Apa Itu Esr Meter ?

Pada artikel kali ini saya akan share perihal apa itu ESR meter, cara pakai, fungsi dan sedikit tips menciptakan esr meter ini. Sebelum melanjutkan telah tahu pastinya bahwa baik di TV model lama ataupun gres penggunaan komponen elko atau kondensator sungguh banyak digunakan bukan ?

Elko ini mirip yang kita tahu komposisinya terdiri dari cairan elektrolit dan bisa jadi kapasitas nya sewaktu waktu turun seiring dengan umur pemakaian alat elektronik.

Akibatnya yaitu elko juga bersifat resistif yang disebabkan menurunnya kinerja cairan elektrolit di dalam kapasitor (lihat juga artikel cara kerja kapasitor), dalam bahasa kasarnya elko seperti diseri dengan sebuah resistor.

Untuk model englishnya mampu juga cek di pemahaman ESR meter Wiki di wikipedia.

Kejadian berkurangnya cairan elektrolit kapasitor seperti ini umumnya disebut Elko kering oleh para teknisi. Elko yang kering akan berakibat aneka macam macam gangguan pada TV yang umumnya susah dilacak alasannya memang alat ukur biasa tidak bisa mendeteksi elko yang rusak ini. Lalu bagaimana cara memperbaiki kerusakan mirip ini ?

Biasanya ada teknisi yang mengubah semua elko yang ada di rangkaian tidak perduli apakah elko tersebut rusak atau tidak. Kadang cara ini sukses tetapi pastinya melelahkan karena komponen kapasitor tersebut sangat banyak digunakan di sirkuit.

Nah disinilah ESR meter akan sungguh membantu, ESR ialah kependekan dari Equivalent Series Resistance. Secara kasarnya bisa dibilang alat ukur ini yakni ohm meter nya kapasitor dan bahwasanya secara fungsi tidak jauh berlainan dengan Ohm meter. Yang membedakan yaitu pada alat ukur Ohm meter memakai arus DC sedangkan ESR menggunakanan arus AC.

cara kerja esr meter

Fungsi ESR Meter

Berikut ini beberapa fungsi dari ESR meter ini :

  1. Mengukur mutu baik tidaknya suatu elko baik gres atau bekas, jika diukur dengan ohm meter kesannya tidak valid alasannya hanya mengukur resistansi saja.
  2. ESR meter bisa mengevaluasi elko yang rusak di rangkaian tanpa perlu mencabut elko dari rangkaian sehingga hanya akan mengganti elko yang rusak saja.
  3. ESR bisa juga digunakan untuk mengukur flyback yang short/ bocor lazimnya dibagian gulungan primer antara pin kolektor transistor horizontal dengan B+, mampu juga untuk mengukur deflection yoke. Bisa juga dengan AVO meter namun tentunya mesti melepas dulu bukan ? pada ESR meter ini penggunaannya tidak perlu melepas bagian yang akan diukur
  4. ESR mampu mengukur kondisi sebuah baterai cas / baterai recharegable apakah masih anggun atau tidak.

Tips Membuat ESR Meter

Tertarik untuk memiliki alat ukur ini ? mampu dibilang alat ukur serba guna ini ialah tool wajib yang harus dimiliki teknisi elektro sehabis AVOmeter tentunya.

Jika dicari secara online pun cukup mudah untuk merakit ESR meter rakitan sederhana yang pastinya kualitasnya tidak kalah dengan yang dijual di pasaran.

Berikut ini yakni rangkaian ESR meter yang cukup sederhana :

Rangkaian ESR meter

ESR Meter shcematic

Rangkaian ini berisikan :

  • Schmit trigger yang membentuk sebuah osilator dengan frekuensi 150Khz, yang disusun oleh IC 74HC14N
  • Blok penguat arus yang disusun dari beberapa Schmit triger paralel.
  • Transistor penguat frekwensi tinggi 2N2222 yakni untuk penguat frekuensi 150Khz
  • Blok diode bridge sebagai penyearah frekuensi tinggi 150Khz agar mampu terbaca ke VU meter
  • Alat ukur VU meter analog, bisa juga digunakan bekas AVO yang masih baik.

Cara kalibrasi ESR meter :

Testing dan Kalibrasi

  • Jika TP1/TP2 untuk pengukuran kapasitor dishortkan maka meter mesti dapat menyimpang penuh di VU meter dengan cara adjust VR.
  • Jika VU meter tidak sarat  menyimpang, kecilkan nilai R 100 Ohm (emitor transistor 2N2222)
  • Semakin besar kapasitor yang diukur, biasanya diatas 10uF, jarum akan menyimpang sarat seperti halnya ohme meter
  • Untuk kapasitor yang mempunyai kapasitansi kecil dibawah 10uF jarum VU meter tidak akan menyimpang sarat , untuk membedakannya coba cabut kapasitor di PCB board TV jepang yang umumnya memiliki kualitas kapasitor yang manis dan coba ukur bandingkan dengan kapasitor pada TV cina.

Tips menciptakan ESR meter ini yang harus diketahui ternyata untuk IC 74HC14N ternyata di beberapa lokasi agak sukar didapat selain itu bagi rekan teknisi yang tidak ada waktu untuk membuatnya pastinya akan kesulitan.

Jika berkeinginan memiliki ESR meter ini kami juga menyediakan ESR meter analog siap pakaia dengan harga terjangkau dan terdapat 2 pilihan ialah :

  1. ESR meter analog versi VU ( Rp 120.000 ) ESR meter analog VU
  2. ESR meter analog versi AVO meter ( Rp 150.000 )
ESR meter analog versi AVO meter

Spesifikasi untuk keduanya :

  1. Versi VU meter menggunakan VU meter selaku pembaca pengukuran sedangkan versi AVO meter adalah adaptasi dari AVO meter analog
  2. Menggunakan battery 9V
  3. Dilengkapi dengan potensio untuk kalibrasi
  4. Dilengkapi isyarat pemakaian

Fungsi keduanya sama yang membedakan cuma bentuk dan meter pembacaannya saja. Untuk pembelian bisa ke halaman berikut dan klik pada tombol Tambah ke keranjang :

  1. ESR Meter tipe VU meter
  2. ESR Meter tipe AVO meter

0 Response to "Apa Itu Esr Meter ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel