Arahan Error Mesin Basuh Samsung Lengkap Dengan Cara Mengatasinya

Salah satu merek mesin basuh yang paling banyak dipakai di Indonesia ialah Samsung. Jelas saja, perusahaan elektro asal Korea tersebut memang mempunyai mutu yang tidak disangsikan lagi kalau soal mesin cuci.

Kekurangan mesin basuh Samsung yakni pada instruksi errornya, namun kebanyakan memang saat ini hampir semua mesin basuh dengan fitur digital memang kadang-kadang terdapat isyarat error yang timbul jika terdapat sesuatu yang salah pada mesin basuh. Jadi setiap ada duduk perkara, mesin basuh akan memperlihatkan isyarat tertentu yang belum pasti setiap pengguna bisa memahaminya.

kode error mesin cuci samsung
Memperbaiki aba-aba error mesin cuci samsung

Nah, untuk itu, artikel ini akan menunjukkan penjelasan seputar aba-aba error mesin basuh Samsung sekaligus cara mengatasi masalahnya yang mampu Anda gunakan selaku acuan.

Daftar Kode Error Mesin Cuci Samsung dan Cara Mengatasinya

Daftar kode error yang hendak dihidangkan di bawah ini sudah dilengkapi dengan solusi atau cara mengatasinya. Beberapa kode error masih memungkinkan untuk ditangani dengan Panduan Cara Memperbaiki Mesin Cuci Sendiri.

Namun beberapa instruksi error memerlukan santunan teknis dari hebat mirip penggantian modul mesin cuci Samsung. Untuk yang satu ini, Anda diusulkan untuk secepatnya membawanya ke kawasan servis Samsung terdekat.

Berikut yaitu daftar kodenya. Berikut ini daftar kode error mesin basuh samsung yang saya pahami :

Daftar Isi :

Mesin cuci Samsung error 1E (Water Sensor error)

Jika mesin cuci anda timbul error 1E maka kerusakan yang timbulkan mungkin air akan terus mengisi sampai luber dan kalaupun mampu berhenti dan mengawali proses pencucian air kadang masih tetap mengisi dari keran.

Mesin basuh samsung memakai sensor air ( water level sensor ) untuk memilih seberapa banyak air yang dibutuhkan untuk mencuci. Kemungkinan terdapat kerusakan pada sensor air yang umumnya terdapat di samping tabung, mampu juga berupa lepasnya selang menuju sensor.

Mesin Cusi Samsung error 1E
Mesin Cuci Samsung error 1E
water sensor mesin cuci samsung
Water sensor mesin basuh samsung

Mesin basuh Samsung error DE (Door Error)

Kode error yang pertama adalah DE yang ialah akronim dari Door Error atau persoalan yang terjadi pada tutup mesin cuci. Kode ini akan tampil di layar jikalau Anda kurang rapat saat menutup pintu mesin basuh. Efeknya, mesin cuci tak inginberjalan.

Untuk menangani duduk perkara tersebut, Anda mampu menganalisa lagi, apakah pintu sudah tertutup dengan benar dan menentukan tidak ada pakaian yang mengganjal pintu tersebut.

Mesin cuci Samsung error DE
Mesin basuh Samsung error DE

Tetapi pada mesin type top loading ( pintu dari atas ) sangat sering terjadi sensor berkarat sehingga tidak membaca kontak yang sudah terhubung, berikut yang diberi bulat merah lokasi door sensor pada bagian belakang mesin basuh

door sensor mesin cuci samsung
Door sensor mesin cuci samsung

Kerusakan ini mirip pada kerusakan Mengatasi Pengering Mesin Cuci Tidak Mau Berputar di artikel sebelumnya.

Mesin basuh Samsung error UE (Unbalance Error)

Kode ini akan timbul ketika mesin cuci kehilangan keseimbangan. Maksudnya, posisi tubuh mesin cuci mungkin saja miring, atau tabung yang ada di dalamnya mendapatkan beban yang tidak sebanding sebab busana yang dicuci menggumpal terlampau banyak. Untuk mengatasi arahan error ini, Anda cuma perlu menghentikan sejenak proses mencuci untuk menata kembali pakaian di dalamnya dengan memasukkan satu persatu.

Mesin cuci Samsung error 4E (Water Supply Error)

Kode ini merujuk pada masalah yang terjadi pada pasokan atau fatwa air yang masuk ke dalam mesin cuci. Jika pasokan air berurusan, entah alasannya adalah tersumbat atau sama sekali tidak mengalir, maka aba-aba error mesin basuh Samsung tersebut akan ditampilkan di panel kendali. Untuk mengatasinya, silakan cek kembali selang yang terhubung dengan penyedia air atau kran.

Mesin cuci Samsung error 4E
Mesin cuci Samsung error 4E

Anda bisa melihat apakah selang tertekuk atau ada kotoran yang menyumbat di dalamnya. Kode error ini nantinya mempunyai variasi lain mirip 4C dan 4C2. Kedua aba-aba tersebut masih sama berkaitan dengan duduk perkara suplai air ke dalam mesin cuci. Khususnya duduk perkara tekanan air yang tepat dan temperatur air yang cuek.

Selain itu error ini juga bisa disebabkan oleh kerusakan pada selang water sensor sehingga sensor air terus mendeteksi bahwa air belum cukup untuk proses mencuci padahal nyatanya air sudah menyanggupi tabung pencucian.

Mesin cuci Samsung error 4E water sensor
Kerusakan sensor air mengakibatkan error 4E

Mesin cuci Samsung error 5E (Drain Error)

Jika isyarat 5E ditampilkan dilayar kontrol, maka bermakna ada dilema dengan metode pembuangan atau pengurasan air di dalam mesin cuci. Anda mampu mengevaluasi selang jalan masuk pembuangan, apakah ada yang menyumbat selang tersebut ataukah selangnya tertekuk. Pastikan jikalau selang keluaran air tanpa gangguan.

Kode ini juga memiliki variasi instruksi lain, adalah arahan 5C. Seperti 5E, arahan error 5C mengambarkan bahwa air dalam mesin basuh tidak terkuras keluar. Masalah kode error mesin basuh Samsung ini bisa dituntaskan dengan mengevaluasi filter pembuangan, apakah ada yang menyumbat di dalamnya atau tidak.

Mesin cuci Samsung error 5E
Mesin cuci Samsung error 5E

Mesin cuci Samsung error SUD (Foaming Detected)

Nah, isyarat ini mampu timbul sebab mesin basuh mendeteksi terlalu banyak busa, baik saat proses pencucian maupun saat proses pengeringan. Untuk cara memperbaiki pengering mesin cuci yang keunggulan busa, Anda tidak perlu sibuk-sibuk lagi. Kode tersebut hanya menawarkan berita saja terhadap Anda. selanjutnya, semoga mesin cuci melakukan pekerjaan secara otomatis menghilangkan busa tersebut.

Mesin cuci Samsung error SUD
Mesin cuci Samsung error SUD

Mesin basuh Samsung error UC (Power Error)

Kode error mesin basuh Samsung yang satu ini menandakan bahwa tegangan listrik di rumah Anda sedang tidak stabil. Mesin basuh secara otomatis akan mati dan menunda proses pencucian sejenak hingga tegangan listrik di rumah Anda kembali stabil.

Sistem ini otomatis aktif untuk melindungi bagian lain di dalam mesin cuci dari kerusakan. Untuk itu, Anda tidak perlu gundah saat instruksi ini muncul. Cukup tunggu dan mesin basuh akan menyelesaikan tugasnya sendiri.

Mesin cuci Samsung error DC (Pintu Pengering Kurang Rapat)

Jika tadi pada permulaan pembahasan ada arahan DE yang menerangkan pintu tabung pencuci tidak ditutup dengan benar, maka aba-aba ini berlaku untuk tabung pengering.

Jika pakaian ada yang menjuntai keluar dan menjadikan pintu pengering tidak tertutup dengan baik, maka otomatis arahan ini akan ditampilkan di layar. Segera atur kembali pakaian yang ada di dalam pengering dan pastikan tidak ada yang menghalangi pintu menutup.

UB (Tabung Tidak Stabil)

Seperti isyarat error mesin basuh Samsung di permulaan yakni UE, kode ini juga memperlihatkan bahwa beban yang tidak merata dan sepadan dalam tabung menyebabkan pemutar tidak mau berlangsung. Sekali lagi, Anda perlu memastikan bila pakaian yang ada di dalam tabung mesin cuci sudah tersebar secara merata dan tidak ada yang berat sebelah.

Pastikan juga bila mesin cuci diposisikan pada permukaan yang rata sehingga tidak terdapat kemiringan yang menyebabkan mesin cuci tidak melakukan pekerjaan .

Mesin cuci Samsung error OE / OF (Overflow Error)

Pada error Indikator ini bermakna terdapat kerusakan pada sensor pendeteksi level air yang risikonya air akan terus menerus masuk memasok mesin cuci, bila memang memungkinkan untuk membuka bab sensor mesin basuh bisa dicoba untuk dibersihkan namun alasannya membukanya cukup sukar untuk anda yang benar benar awam lebih baik memanggil teknisi.

Mesin basuh Samsung error LE / LE1 (Water Leakage Error)

Pada instruksi error ini terdapat beberapa kemungkinan penyebab yaitu adanya kebocoran pada selang pembuangan mesin cuci, filter pompa pembuangan yang lepas atau mampu juga alasannya adalah terlalu banyak deterjen.

Mesin basuh Samsung error 4C

Error 4C memiliki arti tidak tersedianya supply air yang masuk ke mesin cuci.

Mesin cuci Samsung error 4C
Mesin cuci Samsung error 4C

Mesin basuh otomatis harus memiliki air dan yang lebih penting dengan tekanan air yang cukup namun jikalau telah percaya tidak ada problem pada supply air mampu dicoba dituntaskan dengan membuka dulu keran air lazimnya tersumbat alasannya kotoran, atau mampu juga filter selang input air sudah terlampau banyak kotoran. Untuk gampangnya mampu dicoba dibersihkan dengan sikat gigi bekas.

Membersihkan filter air mesin cuci
Membersihkan filter air mesin basuh

Mesin basuh Samsung error 4C2

Error ini juga bekerjasama supply air untuk proses washer, error ini muncul sebab suhu air yang masuk terlalu tinggi sehingga ini selaku perlindungan biar air panas tidak merusak bahan busana tertentu. Bisa juga alasannya supply air terdapat kesalahan yaitu supply air panas dimasukkan ke supply air dingin sehingga sensor membaca suhu tinggi.

Mesin cuci Samsung error 5C

Penyebab utama error 5C pada mesin basuh samsung yaitu alasannya adalah pada proses drain air tidak mengering, solusinya ada beberapa yang bisa dilaksanakan adalah cek selang pembuangan di bagian belakang (untuk mesin basuh top loading) dan pembuangan bab depan (untuk mesin basuh front loading) tentukan tidak tersumbat dan arahnya sudah ditempatkan dengan lurus semoga arah jalan air pembuangan tanpa gangguan.

Mesin cuci Samsung error 5C
Mesin basuh Samsung error 5C

Mesin cuci Samsung error LC / LC1

Pada ketika mesin basuh akan melakukan pengurasan air selama 3 menit dan error ini akan timbul bila jalannya air di selang pembuangan tidak tanpa gangguan dan sekedar berita selama error tersebut masih muncul maka tombol power tidak berfungsi. Intinya harus dilakukan pengecekan pada gangguan yang disebabkan pada selang pembuangan

Itulah beberapa klarifikasi tentang kode error mesin cuci Samsung yang mampu Anda jadikan tumpuan beserta cara mengatasinya. Seperti yang sudah diterangkan pada beberapa kode error di atas umumnya bukan dilema serius yang mengharuskan Anda mengganti modul gres di mana harga modul mesin cuci Samsung sendiri tidaklah murah.

Dengan mengetahui aba-aba tersebut, Anda tidak butuhlagi cemas dan berpikir bahwa mesin basuh Anda rusak. Semoga berguna.

0 Response to "Arahan Error Mesin Basuh Samsung Lengkap Dengan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel