

Jika anda masih memakai monitor jenis tabung / CRT maka wajib hukumnya untuk diupgrade ke jenis LCD maupun LED alasannya adalah pada type tabung CRT mampu mengkonsumsi daya listrik yang besarnya berkisar 70-100 Watt, dengan ukuran inch yang serupa pada LCD atau LED cuma berkisar 40-60 Watt saja.

monitor pc hemat listrik

Keuntungan yang lain ialah pada tipe monitor LCD tidak mengeluarkan radiasi sehingga lebih aman dan lebih sehat.

0 Response to "Penyebab Komputer Boros Listrik Dan Solusinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel