Tutorial Cara Memperbaiki Mesin Cuci Sendiri

Bagi pemilik mesin basuh tidak ada salahnya bisa memperbaiki mesin basuh sendiri khususnya kerusakan ringan karena ketika ini mesin basuh alias washing machine bukan lagi barang glamor.

Hampir setiap rumah tangga pasti memiliki perabotan yang satu ini alasannya adalah harga yang makin murah dan merek yang semakin bermacam-macam juga menciptakan banyak orang mulai beralih menggunakan mesin cuci ketimbang mencuci manual.

Namun demikian, mesin cuci juga tak luput dari banyak sekali masalah yang menghampiri. Mulai dari mesin yang tidak mau berputar (motor wash tidak bekerja) sampai pengering yang tidak bekerja (motor spinner tidak melakukan pekerjaan ).

Mungkin Anda sendiri sudah pernah mencicipi pusingnya mengalami problem tersebut. Nah, untuk itu postingan berikut akan menerangkan seputar bagaimana cara memperbaiki mesin basuh sendiri tanpa perlu di bawa ke tukang servis atau mengundang teknisi service sesuai brand mesin basuh.

cara memperbaiki mesin cuci sendiri
Cara memperbaiki mesin cuci sendiri

Cara Memperbaiki Mesin Cuci Sendiri Sesuai dengan Kerusakan

Untuk bisa mulai memperbaiki masalah pada mesin basuh, Anda mesti tahu apalagi dahulu apa masalahnya. Beberapa dilema yang paling sering terjadi adalah mesin cuci tidak mau berputar cuma bunyi berdengung dari dinamo alias motor listrik atau motor wash.

Selain itu ada beberapa persoalan lain seperti pengering yang tidak mau jalan, ataupun persoalan ringan mirip mesin basuh tidak mampu membilas bersih. Akan lebih baik lagi kalau anda mempunyai sedikit ilmu kelistrikan alasannya adalah sedikitnya mampu menolong karena nyaris pada setiap mesin basuh selalu terdapat diagram kelistrikan mesin basuh tersebut seperti pola dibawah ini rangkaian mesin cuci sharp 1 tabung

diagram kelistrikan mesin cuci.jpg
Contoh diagram kelistrikan mesin cuci sharp

Bagi anda yang belum lama berbelanja mesin cuci dan masih dalam kala garansi bisa juga menghubungi nomor call center yang biasanya nomor nya telah tertempel pada body mesin basuh, umumnya call center ataupun teknisi service center bisa menolong untuk menyelesaikan maslaah yang ringan.

Namun bila telah lewat periode garansi biasanya tetap kena charge perbaikan sehingga ada baiknya menjajal memperbaiki sendiri, berikut diterangkan beberapa masalah yang sering timbul dan cara mengatasinya.

Daftar Isi :

Memperbaiki Mesin Cuci yang Berdengung Tapi Tidak Berputar

Perlu diketahui bahwa ada beberapa penyebab mengapa mesin basuh hanya berdengung tetapi tidak mau berputar tetapi yang paling lazim yaitu overload alias kelebihan beban. Masalah ini sendiri mampu muncul baik di mesin cuci model 1 tabung maupun versi 2 tabung.

Penyebab utama mesin cuci berdengung yaitu sebab beban busana di dalamnya yang terlampau berat/ overload. Beban tersebut membuat mesin basuh tidak sepadan atau senter dan kesulitan untuk berputar.

penyebab mesin cuci yang berdengung dan tidak berputar
Penyebab mesin basuh yang berdengung dan tidak berputar sebab overload

Untuk menanggulangi problem ini, Anda hanya perlu meminimalkan beban pakaian yang ada di dalam tabung. Atau bila tidak, Anda bisa mengatur agar baju yang masuk dalam mesin basuh tertata secara sebanding. Kurang lebih mirip itu cara memperbaiki mesin basuh yang berdengung.

Untuk menentukan lagi coba kosongkan dulu semua busana yang mau dicuci kemudian coba fungsi washing ( mencuci ) dengan memutar timer untuk fungsi mencuci apakah mesin cuci bisa berputar atau tidak.

Untuk kerusakan mesin basuh 1 tabung yang tak inginmencuci, maka kemungkinan ada kesalahan pembacaan sensor banyaknya pakaian yang dimasukkan, perlu dimengerti pada mesin cuci 1 tabung yang umumnya telah full otomatis terdapat fitur otomatis yang membaca seberapa banyak busana yang dicuci.

Mengatasi Mesin Cuci Dinamo Tidak Berputar Sama Sekali

Nah, jikalau dilema di atas disebabkan oleh beban yang terlalu berat, maka dilema yang satu ini lain lagi adalah mesin cuci tidak mau berputar cuma suara berdengung dari dinamo.

Jika dinamo mesin basuh sama sekali tidak berputar walaupun tanpa adanya cucian ataupun air, maka penyebabnya adalah daya listrik tidak hingga ke dinamo tersebut. Artinya, mungkin ada beberapa kabel dari sumber daya atau stop kontak yang terputus. Baik sebab usia pakai atau disantap tikus.

Kebanyakan yang terjadi ialah kabel putus karena gigitan tikus/ curut, apalagi jika pada body mesin basuh memang terdapat celah untuk masuknya tikus, coba amati juga pada bagian bawah mesin cuci biasanya terdapat bab yang riskan berlubang oleh gigitan tikus.

kabel mesin cuci digigit tikus
Kabel mesin cuci digigit tikus, amati pada bagian yang dilingkari

Anda bisa mulai dengan mengusut bab dinamo pada belakang mesin basuh. Periksa apakah ada kabel yang terkelupas atau terputus alasannya adalah umumnya kabel di area tersebut sungguh rawan disantap tikus. Bila ada kabel yang semrawut, Anda bisa menggantinya dengan kabel gres. Jangan lupa untuk menaruh beberapa kamper atau kapur arus semoga serangan tikus bisa dihemat.

Bagaimana jika ternyata gigitan tikus sudah sangat parah dan sulit untuk menyambungkan kabel yang putus alasannya adalah sudah tidak tampaksambungan kabelnya ? cara alternatif yang bisa dijalankan yakni dengan berbelanja kabel mesin basuh terseut ke service center bersangkutan, lazimnya teknisi service mengenal satu set kabel mesin cuci dengan wire harness.

kabel mesin cuci
Kabel mesin basuh

Pada mesin basuh satu tabung rangkaian kabel mesin basuh ini terdapat pada bagian belakang dan dibagian depan erat dengan modul mesin cuci tersebut. Sedangkan pada mesin basuh 2 tabung kebanyakan instalasi kabel ada pada bagian belakang body bersamaan dengan kapasitor.

Mengatasi Pengering Mesin Cuci Tidak Mau Berputar

Masalah pengering ini sepertinya paling banyak ditemukan. Sebenarnya, cara memperbaiki pengering mesin basuh ini gampang saja bila Anda telah tahu penyebabnya. Ada beberapa kemungkinan mengapa pengering tidak mau berputar.

Penyebab pertama ialah alasannya adalah kerusakan pada Door Switch. Door Switch atau sensor ini normalnya akan mengizinkan mesin pengering berputar setelah pintu mesin basuh ditutup yag tentunya berfungsi agar mesin cuci aman untuk digunakan.

Sensor door switch mesin cuci
Sensor door switch mesin basuh, amati terminal pada bab dilingkari sering karatan

Namun bila rusak, maka pengering cuma bergeming dan tidak inginberputar. Solusinya pasti, Anda bisa menggantinya dengan yang baru, dalam keadaan darurat bisa juga dengan menyiasati caranya dengan membuka bab belakang mesin basuh dimana letak sensor door switch tersebut.

Sering didapatkan sensor switch dalam kondisi berkarat sehingga kontak terminal nya telah tidak mampu mengalirkan listrik, mampu juga dengan meng-short-kan terminal sensor door switch tersebut namun cara ini tidak dianjurkan alasannya adalah mesin basuh menjadi kurang kondusif.

Penyebab selanjutnya yakni sebab kapasitor yang rusak. Ciri-ciri kapasitor rusak pada mesin cuci yaitu keluarnya suara berdengung dikala pengering mulai dilaksanakan namun tidak ada perputaran sama sekali pada dinamo listrik. Suara dengung tersebut timbul sebab ada arus listrik yang masuk ke dinamo tetapi gagal di ubah menjadi gerakan pada pengering.

Kapasitor mesin cuci 1 tabung
Kapasitor mesin cuci 1 tabung

Cara memperbaiki mesin basuh untuk problem ini yakni dengan mengubah dengan kapasitor baru. Adapun untuk harga kapasitor mesin cuci yaitu sangat bergantung kepada ukuran kapasitas mesin cuci tersebut, semakin besar kapasitas mesin cuci maka kian besar pula motor listrik dinamonya dan pastinya kian besar pula kapasitor yang diharapkan untuk menggerakkan dinamo.

Namun jangan lupa juga kemungkinan kerusakan pada dinamo listrik mampu jadi sebab gulungan atau coil nya rusak short terkena air sehingga tidak berputar sama sekali, gejalanya hampir sama dengan kerusakan kapasitor sehingga ada baiknya anda juga mampu mengukur kapasitor dengan multimeter.

Air Bocor pada Mesin Cuci

Nah, duduk perkara yang berikutnya yaitu mesin basuh yang sering bocor airnya. Mungkin Anda telah jengkel dengan mesin cuci yang terus menerus meneteskan air dan menciptakan lantai menjadi becek. Penyebab dari duduk perkara ini adalah karena seal pembuangan telah kotor.

Karet seal yang telah getas juga bisa menciptakan air terus mengucur keluar meskipun kran tidak dalam posisi kuras. Selain itu, kemungkinan per pembuangan yang ada di dalam seal sudah berkarat atau malah patah.

Untuk cara memperbaiki mesin cuci 1 tabung ataupun 2 tabung yang mengalami dilema ini, Anda bisa menjinjing contoh seal tersebut ke toko spare part untuk dicarikan gantinya. Ingat, bawalah teladan seal tersebut sebab banyak sekali model seal yang sepertinya seperti, namun tidak pas ketika dipasang.

seal mesin cuci untuk bagian pengering
Seal mesin basuh pengering

Penyebab mesin cuci terus mengeluarkan air selain dari seal bisa juga alasannya adalah ada benda asing yang mengganjal bab klep yang berfungsi untuk menutup terusan air saat klep tersebut ditutup, lazimnya benda abnormal mirip ini mampu berbentukkawat BH, uang logam, atau benda lainnya yang menghalangi klep menutup dengan sempurna.

klep mesin cuci yang kotor
Klep mesin cuci untuk drain yang terdapat banyak kotoran

Mesin Cuci tidak Dapat Membilas dengan Bersih

Masalah berikutnya ialah mesin cuci tidak mampu membilas dengan bersih. Masalah ini mampu terdeteksi ketika ada bekas deterjen atau residu yang tertinggal di mesin cuci sehabis dikeringkan. Berikut ini terdpat beberapa hal yang mampu mengakibatkan hasil mesin basuh menjadi tidak bersih :

  • Kelebihan beban atau overload alasannya pada dikala mesin basuh overload menjadikan putaran menjadi lemah dan proses mencuci pun mnejadi tidak optimal. Selain itu kelebihan beban mesin basuh juga membuat cepat rusak.
  • Kurangnya pasokan air pada saat mencuci, kalau volume air tidka mencukup menjadikan putaran mesin cuci menjadi berat
  • Water filter / filter air pada bagian belakang mesin basuh rusak bisa karena mampet sehingga pasokan air menjadi kecil atau filter jebol sehingga air kotor tidak terfilter

Penyebab lain mesin basuh tidak mencuci dengan higienis yakni alasannya tabung mesin basuh sudah kotor, lazimnya sering terjadi pada mesin cuci satu tabung karena bahu-membahu pada tabung mesin basuh satu tabung terdapat tabung bab dalam dan bab ini sangat sukar untuk dibersihkan sehingga kotoran bisa menumpuk dan diharapkan alat khusus untuk membukanya sedangkan pada mesin basuh 2 tabung jarang terjadi alasannya adalah tabung mesin basuh sungguh sederhana sehingga sungguh gampang untuk dibersihkan.

Itulah beberapa cara memperbaiki mesin cuci yang bisa Anda coba sendiri di rumah. Jangan terburu-buru membawanya ke tukang servis sebab siapa tahu Anda mampu memperbaikinya sendiri.

Meskipun begitu, tentukan Anda tetap memerhatikan keselamatan alasannya adalah bagaimanapun mesin basuh yaitu perabotan elektro apalagi lagi berada di area yang lembab sehingga fatal jika terkena sengatan listrik dari mesin basuh yang menyala, lihat juga postingan tentang Penyebab Mesin Cuci Nyetrum dan Solusinya

Jika didapatkan masalah yang tidak mampu dituntaskan, segera bawa ke kawasan servis profesional terdekat. Semoga berfaedah.

0 Response to "Tutorial Cara Memperbaiki Mesin Cuci Sendiri"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel