Cara Service Lcd/ Led Tv Mati Total

Di postingan kali ini aku akan share bagaimana cara memperbaiki atau service kerusakan LCD/ LED TV mati total, bagi orang awam mungkin kerusakan seperti tidak inginhidup sama sekali menunjukkan tanda-tanda kerusakan yang parah.

Tetapi bagi teknisi akan membuat lebih mudah analisa kerusakan alasannya hampir 90% mampu dipastikan kerusakan ada pada bab blok power supply sehingga mempercepat perbaikan.

Walaupun demikian tetap diperlukan analisa yang jeli sebab mati total juga banyak jenisnya contohnya saja pada beberapa merk TV kerusakan yang terjadi pada TV LCD LG, LED brand LG maupun Samsung TV mati mendadak, tv tiba tiba mati sendiri, atau bahkan tv lcd mati total kena petir.

Sebelum menerangkan lebih jauh ada baiknya kita mengetahui dahulu mirip bagaimana korelasi antar blok / modul semoga teknik evaluasi kerusakan tv bisa dijalankan dengan benar :

diagram blok lcd led tv
bagian bagian mesin tv lcd led

Secara sederhana dapat diterangkan cara kerja blok power supply SMPS pada LCD / LED TV adalah :

  1. Saat TV diberi tegangan PLN maka dari power supply kecil (pada gambar : Standby reg 5V) akan ada tegangan 5V untuk mikrokontrol pada main board.
  2. Lampu standby menyala merah kalau tegangan mikrokontrol normal 5V
  3. Saat tombol power ditekan maka mikrokontrol akana mengecek setiap blok modul kalau tidak ada problem yang lazimnya ditandai dengan LED yang kedip kedip pada LCD TV.
  4. Jika terdapat duduk perkara maka akan menyala standby
  5. Jika semua modul/ bab pada LCD wajar mikrokontrol akan mengantarkan sinyal “ON” ke bagian blok power supply utama SMPS semoga menciptakan tegangan 12/24V yang nantinya digunakan untuk power ke mainboard dan inverter (lampu LED ballast).
  6. LED backlight menyala setelah ada tegangan power supply 24V, rangkaian inverter bekerja dan PWM-DIM sudah aktif.

Cara Memperbaiki TV LCD/ LED mati total

Seperti diterangkan diawal kemungkinan besar disebabkan oleh power supply / regulator oleh karena itu perbaikan bisa difokuskan ke power supplynya. Berikut langkah langkah nya :

  1. Ukur tegangan sesuai label tegangan yang ada pada main board SMPS
  2. Tegangan untuk standby mikrokontroler wajib ada 5V, pada sebagian TV ada juga yang 3,5V oleh alasannya adalah itu wajib cek label tegangan di mainboard
  3. Jika tegangan standby 5V tidak ada bisa ditentukan power supply yang kecil mengalami kerusakan
  4. Cek apakah sudah ada tegangan kendali “ON” dari main board dikala power on dinyalakan ?
  5. Jika tidak ada maka ada kemungkinan main board rusak.
  6. Jika ada maka perlu dijalankan pengecekan di SMPS utama kenapa power supply utama tak inginmelakukan pekerjaan sehingga tidak ada supply 12/ 24V.

Sebenarnya kerusakan unsur pada TV tabung dan LCD masih sama saja seputar dioda zener yang short, IC kecil yang putus, regulator power supply pada bagian osilatornya tidak bekerja dll. Namun pada TV LCD ini jangan lupa umumnya terdapat unsur MOSFET regulator yang mengarah sebelum ke trafo switching.

Bahkan tidak jarang juga didapatkan kapasitor kering, telah menggembung sehingga menimbulkan power supply tegangannya menjadi turun dan tidak mampu bekerja dengan wajar .

Tabel tegangan pada SMPS TV LCD/ LED

Tabel tegangan pada SMPS TV LCD LED

Untuk membuat lebih mudah mampu dilaksanakan pengecekan dengan cara mencabut kapasitor/ elko dan mengukurnya dengan AVO meter apakah short atau tidak, lebih baik lagi memakai ESR meter semoga pengukuran lebih akurat.

Karena dikala ini belum banyak toko elektronika yang memasarkan bagian komponen kecil yang mengalami kerusakan, maka dianjurkan bila memang sudah mentok mampu menggunakan gacun regulator / board power supply alternatif sebagai penggantinya, lazimnya disebut juga universal regulator.

Contoh gacun TV untuk LCD/ LED TV

gacun untuk lcd led tv

Yang wajib dimengerti yaitu tegangan yang dibutuhkan untuk tiap pin yang ada pada soket power supplynya jangan sampai salah, yang mampu dilihat juga di papan PCB power supplynya . Jika ada tegangan yang tidak sesuai akan sungguh fatal.

0 Response to "Cara Service Lcd/ Led Tv Mati Total"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel