Cara Service Tv China Mati Total

Sobat teknisi kali ini aku akan share cara service tv China mati total yang barangkali pengalaman dan dari aneka macam sumber yang ditemukan bisa bermanfaat bagi teknisi yang lain.

Saya pribadi lazimnya akan lebih senang mendapatkan kerusakan TV china mati total bila ketimbang kerusakan adanya cacat tidak normal baik di penampilan gambar maupun suaranya, alasannya adalah kerusakan mati total lazimnya penyebab dan pencarian kerusakan elektronika nya lebih mudah dibandingkan cara perbaiki tv mati standby.

Asalkan pastinya bukan alasannya adalah TV kena petir ya karena sukar menebak hingga separah apa kerusakannya tanpa pengecekan menyeluruh.

Daftar Isi :

Cara Service TV China

Umumnya pada mesin TV China, rangkaiannya tidak rumit dan tidak terdapat banyak proteksi misalnya saja seperti pada kerusakan TV Sharp Protek yang terkenal banyak proteksi sehingga butuh cukup waktu dan tentuya ketelitian juga.

Mesin Tv China

Nah bila dijumpai kerusakan mati total pada TV china mirip brand Wansonic, Wcom, changhong dan merk abnormal lainnya baik pada ukuran 14 inch atau 21 inch kemungkinan mampu ditebak penyebabnya yaitu pada bagian horizontal ( Flyback, Transistor Horizontal short), bab power supply IC atau transistor short dan terakhir pada blok Video Amplifier.

Kenapa bagian bab ini sering rusak ? alasannya karena biasanya pada TV China memakai tabung CRT bekas monitor yang kita tahu defleksi yoke nya memiliki impedansi yang kecil dengan ukuran yang besar juga sehingga ketiga blok tadi dipaksa untuk mampu bersusah payah dan tidak gila kalau terjadi kerusakan cukup sering.

Walaupun demikian bukan berarti perbaikan TV Cina ini bisa disepelekan alasannya adalah tentunya tetap diharapkan evaluasi kerusakan dengan benar biar bisa didapatkan TV mati total dengan lampu indikator tidak menyala ini apa penyebabnya. Nah berikut ini sudah sara rangkum beberapa diantaranya yang paling sering terjadi :

Kerusakan Blok Power Supply

Blok power supply TV China yang paling kerap terjadi kerusakan ialah tegangan B+ 110V menghilang atau drop, bisa juga tegangan 24 Volt selaku supply untuk blok vertikal. Yang harus ditentukan untuk dicek ialah fuse tentukan tidak putus, dioda bridge short, kapasitor filter short sehingga tegangan menjadi rendah dan TV mati total.

Umumnya jikalau memang terjadi kerusakan pada komponen akan cukup terlihat jelas perbedaannya alasannya kualitasnya umumnya tidak terlampau bagus. Misalnya saja kapasitor elco akan tampakmenggembung, resistor berganti warna alasannya kepanasan.

skema tv china power supply

Kerusakan Blok Horizontal

Contoh kerusakan yang disebabkan dari bagian horizontal contohnya Tv mati total, flyback berdenging, transistor power horizontal short. Seperti yang kita tahu blok horizontal ini yaitu syarat yang wajib ada semoga TV bisa berfungsi normal sehingga tentukan tegangannya wajar . Jika drop maka mampu dicek putus jalur PCB dari power supply apakah drop disebabkan dari power supply atau salah satu unsur horizontal rusak.

Beberapa hal yang mampu menimbulkan turunnya tegangan pada blok horizontal adalah Elco yang kering, dioda damper yang short meskipun agak jarang kasus ini terjadi. Namun kalau terjadi short pada dioda damper lazimnya tegangan tidak akan turun hingga 0 volt.

Dioda damper Tv china
Rangkaian Dioda Damper dan Bentuknya

Pernah juga ditemui kerusakan transistor horizontal short terus ternyata penyebabnya yakni cop karet flyback yang melekat pada tabung CRT sudah mengering karena kualitasnya jelek sehingga ada bocor tegangan tinggi yang menyambar ke mainboard dan menyebabkan short horizontal

Kerusakan Blok Vertikal

Kerusakan pada blok vertikal tv china yang mengakibatkan mati total ialah tidak jauh dari hilangnya tegangan +24 VDC dari power supply. Cek apakah IC vertikal pecah atau tidak, elco yang kering, dioda zener short dan lain lain. Untuk dikenali tegangan output vertikal berkisar antara 12V-16Vdc yaitu dari IC vertikal menuju defleksi vertikal.

Jika IC vertikal sesudah diganti terus menerus rusak cek juga pada artikel penyebab IC vertikal pada TV jebol terus. Berikut dibawah ini teladan skema TV vertikal China bagian vertikal.

skema tv china blok vertikal

Nah agar postingan perihal cara servis tv cina ini mampu berguna ya untuk rekan teknisi pengunjung web ini.

0 Response to "Cara Service Tv China Mati Total"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel