Jenis Kabel Listrik, Fungsi Dan Harganya

Dalam dunia kelistrikan jenis kabel listrik ialah wajib untuk dimengerti oleh teknisi beserta ukuran, fungsi dan lebih elok lagi penerapan yang sempurna untuk masing masing jenisnya agar penggunaanya sesuai dengan kapasitas yang ada.

Dan wajib dimengerti bahwa teknisi listrik tidak bisa sembarang pilih dalam memilih jenis kabel lsitrik yang mau digunakan, alasannya adalah alasannya untuk menghindari pemasangan type kabel yang salah dan tidak sesuai dengan kondisi kapasitas arus yang ada.

Daftar Isi :

Pengertian Kabel Listrik

Pengertian kabel listrik ialah suatu media yang berisikan materi konduktor yang fungsinya yaitu untuk menyalurkan arus listrik ke perlengkapan listrik.

Ada banyak sekali type kabel listrik yang tersedia dan dibentuk untuk banyak sekali fungsi penggunaan dengan spesifikasi yang berbeda beda pula untuk bisa menghantarkan arus listrik.

Penggunaan kabel yang tidak cocok mampu mengakibatkan hal yang tidak dikehendaki, misalnya kabel menjadi keunggulan beban / overload dan menjadi panas sehingga menyebabkan kebakaran.

Berikut konstruksi dasar kabel yang biasa digunakan

konstruksi dasar kabel listrik

Untuk instalasi rumah sendiri biasa dipakai kabel yang berisikan materi konduktor dan isolator, berikut ini klarifikasi detailnya :

Konduktor

Konduktor adalah bagian inti tembaga sejenis materi dari logam biasanya materi tembaga berupa serabut yang fungsinya untuk mengalirkan arus listrik. Selain materi tembaga juga dipakai bahan lainnya mirip alumunium, perak bahkan emas namun untuk penggunaan khusus yang pastinya harganya juga begitu mahal.

Kemampuan kapasitas sebuah kabel untuk menghantarkan listrik sangat ditentukan oleh ukuran dari konduktor yang digunakan.

Isolator

Isolator yakni sejenis materi yang tidak mampu menghantarkan arus listrik sehingga dipakai selaku pembungkus dari bahan konduktor biar tidak membahayakan dan semoga tidak terjadi relasi pribadi (konslet) antara phasa dan netral.

Bahan yang sering digunakan untuk isolator adalah karet, plastik dan mampu juga dari bahan polymer. Semakin baik tingkat isolator dalam menghalangi arus listrik dan menahan panas maka semakin anggun juga isolator tersebut.

Jenis Kabel Listrik

Nah berdasarkan type dan ukurannya maka jenis kabel listrik mampu dibedakan berbagai jenis, berikut ini detail fungsi kabel serta materi dan informasi harga yang mampu ditemukan :

Kabel Listrik NYA

Jenis kabel NYA yakni termasuk jenis kabel yang sederhana sebab hanya berisikan 1 kabel inti tembaga tunggal dan lapisan isolator terselubung yang biasanya terbuat dari bahan PVC.

Fungsi kabel NYA yang paling banyak digunakan selaku instalasi listrik rumah. Spesifikasi ukuran kabel NYA ini rata rata berkisar 1.5 mm – 2.5 mm untuk diameternya.

Kelebihan kabel NYA : Karena merupakan kabel inti tunggal sungguh mudah dan sederhana untuk instalasi kabel listrik sehingga jikalau ada tarikan kabel tertentu bisa dengan gampang dilakukan.

Kekurangan : Lapisan PVC hanya terdiri dari satu lapis dan tidak tahan kepada gigitan hewan pengerat mirip tikus atau terhadap cuaca hujan dan panas. Oleh alasannya adalah itu penggunaan direkomendasikan pada terusan pipa pemanis semoga lebih awet

Harga kabel NYA untuk 1 roll berkisar Rp 2.200 s/d Rp 300.000,- per meter

gambar kabel NYA
Gambar kabel NYA

Kabel Listrik NYM

Jenis kabel ini juga ialah yang paling banyak dipakai untuk instalasi rumah maupun gedung, intinya kebl NYM adalah kabel NYA yang digabung menjadi beberapa kabel yang diberi aksesori isolator agar lebih aman.

Ukuran kabel NYM sangat tergantung dari umlah inti kabel tembaga yang mampu berisikan 2, 3 sampai 4 bila dibutuhkan untuk pelengkap grounding.

Kelebihan : Dikarenakan terdapat isolator pemanis maka lebih kondusif dari NYA sehingga mampu ditempatkan di lingkungan berair maupun kering

Kelemahan : Jenis kabel ini tidak untuk ditanam pribadi ke tanah dan harganya cukup mahal.

Harga untuk kabel NYM lazimnya dijual dengan rentang harga Rp 7.000 s/d Rp 63.000,- per meter

gambar kabel NYM
Gambar kabel NYM

Kabel Listrik NYY

Kabel NYY intinya ialah penyempurnaan dari kabel NYA dan NYM alasannya bisa dipasangkan pada lingkungan lembab maupun kering. Sedangkan untuk keperluan kabel yang ditanam tetap dianjurkan perhiasan pipa. Konstruksi isolator kabel ini lebih kuat karena terdapat selubung embel-embel yang bahannya anti gigitan tikus.

Kelebihan : Penggunaan kabel bisa ditanam dan terdapat isolator anti gigitan tikus

Kelemahan : Harga yang tidak mengecewakan mahal

Harga kabel NYY rata rata berkisar Rp 322.000 untuk 2 inti kabel 1.5 mm dan Rp. 434.000 untuk 2 inti kabel 2.5 mm

gambar kabel NYY
Gambar kabel NYY

Kabel Listrik NYCY

Kabel NYCY yakni kabel untuk penggunaan selaku pnghantar dalam ruangan, bawah tanah bahkan untuk kanal terbuka kering maupun lembab, sungguh aman alasannya lapisan isolator terdapat lagi pelindung pita CU kabel sehingga tahan banyak sekali keadaan cuaca. Harga kabel NYCY telah pasti mahal sebab ketahanannya.

Berikut ini harga kabel NYCY per meternya :

Kabel NYCY uk 5c x 1.5 mm = 500 Mtr @ Rp. 21.000Kabel NYCY uk 30c x 1.5 mm = 500 Mtr @ Rp. 100.000

gambar kabel NYCY
Gambar kabel NYCY

Kabel Listrik NYAF

Jenis kabel NYAF secara konstruksi tidak jauh berbeda dengan kabel NYA alasannya adalah sama sama berinti tunggal dengan satu lapisan isolator PVC. Perbedaanya ialah jenis inti tembaga yang dipakai adalah menggunakan jenis serabut dengan tujuan untuk membuat lebih mudah instalasi pada area yang banyak memiliki tekukan misalnya saja pada panel listrik yang memang memerlukan jenis kabel dengan kelonggaran tinggi untuk mempermudah perakitan.

Kelebihan : Mudah dalam instalasi sebab terbuat dari ini tembaga serabut

Kelemahan : Tidak cocok dipakai di lingkungan yang lembab atau pada luar ruangan. alasannya bisa menimbulkan korosi.

Harga kabel ini cukup murah yakni berkisar Rp 2.800 s/d Rp 450.000,- per meter

gambar kabel NYAF
Gambar kabel NYAF

Kabel Listrik NYBY / NYFGbY / NYRGbY

Kabel listrik ini disebut juga NYFGbY/NYRGbY terdiri dari materi isolator yang sangat besar lengan berkuasa dan bisa dipasang tanpa diperlukan lagi pelindung pipa kalau akan dijalankan instalasi bawah tanah yang tidak terlampau dalam, optimal 80 cm dengan suhu optimal 70°C. Walaupun lapisan isolator sangat bagus namun untuk penggunaan ditanam dengan tekanan yang tinggi tetap diperlukan pelindung.

Kelebihan : Kabel ini mempunyai lapisan isolator yang sangat baik

Kelemahan : Harga yang mahal.

Harga kabel NYFGbY berkisar Rp 12.500 s/d Rp 935.000,- per meter

gambar kabel NYBY
Gambar kabel NYBY / NYFGbY / NYRGbY

Kabel Listrik NYMHYO

Kabel NYMHYO bergotong-royong bukan peruntukkan instalasi listrik arus besar, tetapi lebih disarankan penggunaan untuk arus rendah saja misalnya saja kabel speaker, audio video, kabel pada rangkaian elektronik tertentu dan lain lain. Karena penggunaan nya khusus indoor maka tidak dibutuhkan isolator dengan tahan cuaca.

Kelebihan : Terdiri dari banyak inti tembaga

Kelemahan : Tidak tahan panas

Harga kabel NYMHYO untuk inti 1 dengan tembaga 0.75 yakni Rp.180,000 dan Rp.310,000 untuk tembaga 1.5 mm

gambar kabel NYMHYO
Gambar kabel NYMHYO

Kabel Listrik NYMHY/NYYHY

Kabel NYMHY/NYYHY pastinya telah pernah sahabat teknisi dapatkan di instalasi listrik rumah alasannya adalah memang sering sekali dipakai biasanya untuk di atap atau dinding. Inti tembaga berupa serabut umumnya terdiri dari 3 inti dengan lapisan isolator yang cocok dipakai selaku pelindung semoga kondusif bagi insan. Tetapi jenis kabel NYYHY tidak cocok untuk dipakai di luar ruangan.

Kelebihan : Mudah dalam instalasi karena berbentuk inti serabut

Kelemahan : Tidak cocok dipakai di luar ruangan

Harga kabel NYYHY berkisar antara Rp 6.000 s/d Rp 104.000,- per meternya

gambar kabel NYYHY
Gambar kabel NYMHY/NYYHY

Kabel Listrik ACSR

Kabel jenis ACSR tidak digunakan untuk instalasi listrik rumahan ataupun tegangan kecil sebab hanya dipakai pada perusahaan listrik saja misalnya PLN. Kabel ini lazimnya dipakai untuk menghantarkan tegangan ekstra tinggi antar menara distribusi listrik.

Kabel ini berbahan alumunium dengan inti kawat baja serta juga tidak terdapat isolator dengan tujuan untuk mendinginkan inti utama kabel sebab memang dengan menghantarkan tegangan tinggi maka suhu kabel juga akan cukup tinggi. ACSR sendiri adalah akronim dari Aluminium conductor steel-reinforced cable yang merupakan bahan dari inti kabel tersebut.

gambar kabel ACSR
Gambar kabel ACSR

Kabel Listrik AAAC

Kabel Listrik AAAC juga tergolong kabel yang tidak memiliki isolator pelindung sebab memang bukan kabel sembarangan. Nama kabel tersebut juga yaitu abreviasi dari bahan kabel itu sendiri ialah Aluminium Alloy Conductors (AAAC) yang dibentuk dari materi gabungan alumunium dan magnesium. Biasanya kabel ini banyak dipakai selaku penghantar anti petir ke grounding.

Kelebihan : Karena terbuat dari bahan alumunium maka beratnya juga ringan ketimbang kabel dengan ukuran yang serupa dari materi tembaga disamping itu juga tahan kepada korosi.

gambar kabel AAAC
Gambar kabel AAAC

Kabel Listrik ACAR

pada dasarnya sama dengan kabel ACSR tetapi dengan spesifikasi bahan inti konduktor memakai logam campuran sehingga lebih kuat dan kokoh.

ACAR sendiri ialah singkatan dari Aluminium Conductor Alloy Reinforced yang memiliki kelebihan dibandingkan kabel ACSR, AAC or AAAC dari segi mekanikal dan elektrikal sehingga sering digunakan untuk transmisi listrik serta jalur distribusi listrik PLN.

gambar kabel ACAR
Gambar kabel ACAR

0 Response to "Jenis Kabel Listrik, Fungsi Dan Harganya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel