Cara Memperbaiki Tv Lcd Samsung 40 Inch Mati Hidup Dan Suara Tiktik

Pada kali ini saya akan share cara memperbaiki LCD Samsung 40 inch dengan kerusakan mati hidup dan ada suara tik tik / tek tok, bahu-membahu kerusakan seperti ini mampu juga terjadi pada TV dengan ukuran dan bahkan untuk brand yang berlawanan juga.

Perlu diingat ya kerusakan mati hidup yang kebetulan saya terima ini berbeda dengan kerusakan LCD TV mati total di artikel sebelumnya tetapi tidak menutup kemungkinan penyebabnya juga sama.

Pertama yang mesti dilaksanakan yakni buka dahulu semua baut bagian belakang casing LCD TV, pastikan dulu sebelum membuka casing untuk mencabut semua sumber listrik PLN ya dan beri landasan untuk bagian bawah / dispplay LCD TV biar permukaan tidak gores.

buka casing lcd tv

Bagi yang belum tahu blok diagram TV LCD/ LED berikut ini blok diagram secara biasanya serta bagian bagian per blok nya

board pada lcd tv

Kerusakan yang berafiliasi dengan mati total/ mati hidup maupun standby mampu sangat berhubungan dengan blok power supply oleh alasannya itu cek seluruh keadaan komponen yang ada di blok power supply bisa saja ada yang terbakar atau mungkin bocor.

Pada perkara LCD Samsung yang saya terima ini kerusakan ternyata ada pada Elco 2200 uF yang sudah mengalami kerusakan yang bisa dilihat dari cap tutup bab atasnya sudah pecah / kembung seperti berikut ini :

elko blok power supply pecah

Sebagai isu saja untuk mengganti kapasitor kembung seperti ini tentukan untuk mengubah dengan kapasitas yang sama, kecuali untuk tegangan jika memang terdapat elko dengan tegangan yang lebih tinggi maka lebih anggun.

Perhatikan juga elko yang lain mungkin saja ada yang sudah menawarkan kerusakan, namun tidak semua elko yang rusak memberikan kerusakan fisik seperti kembung atau pecah ya. Biasanya lebih akurat untuk mengukur baik tidak nya elko dengan menggunakan ESR meter.

Demikian share troubleshooting kerusakan lcd TV Samsung kali ini agar berguna.

0 Response to "Cara Memperbaiki Tv Lcd Samsung 40 Inch Mati Hidup Dan Suara Tiktik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel