Teknik Dasar Troubleshoot Mencari Kerusakan Elektronika

Teknik dasar troubleshoot ini aku buat sebagai kiat pengalaman saya selama ini di dunia service elektronik untuk memudahkan rekan rekan teknisi yang lain dalam aktivitas service TV, LCD, maupun barang elektro lainnya. Ada beberapa langkah step by step yang mampu dikerjakan biar pekerjaan reparasi menjadi lebih efektif.

Biasanya ketika saya mendapatkan pasien untuk direparasi maka yang harus dikenali ialah secara berurutan :

Daftar Isi :

1. Ketahui Kerusakan TV

Ketika menerima unit barang elektronik apapun itu wajib konfirmasi dari konsumen seperti apa kerusakannya, mirip apa tanda-tanda mulanya kerusakan untuk memudahkan kita nantinya dalam memperkirakan dan mengevaluasi bab yang rusak.

2. Bersihkan Perangkat

Selalu bersihkan perangkat elektronik yang akan direpair misalnya pada TV maka mesti dibersihkan bagian mainboard terutama yang dicurigai sebagai sumber kerusakan.

Debu ialah salah satu penyebab kerusakan pada barang elektronik alasannya adalah mampu mengakibatkan resistansi unsur berubah sehingga fungsi menjadi tidak normal.

Sedangkan bila TV kena air maka biasanya kerusakan akan lebih parah sebab niscaya terjadi korsleting rangkaian TV apalagi jikalau kena air nya saat TV sedang menyala.

Baca juga : TV kena Air

Setelah dilaksanakan pembersihan coba lagi dinyalakan apakah telah wajar atau belum, kalau belum maka mampu dipastikan ada bagian yang rusak.

membersihkan pc motherboard

3. Perkirakan Blok Yang Rusak

Dalam membagi blok mana yang rusak maka setidaknya harus mengetahui bagian / blok dasar unit tersebut contohnya pada TV yaitu blok power supply, horizontal, vertikal, dll. Dalam memperkirakan blok yang rusak akan sungguh gampang dikerjakan oleh teknisi yang terlatih.

Baca juga : TV kena petir

4. Perkecil Area Pengecekan/ Pengukuran

Walaupun telah memilih blok mana yang mengalami kerusakan pastinya akan tetap kesusahan mendapatkan kerusakan bila area yang dicek sangat luas, oleh kesudahannya perkecil area pengecekan untuk mendapatkan unsur yang dicurigai rusak.

5. Penggantian Komponen Yang Rusak

Setelah membatasi area kemungkinan kerusakan maka ukur tegangan, resistansi, kapasitansi dan lain lain tergantung unsur yang ada di blok tersebut.

penggantian komponen rusak

Contoh penggantian flyback

Cara service TV, DVD, LCD, LED, PC dan alat elektro lainnya dengan tata cara diatas pastinya dibutuhkan sebuah indikasi atau ciri kerusakan pada komponennya, nah berikut ini indikasi yang harus senantiasa diamati :

  1. Penglihatan, amati semua bab perangkat contohnya TV maka cek bagian mainboard, PCB video, apakah ada bagian yang hangus terbakar, jalur PCB retak, kemungkinan TV kena petir dll
  2. Pendengaran, pada beberapa komponen jika mengeluarkan suara yang tidak wajar maka ada yang tidak beres baik di bab input maupun outputnya, contohnya saja suara denging pada flyback.
  3. Penciuman, komponen yang hangus terbakar pastinya mengeluarkan busuk. Misalnya pada flyback jika mengalami kebocoran muncul anyir khas ozon
  4. Sentuhan, cek pada bagian heatsink apakah panasnya normal atau berlebihan, apakah ada bagian yang longgar alasannya solderan telah retak atau tidak ? tetapi wajib diperhatikan apakah unsur tersebut mengandung tegangan tinggi atau tidak

Nah demikian artikel ihwal tips service elektro kali ini semiga berguna.

0 Response to "Teknik Dasar Troubleshoot Mencari Kerusakan Elektronika"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel